Fleet management system dalam FMCG

Pentingnya Fleet Management System Untuk FMCG

Fleet management system adalah sebuah alat atau teknologi yang dibuat untuk membuat aktivitas pengelolaan armada transportasi yang dimiliki perusahaan menjadi lebih sistematis.

Tujuan utama fleet management adalah membuat efisien pengoperasian kendaraan, menghemat konsumsi bahan bakar, serta meningkatkan kinerja pengemudi untuk menjaga kelancaran bisnis.

Salah satu jenis perusahaan yang membutuhkan pengelolaan armada transportasi yang baik seperti FMCG sangat membutuhkan fleet management system untuk membuat kebutuhan distribusi barang yang sangat cepat bisa terkelola dengan lancar.

Apa itu Fleet Management System 

Manajemen armada atau fleet management lebih dari sekadar suatu aktivitas pengelolaan armada transportasi bisa beroperasi. Terdapat hal yang lebih kompleks karena keterkaitan dengan banyak faktor seperti layanan dan tenaga kerja yang harus dibuat optimal.

Dengan suatu sistem yang dirancang dengan teliti untuk pengoperasian armada ini nantinya pengelolaan armada transportasi yang melibatkan banyak pihak itu dapat dikelola dengan lebih sistematis dan efektif.

Fleet management system adalah suatu cara untuk mengelola armada transportasi perusahaan agar membuat operasinya efektif, meminimalkan risiko, serta menjaga biaya operasional tetap dalam tahap wajar yang nantinya akan meningkatkan keuntungan perusahaan.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang fleet management, baca juga:

Fleet Management: Pengertian, Kegunaan, dan Aplikasinya

Mengapa Fleet Management System Sangat Penting untuk Industri FMCG

Fast-Moving Consumer Goods atau FMCG adalah industri yang memiliki cakupan sangat luas yang menjalankan proses produksi, pengemasan dan pemasaran, serta pendistribusian barang-barang konsumsi (consumer goods).

Barang-barang yang tergolong dalam FMCG sendiri memiliki waktu simpan yang relatif pendek karena perputaran barang yang sangat cepat, oleh karena itu proses pendistribusian barang yang lancar dan tepat menjadi kebutuhan utama untuk menjalankan bisnis dalam industri ini.

Secara garis besar perusahaan yang bergerak dalam industri FMCG memiliki fokus pada tiga aspek penting antara lain kecepatan, keamanan, dan ketepatan. Oleh karena itu, fleet management system akan sangat berperan penting dalam kelancaran ketiga hal tersebut. Sehingga penting untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi logistik. 

 FMCG-butuh-Fleet-management-system
Female person hands drags the cart full of goods in a supermarket, shopping. Customer in shop, buyer in market, shopping concept

Selain tiga aspek penting tadi, beberapa hal di bawah ini adalah manfaat fleet management system untuk industri FMCG yang tidak bisa dilewatkan begitu saja:

  1. Membuat rute logistik optimal untuk jarak tempuh yang efisien

Pemilihan rute pengantaran logistik yang lebih jauh atau tidak efektif merupakan masalah utama dalam pemenuhan rantai pasok industri FMCG.

Route Planner dalam Delivery & Route Optimization dapat mempermudah Anda untuk merencanakan rute paling optimal untuk setiap tujuan pengantaran armada.

  1. Menghemat Biaya Bahan Bakar

Rute yang tidak optimal juga hanya menghabiskan biaya yang tidak perlu untuk bahan bakar. Bahan bakar merupakan faktor yang menjadi mahalnya biaya transportasi distribusi.

Dengan rute yang dioptimalkan biaya bahan bakar transportasi juga akan lebih terhemat karena armada Anda akan lebih efektif dalam menggunakan bahan bakar.

  1. Mengelola Armada dengan Lebih Sistematis

Fitur Manajemen Driver seperti yang ada dalam aplikasi rute Delivery & Route Optimization SimpliDOTS membuat pengelolaan armada transportasi lebih sistematis, mulai dari jadwal kunjungan hingga detail pesanan bisa diakses oleh armada Anda kapan saja.

Selain itu ada juga dalam aplikasi delivery terdapat fitur Auto Calculate Packing yang akan menghitung kemampuan pengantaran sesuai dengan kapasitas kendaraan, armada, dan jumlah pengantaran.

  1. Automasi Laporan Armada 

Salah satu fungsi manajemen armada yang harus ada untuk meminimalisir human error adalah automasi laporan armada. 

Detail mengenai laporan pengantaran pesanan yang sedang dijalankan atau selesai dikerjakan akan terautomasi secara digital dengan Delivery & Route Optimization.

  1. Meningkatkan Produktivitas Driver

Selain dengan pengelolaan yang lebih tertata dan sistematis, kinerja driver juga akan meningkat karena manajer dapat memantau kinerja mereka secara Real-Time.

Seperti dalam aplikasi Delivery & Route Optimization SimpliDOTS terdapat fitur Live Tracking yang bisa membantu manajer memantau posisi serta tujuan seluruh armada.

 Fleet-management-system-untuk-FMCG
Good looking woman standing in front of vegetable shelves choosing what to buy.

Delivery & Route Optimization: Solusi Untuk FMCG

Dengan Delivery & Route Optimization (RO) aspek penting yang menjadi fokus FMCG yakni kecepatan, keamanan, serta ketepatan akan dioptimalkan. 

Pengoperasian kerja driver yang mengantar pesanan dapat dikelola dengan sangat baik mulai dari penjadwalan pengiriman, pengoptimalan rute, hingga laporan pengantaran pesanan yang terautomasi dalam sistem yang canggih.

Pakai Delivery & Route Optimization untuk bisnis FMCG Anda dan bergabung dengan 1000+ user SimpliDOTS menggunakan demo gratis yang kami sediakan.

Ikuti juga akun instagram kami untuk informasi lebih lanjut dan pembahasan lebih detail mengenai aplikasi rute atau biasa disebut aplikasi ekspedisi pengiriman barang.