Aplikasi logistik mengefektifkan setiap proses logistik

Aplikasi Logistik Atau Aplikasi Rute Yang Dapat Menghemat Distribusi Hingga 30%

Teknologi terus mempercepat proses logistik dan rantai pasokan dengan membuat efektif setiap proses logistik dan meningkatkan kinerja manusia yang bergerak di bidang tersebut.

Salah satu penggunaan teknologi dan IoT (Internet of Things) dalam industri logistik dan rantai pasok adalah aplikasi logistik. Aplikasi logistik adalah suatu alat untuk membuat setiap operasi logistik lebih efisien dan meningkatkan tenaga kerja di bidang logistik. 

Muncul dan berkembangnya teknologi dalam industri logistik secara masif salah satu penyebabnya adalah karena konsumen sekarang memiliki kebutuhan untuk mendapatkan pengiriman yang lebih fleksibel dan cepat. 

Karena efisiensi dan kecepatan menjadi faktor penentu, logistik perlu mengadopsi pendekatan baru untuk menghadapi meningkatnya permintaan dan kompleksitas proses. 

Industri membutuhkan solusi yang layak yang mengelola berbagai hal sehingga produk yang tepat mencapai pelanggan dalam waktu yang ditentukan.

Oleh karena itu, dengan teknologi peningkatan percepatan serta kelancaran rantai pasok bisa diatasi dengan mengurangi penundaan dan memastikan tersedianya kebutuhan konsumen jauh lebih cepat.

Selain itu, ada kebutuhan untuk lebih fleksibel dengan tempat pengiriman dapat dilakukan dan memungkinkan perubahan lokasi pengiriman setelah pengiriman meninggalkan gudang.

Dengan berkembangnya aplikasi logistik, logistik akan menjadi lebih akurat dan cepat, mengubah cara pengelolaan bahan, barang, pengiriman, pesanan penjualan, inventaris, dan produksi.

Berikut ini kami menyarankan 3 aplikasi logistik terbaik di Indonesia yang dapat membuat efisiensi setiap proses dengan membuatnya semakin mudah dan cepat.

3 Aplikasi Logistik Terbaik di Indonesia

  1. SimpliDOTS

Aplikasi logistik terbaik di Indonesia yang pertama adalah SimpliDOTS. SimpliDOTS dengan aplikasi delivery  merupakan perusahaan software penyedia layanan logistik (SaaS) yang ditujukan untuk mengatasi masalah distribusi dengan mempermudah para distributor untuk mengelola kegiatan distribusi.

Distribution Management System mengintegrasikan semua divisi 1

Terdapat tiga layanan utama yang ditawarkan SimpliDOTS untuk membantu operasi logisti dan supply chain menggunakan aplikasi rute di Indonesia.

Layanan pertama yakni Sales Automation Platform (SAP) yang telah membantu banyak distributor dalam pemantauan kinerja sales lapangan mereka karena bisa menjadwalkan kunjungan sales ke outlet, menetapkan sales target, dan memantau performa mereka di lapangan.

Kedua, SimpliDOTS menyediakan aplikasi Distribution Management System (DMS) sebagai solusi dari berbagai permasalahan distribusi saat ini. Dengan DMS Anda bisa mengelola distribusi yang rumit menjadi lebih sederhana dan bisa melalui smartphone.

Sebagai gambaran DMS memiliki fitur-fitur yang dapat membuat efektif operasi distribusi Anda, misalnya:

  • Promo Scheme untuk mempercepat informasi promo
  • Business Intelligence untuk mengelola data dan laporan transaksi
  • Master Data yang lengkap menyediakan data-data produk, customer, dan warehouse.
  • Software Akuntansi terintegrasi yang memudahkan pembukuan 

Untuk membuat operasi logistik lebih optimal, SimpliDOTS juga menyediakan layanan Delivery & Route Optimization (RO) yang merupakan Fleet Management System dilengkapi fitur yang dapat menghitung kapasitas armada transportasi, membuat rute pengantaran yang efektif, dan menghemat biaya bahan bakar transportasi.

Baca Juga: Software Route Optimization Mudahkan Perencanaan Rute 

Dengan berbagai layanan yang tersedia untuk mempercepat dan membuat operasi logistik efektif itu para pelaku bisnis bisa memilih layanan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis logistik mereka.

  1. Deliveree

Deliveree merupakan aplikasi penyedia layanan transportasi dan logistik yang banyak digunakan konsumen karena berbagai pilihan dan kemudahannya.

Selain berbasis web, Deliveree juga menyediakan layanan pengirimannya melalui aplikasi yang dapat Anda unduh di berbagai platform.

Beberapa fitur unggulan dalam aplikasi logistik Deliveree adalah:

  • Memilih pengemudi
  • Melakukan layanan pesan ulang
  • Fitur kirim balik (POD)
  • Pelacakan pengiriman real-time
  1. Shipper

Sementara itu, Shipper hadir dengan layanan yang dapat menghubungkan merchant dengan berbagai agen logistik yang tersedia.

Aplikasi logistik shipper menyediakan layanan untuk berbagai skala bisnis secara menyeluruh yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para customernya.

Berikut ini fitur unggulan dalam aplikasi logistik Shipper:

  • Dapat mengetahui status pengiriman
  • Penjemputan barang sesuai lokasi yang diinginkan
  • Perbandingan ongkos kirim dari berbagai agen pengiriman
  • Pengiriman barang multi ekspedisi
Aplikasi logistik hemat biaya distribusi

Aplikasi Logistik SimpliDOTS Bisa Menghemat Biaya Distribusi Logistik Hingga 30%

Berbagai aplikasi logistik yang ada memang bertujuan untuk memperlancar operasi logistik dan sirkulasi rantai pasok dengan membuat setiap proses menjadi lebih efektif dan efisien.

Dua aplikasi logistik atau biasa disebut aplikasi rute yang telah disebutkan menyediakan layanan langsung untuk konsumen sementara jika Anda bergerak dalam bisnis distribusi yang membutuhkan pengelolaan yang lebih kompleks kami sarankan untuk menggunakan aplikasi ekspedisi SimpliDOTS.

Dapatkan FREE TRIAL 14 HARI untuk layanan Sales Automation Platform (SAP), serta tersedia demo gratis untuk Distribution Management System (DMS) dan Delivery & Route Optimization (RO) yang langsung dibimbing oleh para expertise kami untuk membawa logistik Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

1000+ pelaku bisnis telah mempercayakan proses distribusi dan logistik mereka pada SimpliDOTS. Bergabung dengan mereka dan buat logistik Anda lebih cepat dan akurat.

Follow juga instagram kami untuk informasi menarik lainnya dan mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi ekspedisi, aplikasi rute yang dapat membantu distribusi barang ke tangan wholeseller atau retail.