Teknik-ampuh-strategi-pemasaran-produk-makanan

10+ Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Ampuh!

Telah umum diketahui bahwa industri makanan adalah salah satu dari banyak industri yang paling kompetitif. Makan adalah kebutuhan primer manusia sehingga produk makanan adalah barang yang akan selalu dibutuhkan oleh semua kalangan.

Permintaan terhadap produk makanan akan selalu ada setiap harinya dan jumlahnya juga terbilang banyak sehingga berinvestasi pada bisnis makanan adalah pilihan yang bijak.

Bisnis makanan adalah suatu bisnis yang tidak akan mati, akan tetapi seperti telah dijelaskan tadi bahwa persaingan dalam bisnis ini sangat ketat sehingga dibutuhkan suatu strategi pemasaran produk makanan yang ampuh agar dapat bersaing.

Karena menjamurnya pelaku bisnis kuliner dan kecanggihan teknologi yang berkembang semakin pesat untuk memudahkan aktivitas jual-beli, pemasaran produk makanan dalam beberapa tahun terakhir menjadi lebih rumit dari sebelumnya.

Orang-orang yang memiliki pekerjaan atau tanggung jawab terhadap pemasaran dan pengembangan bisnis produk makanan terutama restoran yang menyediakan makanan siap santap kini menghadapi tantangan baru yang menarik.

Orang-orang yang lapar dan sedang berpikir untuk mengisi perut mereka kini mempertimbangkan berbagai faktor selain rasa makanan yang enak. Faktor-faktor di luar hal itulah yang kini menjadi pembahasan para pemasar produk makanan.

Restoran-restoran kini harus bisa memenuhi keinginan di luar rasa makanan yang sering dipertimbangkan oleh orang-orang seperti kenyamanan tempat, keindahan, lokasi yang strategis dan lain-lain.

Untuk mengetahui lebih rinci mengenai strategi pemasaran Anda bisa juga membaca artikel Strategi Pemasaran 4P: Pengertian, Cara Kerja, Dan Keuntungannya dan Strategi Marketing: Tujuan Dan Jenisnya untuk membuat perencanaan yang lebih matang.

Langkah Awal yang Harus Ditempuh Sebelum Melaksanakan Strategi Pemasaran Produk Makanan yang Ampuh

Terdapat banyak pilihan bisnis yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin memasuki sektor industri makanan, hal yang perlu dicatat adalah bahwa Anda telah sangat paham mengenai bisnis yang akan Anda jalankan.

Selain paham mengenai bisnis yang akan dijalankan, perlu Anda garis bawahi kalau setiap bisnis memerlukan sebuah strategi pemasaran yang bagus agar bisa terus menghasilkan pendapatan.

Cara untuk membuat produk Anda muncul di permukaan di antara ratusan kompetitor lain adalah Anda harus memikirkan dan mengedepankan lebih banyak aspek dari sekadar membuat suatu hal yang enak, Anda harus memanjakan semua indera.

Langkah awal yang dapat Anda jalankan adalah dengan mengidentifikasi apa yang restoran Anda hasilkan dengan jelas dan terperinci. Hal apa yang dapat membuat dan membedakan secara lebih baik dari semua produk makanan yang ada dalam sektor Anda.

Hal-hal kecil yang dilewatkan karena Anda pikir hal tersebut tidak akan membawa produk Anda ke manapun bisa jadi adalah detail kecil yang diperhatikan oleh suatu kelompok. Kenali dengan baik produk Anda dan permudah konsumen Anda dalam mengidentifikasinya. 

Selain langkah awal itu di bawah ini ada beberapa cara lain yang harus Anda jalankan ketika mulai terjun dalam bisnis makanan dan ingin memasarkannya secara luas.

Artikel ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang sedang memulai bisnis makanan dan tengah mencari cara merumuskan strategi pemasaran produk makanan yang ampuh bagi bisnis kuliner Anda.

strategi-pemasaran-produk-makanan-yang-baik

10 Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Ampuh Untuk Bisnis Kuliner

Membuat Website Resmi

Dalam bisnis apapun, teknik pemasaran untuk membuat bisnis terlihat lebih profesional dan membuat orang lain menaruh kepercayaan adalah dengan membuat website bisnis resmi.

Hal ini juga merupakan salah satu langkah awal yang harus dijalankan dalam merencanakan strategi pemasaran produk makanan terbaik.

Dengan website resmi para calon pelanggan Anda akan mendapatkan informasi yang sangat jelas dan terperinci mengenai bisnis yang Anda jalankan dan apakah bisnis tersebut dapat memenuhi kebutuhan yang mereka harapkan saat itu.

Website membantu bisnis Anda terlihat lebih profesional di mata pelanggan dan itu merupakan hal terpenting untuk dapat dipercaya orang-orang.

Anda bisa menaruh banyak hal termasuk rincian produk yang dijual beserta harga, deskripsi, foto, hingga hal-hal lain yang dapat membantu bisnis Anda lebih berkembang seperti promo khusus atau hal-hal yang dapat menghubungkan bisnis Anda dengan pelanggan.

Sediakan Menu Online yang Mudah Diakses

Menu adalah suatu hal yang paling sering ingin diketahui dan sebisa mungkin jelas untuk mendeskripsikan apa saja produk yang tersedia di restoran Anda dan berapa harga yang harus dikeluarkan pelanggan agar bisa mendapatkannya.

Memiliki menu online yang mudah diakses dalam artian dibaca dan dirancang dengan baik untuk membantu orang-orang memutuskan mengambil reservasi di restoran Anda adalah langkah yang baik dalam menjalankan strategi pemasaran produk makanan Anda.

Terkadang beberapa calon pelanggan kesulitan untuk mendapatkan akses terhadap menu suatu restoran dan sering kali membuat mereka tidak meneruskan transaksi. Itu adalah hal sepele yang merugikan dan harus diperbaiki.

Beberapa trik yang dapat Anda jalankan dalam membuat menu online adalah Anda bisa meletakkannya di highlight story instagram atau pada halaman tertentu dalam website Anda. 

Jangan buat di sub halaman yang akan terkubur dan buatlah responsif untuk handphone agar lebih mudah dibaca lewat smartphone pelanggan Anda.

Optimasi Pencarian Lokal “Terdekat”

Jika Anda merasa tidak mahir untuk membuat maupun mengelola website dan dana yang tersedia juga dirasa tidak akan cukup untuk membayar orang lain Anda bisa memulai dengan memasarkan produk makanan lewat pencarian lokal.

Anda sebagai salah satu pengguna internet pasti pernah menelusuri hal-hal seperti “pom bensin terdekat”, “tempat wisata di Bandung”, atau “restoran seafood terkenal di Surabaya”.

Jika Anda ragu orang-orang juga melakukan hal serupa silakan tanya keluarga atau kerabat terdekat yang Anda percayai mengenai hal itu. Karena faktanya orang-orang selalu menelusuri hal itu setiap harinya.

Dan fakta mengejutkan yang telah terbukti seperti melansir pernyataan eat app adalah bahwa orang di seluruh dunia melakukan penelusuran terhadap istilah seperti itu 20 juta kali setiap bulannya.

Google hari ini menjelma sebagai suatu hal yang dipercaya dapat menjawab berbagai pertanyaan dan ketika seseorang tengah berkunjung ke suatu tempat yang belum diketahui maka dengan cepat ia akan bertanya pada google.

Strategi pemasaran produk makanan terutama untuk restoran hari ini perlu mempertimbangkan dan membuat bisnis yang dimiliki masuk dalam daftar teratas pencarian lokal seperti itu secara online.

Ini adalah suatu strategi yang harus dijalankan untuk mendominasi pemasaran pencarian lokal di suatu tempat atau buatlah menjadi lebih spesifik, kota.

Cara termudah yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimasi dan mendominasi pencarian lokal seperti ini adalah dengan mulai melakukan hal-hal berikut:

  • Buatlah profil Google Business yang bisa dijadikan rujukan mengenai bisnis Anda. 
  • Cantumkan informasi lokasi yang akurat dan juga nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Kendalikan ulasan pada profil Google Business Anda.

Tiga cara tersebut sangat mudah dilakukan dan itu adalah strategi pemasaran produk makanan yang bisa mendatangkan pengunjung yang tidak terduga.

Baca Juga: Strategi Distribusi Dan Strategi Pemasaran Starbucks

Aktif Menggunakan Media Sosial

Media sosial kini telah menjelma sebagai salah satu jenis saluran pemasaran terdepan karena memiliki paling banyak pengguna aktif di dunia.

Anda bisa melakukan riset sendiri terhadap brand-brand terkenal dalam produk makanan misalnya, lihatlah betapa aktifnya mereka memperbarui postingan dan terus aktif dalam media sosial mereka.

Untuk merencanakan strategi pemasaran produk makanan sendiri tidak semua media sosial adalah tempat yang tepat untuk memasarkan produk makanan, namun Anda mesti pandai memilih untuk aktif di media sosial mana.

Kami merekomendasikan media sosial yang saat ini bisa dijadikan sebagai pilihan teratas untuk strategi pemasaran produk makanan, sebut saja instagram, tiktok, facebook, dan youtube, Semua media sosial tadi adalah pilihan paling cocok untuk memasarkan produk makanan Anda.

Memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran produk makanan bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Misalnya pada facebook Anda bisa memasarkan dengan memaksimalkan fitur marketplace, atau mengoptimalkan Instagram dan Tiktok dengan mengunggah gambar dan video produk yang Anda tawarkan.

Anda juga bisa memanfaatkan keunikan hastag atau tagar yang tepat untuk produk Anda. Lakukanlah sedikit riset untuk hal itu lalu gunakan hashtag yang tepat untuk sektor Anda. Bukan rahasia lagi jika media sosial adalah tempat berkumpulnya banyak orang lapar yang siap untuk menyantap masakan yang lezat.

Hal yang perlu Anda pahami adalah bahwa dibutuhkan konsistensi konten yang harus terus Anda perbaharui dalam melakukan kampanye pemasaran di media sosial. Media sosial yang bagus adalah media yang akan selalu aktif dalam berkonten dan menanggapi setiap komentar yang masuk.

Buat Foto Visual Produk yang Mewah

Kami telah menyinggung sedikit mengenai memanjakan semua indera pelanggan yang mungkin untuk bersaing dalam produk makanan hari ini, dan membuat foto produk yang memanjakan mata adalah salah satunya.

Foto kini dapat dijadikan senjata dalam strategi pemasaran produk makanan Anda. Dengan foto makanan yang menarik itu akan membuat keinginan orang-orang untuk mencoba merasakan makanan Anda semakin meningkat.

foto-strategi-pemasaran-produk-makanan

Kami tidak hanya membicarakan bagaimana cara menarik perhatian orang-orang di media sosial, namun secara keseluruhan. Gambar merupakan salah satu komponen pemasaran yang penting untuk melancarkan strategi pemasaran produk makanan.

Bandingkanlah misalnya website yang hanya dipenuhi tulisan yang baik tanpa visual yang menarik dengan website yang dipenuhi berbagai foto produk Anda.

Foto merupakan salah satu jenis konten yang menarik dimata para pengunjung. Baik pengunjung website maupun media sosial selalu menyukai konten dengan gambar atau foto. 

Sediakan Layanan Pesan Antar “Delivery”

Anda juga pasti sering melihat sendiri dalam film-film luar negeri misalnya bagaimana restoran atau tempat yang menjual makanan cepat saji memiliki layanan pesan antar sendiri.

Hampir semua brand besar seperti Domino’s atau KFC memiliki layanan delivery bagi para pelanggannya. Hal ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri sehingga memang perlu dipertimbangkan secara matang dalam membuat strategi pemasaran produk makanan.

Dengan menyediakan layanan ini kelebihan yang akan Anda dapatkan tentu penambahan pesanan karena dapat menjangkau mereka yang sedang malas atau tidak bisa datang ke tempat Anda namun di sisi lain ini juga memerlukan pengelolaan khusus dan tentu menambah biaya.

Mendaftar Menjadi Mitra Perusahaan Ojol

Kini bisnis transportasi online atau ojek online telah banyak membantu para pebisnis lain dalam menjalankan usahanya. Hal itu dikarenakan perluasan sektor yang mereka jalankan dari hanya sekadar transportasi kini menyediakan layanan antar-mengantar barang termasuk makanan.

Berbagai fitur yang telah disediakan oleh layanan transportasi online kini memudahkan para pelanggan untuk bisa memesan apapun terutama makanan di sekitar tempat tinggalnya dan hal ini bisa Anda maksimalkan dengan mendaftar menjadi mitra perusahaan Ojol.

strategi-pemasaran-produk-makanan-yang-bijak

Perlu diketahui bahwa tidak semua bisnis yang berada di suatu kawasan akan dihadirkan dalam aplikasi Ojol, hanya bisnis yang mendaftar menjadi mitra merekalah yang akan ada. 

Oleh karena itu, mendaftar menjadi mitra perusahaan Ojol menjadi pilihan yang baik dalam membuat strategi pemasaran produk makanan Anda terutama jika bisnis yang Anda jalankan memang lebih memberatkan pada transaksi online.

Endorsement Dari Influencer

Salah satu strategi pemasaran produk makanan yang paling diminati saat ini adalah influencer marketing. 

Influencer adalah orang yang memiliki jumlah pengikut aktif yang banyak dan para pengikutnya itu sering kali terinspirasi oleh gaya hidup atau hal lain sehingga ingin sebisa mungkin sama dengan mereka.

Salah satu keuntungan menggunakan influencer dalam menjalankan strategi pemasaran produk makanan adalah karena apa yang dipublikasi oleh mereka akan jauh lebih mudah menjangkau orang-orang.

Terlebih keinginan untuk merasa sama dengan idolanya akan menggiring para pengikut yang jumlahnya banyak itu untuk turut serta merasakan apa yang dipakai atau dimakan oleh mereka.

Membuat Promo Harga Khusus

Diskon atau promo harga khusus akan selalu menjadi daya pikat yang tidak akan mengecewakan dalam pemasaran bisnis apapun.

Semua orang menginginkan diskon dan memburunya sehingga promo harga khusus cocok untuk diterapkan sebagai salah satu strategi pemasaran produk makanan.

voucher-khusus-strategi-pemasaran-produk-makanan

Menerapkan promo harga khusus untuk produk makanan yang Anda tawarkan dapat membuatnya menjadi lebih terjangkau bagi beberapa kalangan dan hal itu akan membuat produk makanan Anda menjadi lebih mudah dikenal.

Buat Pelanggan Terlibat Dengan Menggunakan Media Sosial Mereka

Ini adalah langkah lebih lanjut mengenai strategi pemasaran produk makanan Anda dengan memaksimalkan kemampuan jangkauan media sosial.

Dengan membuat para pelanggan yang telah mengunjungi tempat Anda atau merasakan masakan Anda terlibat dalam kampanye pemasaran Anda secara tidak langsung itu adalah strategi pemasaran yang bagus.

Anda bisa mengadakan suatu kampanye pemasaran dengan membuat pelanggan Anda terlibat misalnya untuk memenangkan suatu hadiah atau giveaway. Caranya adalah maksimalkan syarat yang harus dipenuhi untuk bisa berpartisipasi dalam memenangkan hadiah tersebut.

Strategi ini juga bisa diterapkan dengan menggunakan fitur story yang sudah tersedia di berbagai platform media sosial. Caranya tetap sama yaitu dengan coba buat pelanggan Anda terlibat untuk melakukan story ketika berkunjung ke restoran Anda.

Dalam beberapa kasus ketika restoran yang Anda miliki memang menyediakan spot foto yang khusus itu juga bisa menjadi kampanye pemasaran yang melibatkan para pelanggan Anda secara halus.

Anda bisa memaksimalkan strategi pemasaran produk makanan Anda dengan cara itu. Buatlah pelanggan Anda untuk ikut berpartisipasi dalam kampanye marketing yang Anda rencanakan dan hal itu bisa mendatangkan prospek yang bagus bagi bisnis Anda.

Simpulan

Demikianlah 10+ strategi pemasaran produk makanan yang ampuh dan bisa Anda coba terapkan dalam merumuskan strategi pemasaran produk makanan atau restoran yang dimiliki.

Namun untuk kegiatan distribusi agar lancar Anda bisa mempercayakannya pada SimpliDOTS yang telah dipercaya oleh ribuan customer dari berbagai penjuru Indonesia dalam menjalankan usaha distribusinya.

SimpliDOTS memiliki sistem yang dapat membuat mudah dan mengefisiensikan kegiatan distribusi barang mulai dari produk Sales Automation Platform (SAP), Distribution Management System (DMS), dan terbaru ada sistem yang dapat membuat proses pengantaran barang dan kinerja armada jadi lebih cepat yakni Delivery & Route Optimization.

Semua aplikasi itu bisa langsung Anda coba secara gratis dengan klik tautan yang tersedia. Anda juga bisa terus mendapatkan informasi dan penawaran menarik dengan mengikuti media sosial kami @simplidots.