Tips dan Trik membuat tujuan strategi marketing

Strategi Marketing: Tujuan dan Jenisnya

Sebagus apapun produk atau jasa bisnis, kalau tidak dibarengi dengan strategi marketing handal, hasilnya akan kurang maksimal. Banyak pelaku UMKM dan pebisnis yang pusing kalau dihadapkan persoalan pemasaran alias marketing. Padahal, dengan strategi dan tips marketing yang tepat, penjualan bisa semakin ditingkatkan. 

Marketing atau pemasaran adalah proses mendapatkan calon klien atau pelanggan yang tertarik dengan produk dan layanan Anda. Kata kunci dalam definisi ini adalah “proses”. Marketing pada dasarnya melibatkan penelitian, promosi, penjualan, dan distribusi produk atau layanan.

Disiplin ini berpusat pada studi pasar serta perilaku konsumen dan menganalisis manajemen komersial perusahaan untuk menarik, memperoleh, dan mempertahankan pelanggan dengan memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka, juga menanamkan loyalitas merek.

Apa Itu Marketing?

Marketing adalah tindakan atau bisnis mempromosikan dan menjual produk atau jasa, termasuk riset pasar dan periklanan. Saat ini, pemasaran adalah sesuatu yang harus diterapkan oleh setiap perusahaan dan organisasi dalam strategi pertumbuhannya.

Banyak perusahaan menggunakan teknik pemasaran untuk mencapai tujuan tanpa menyadarinya, karena mereka bekerja untuk mempromosikan merek sendiri dan meningkatkan penjualan produk atau layanan. Saat ini, pemasaran adalah salah satu aspek kunci kesuksesan bisnis.

Orang sering tidak tahu persis apa itu marketing dan, ketika ditanya, mereka mendefinisikannya sebagai penjualan atau periklanan. Sementara jawaban ini tidak salah, tetapi itu hanya salah satu bagiannya.

Ada banyak aspek lain untuk marketing seperti distribusi produk, promosi, merancang dan membuat materi seperti halaman arahan dan konten media sosial, meningkatkan pengalaman pelanggan, melakukan riset pasar, membangun segmen pasar, dan masih banyak lagi.

Pemasaran sangat luas dan mencakup semua strategi marketing yang membantu perusahaan, merek, atau individu mencapai tujuan.

Apa yang Dapat Dilakukan Marketing untuk Bisnis Anda?

  1. Meningkatkan Kesadaran Merek.

Hal ini penting karena mampu membuat orang mengenal merek dan produk atau layanan yang Anda berikan. Itu juga membuat merek diingat oleh pelanggan yang dapat mulai menimbulkan kepercayaan, menjadi klien setia, dan memberitahu jaringan mereka tentang Anda.

  1. Menghasilkan Trafik.

Meningkatkan jumlah pengunjung ke situs Anda berarti mendapatkan prospek yang lebih berkualitas, di mana skor prospek dapat membantu menentukan hal ini, lalu pada ada akhirnya meningkatkan penjualan. Strategi marketing yang efektif akan membantu Anda melalui proses ini.

  1. Meningkatkan Pendapatan.

Setiap bisnis yang ingin meningkatkan penjualan dan pemasaran dapat berupaya mencapai tujuan ini melalui berbagai strategi marketing seperti mengoptimalkan situs web dan SEO Anda, membuat kampanye email, melakukan pengujian A/B untuk menentukan strategi terbaik, dan masih banyak lagi.

  1. Membangun Kepercayaan pada Merek Anda.

Menciptakan tingkat kepercayaan yang tinggi pada merek Anda mengarah pada loyalitas pelanggan dan pembelian berulang kali. Ini tidak hanya meningkatkan pendapatan tetapi juga menghasilkan ulasan bagus baik secara online maupun dari mulut ke mulut, yang masih merupakan salah satu jenis promosi dan bagian dari strategi marketing paling efektif.

  1. Melacak Metrik Anda.

Metrik sangat membantu dalam membuat strategi marketing. Hal itu tidak hanya mendorong strategi dan membantu melacak kemajuannya, tetapi juga menginformasikan apa yang dapat disesuaikan untuk terus mengoptimalkan kampanye bisnis Anda.

Tahukah Bahwa Strategi Marketing Banyak Jenisnya?

MEnentuakn strategi marketing yang baik
source: unsplas.com

Pemasaran bukan hanya satu strategi tunggal, melainkan kombinasi dari banyak teknik dan taktik yang berbeda. Di bawah ini beberapa strategi marketing penting yang harus Anda ketahui.

  1. Rencana Pemasaran.

Memiliki rencana pemasaran yang dikembangkan dengan baik sangat penting dalam memulai strategi marketing untuk setiap bisnis terlepas dari sektor dan skalanya.

Rencana pemasaran adalah dokumen berisi strategi yang akan Anda terapkan untuk mengiklankan, menjangkau audiens target, menghasilkan arahan, dan akhirnya meningkatkan penjualan. Rencana pemasaran tentu saja akan menentukan tujuan Anda secara keseluruhan, selain diikuti beberapa langkah kecil yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Pastikan untuk membuat rencana terperinci yang memperkuat komitmen tim Anda dan mendefinisikan visi jangka panjang. Ini juga akan meningkatkan efisiensi tim dan bahkan dapat membantu mencegah kesalahan, atau menyelesaikannya dengan cepat jika benar-benar terjadi.

  1. Pemasaran Digital.

Pemasaran digital memiliki beberapa nama lain seperti pemasaran online, pemasaran 2.0 dan bahkan pemasaran dunia maya. Pemasaran digital merupakan strategi marketing yang saat ini mesti dihitung. Sejatinya, tujuannya sama saja dengan pemasaran tradisional tetapi modelnya berbeda karena memanfaatkan teknologi saat ini dan internet.

Hal itu memungkinkan pengiklan untuk mempromosikan produk atau layanan secara online di berbagai platform dan dengan bantuan alat strategis, di mana semuanya harus selaras dengan strategi pemasaran perusahaan secara keseluruhan.

  • Komponen pemasaran digital. 

Ada empat komponen pemasaran digital yang bisa dijadikan acuan dalam membuat strategi marketing, yakni pengalaman pengguna, template dan desain grafis, mesin pencari, serta tindakan promosi. Semuanya harus saling terintegrasi agar dapat membantu Anda mencapai tujuan.

Situs web atau halaman arahan yang menghosting produk atau layanan Anda harus memiliki performa yang efisien. Kegunaan halaman perlu memfasilitasi proses konversi dan berjalan intuitif. Jika rasio bounce meningkat, Anda perlu meninjau kembali desain dan pengalaman pengguna.

Masyarakat suka visual, dan oleh karena itu desain situs web juga harus menarik secara visual. Produk atau layanan Anda harus ditampilkan dengan jelas bersama informasi terkait lainnya. Cobalah untuk membuat semuanya jelas, rapi, langsung, dan menarik tapi tidak berlebihan. Buat konsumen jatuh cinta dengan produk, merek, dan situs Anda!

  • SEO dan SEM

Selanjutnya, bagaimana Anda bisa mengintegrasikan mesin pencari ke dalam strategi pemasaran digital? Ada dua cara yang umum ditempuh, yakni SEO dan SEM. SEO mengacu pada posisi organik laman web di mesin pencari. SEM akan memastikan bahwa merek muncul di bagian hasil pencarian berbayar. Konten ini akan diberi label sebagai “pay per click” (PPC) atau “iklan yang dipromosikan”.

Dua poin ini merupakan kunci strategi marketing digital untuk meningkatkan web traffic. Internet menawarkan saluran eksklusif yang memang didesain untuk pemasaran digital. Ini termasuk Iklan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan tautan link, pemasaran konten atau konten bermerek misalnya blog, outlet media online lainnya, dll., pemasaran email, trigger marketing, aplikasi seluler, dan iklan online seperti spanduk.

  1. Pemasaran Langsung.

Pemasaran langsung adalah jenis kampanye iklan yang mendapatkan hasil dari audiens target tertentu. Ini bisa berupa kunjungan e-niaga atau sekadar mengisi formulir permintaan informasi di halaman arahan. Pemasaran langsung dapat datang dalam berbagai format seperti surat fisik, pemasaran jarak jauh, POS atau pemasaran email langsung.

Metode pemasaran ini sangat efektif dan merupakan salah satu metode termudah untuk diukur. Misalnya, jika Anda membuat diskon untuk toko online dan mengirimkannya melalui surat fisik, dapat diketahui siapa yang telah menggunakannya melalui cookie atau piksel.

Seperti namanya, pemasaran langsung adalah komunikasi langsung dua arah. Pengiklan membuat dialog antara klien dan perusahaan, serta menjaga hubungan tetap hidup selama mungkin atau sesuai yang diinginkan. Bisnis juga dapat beradaptasi dengan kebutuhan klien dengan menawarkan diskon individual, misalnya.

Landasan pemasaran langsung adalah penggunaan database yang mencakup informasi rinci tentang setiap klien atau prospek. Melalui informasi ini, agen pemasaran dapat menyesuaikan promosi dan komunikasi sesuai kebutuhan segmen atau bahkan beradaptasi dengan klien individu.

Baca Juga: Sukses Berbisnis Dengan Teknik Pemasaran Direct To Customer

  1. Email Pemasaran.

Seperti namanya, teknik ini disebut demikian karena memang perlu mengirim email, didasarkan pada pengiriman ke daftar kontak. Pemasaran email adalah campuran komunikasi dan pemasaran langsung. Dalam hal pengembalian, strategi marketing jenis ini terus menjadi salah satu tindakan paling menguntungkan dan efektif yang dilakukan pengiklan.

Email harus dibuat secara sederhana dan efisien agar sampai ke klien potensial. Banyak pengguna telah menambahkan akun pribadi dan akun kerja ke perangkat seluler mereka sehingga surel Anda bisa langsung mencapai target.

Karena hampir setengah dari semua email dibuka lewat smartphone, desainer email harus berhati-hati dalam membuat format. Jika tidak demikian, sebuah pesan akan dilewatkan begitu saja dan bahkan dihapus sebelum sempat dibaca oleh konsumen.

  1. Pemasaran Seluler.

Sekarang, setiap orang memiliki ponsel atau tablet yang selalu mereka gunakan. Platform jenis ini menawarkan potensi pemasaran yang besar bagi pengiklan. Hampir atau bahkan semua audiens target telah dimobilisasi dan, oleh karena itu, merek Anda dapat bertemu dengan pelanggan di mana pun mereka berada.

Ini merupakan kombinasi teknik pemasaran digital dan tindakan yang ditujukan untuk perangkat seluler. Varian pemasaran baru yang berasal dari kesuksesan besar ponsel, khususnya kemampuannya untuk menawarkan akses mudah ke internet, kapasitasnya dalam mendapatkan klien, dan kekuatannya saat membantu menciptakan loyalitas merek.

Namun demikian, dalam rangka tetap terhubung dengan konsumen seluler dan pemasaran digital, strategi marketing Anda harus didefinisikan dan dirumuskan ulang agar sesuai platform seluler. Itu harus dilakukan untuk mencapai hasil terbaik dalam konversi akhir, baik melalui e-niaga atau etalase fisik.

  1. Pemasaran viral.

Anda mungkin sering mendengar tentang viral marketing dari video dengan jutaan penayangan, gambar atau meme yang sepertinya dibagikan oleh semua orang. Varian ini adalah sesuatu yang istimewa dan memprovokasi dorongan yang tak tertahankan untuk dibagikan dari individu ke individu.

Tapi, apakah konten ini hanya acak atau merupakan bagian dari kampanye iklan viral yang dijalankan dengan baik? Sebenarnya, keduanya mungkin saja. Beberapa konten viral telah dibuat dengan tujuan non-iklan atau pemasaran.

Sekadar hiburan dan ada semata-mata untuk meningkatkan kesadaran dan/atau memberi tahu orang lain tentang sesuatu. Namun, ada juga yang sengaja menerapkan strategi marketing viral dan dibuat sebaik mungkin, lengkap dengan persiapan berat dan konten khusus, ditambah sedikit keberuntungan.

  • Apa itu viral marketing/ pemasaran viral? 

Viral marketing adalah jenis strategi marketing di mana publik didorong untuk berbagi informasi tentang produk atau layanan merek secara online, biasanya di media sosial. Penamaan tersebut memang merujuk pada bagaimana pengguna menyebarkan informasi tentang suatu produk kepada orang lain.

Keajaiban pemasaran viral adalah kemampuannya untuk membuat posting atau iklan tertentu menyebar dengan sangat cepat. Bagian terbaik dari teknik ini adalah konten viral dibagikan hanya karena orang menyukainya.

Konsumenlah yang akhirnya melakukan kampanye melalui like, view, dan/atau share. Setelah kampanye diluncurkan, pengiklan tidak memiliki banyak hal untuk dilakukan selain menunggu dan melihat bagaimana hasilnya.

Semua ini terdengar hebat, bukan? Namun, seperti semua hal di dunia ini, pastinya ada sedikit masalah. Membuat konten dengan tujuan menjadi viral sangat sulit untuk dicapai. Kurang dari 1% pembuat konten mampu mencapai status viral. Belum lagi, keberuntungan memiliki banyak implikasi dalam prosesnya. Dengan kata lain, strategi marketing jenis ini tidak bisa terlalu Anda harapkan.

  1. Pemasaran Performa.

Pemasaran performa adalah disiplin di mana pengiklan hanya membayar untuk hasil yang dia dapatkan. Departemen pemasaran dalam bisnis semakin memercayai agen pengoptimalan kinerja karena mereka tahu investasi tersebut akan mengantarkan kepada tujuan.

Tujuan-tujuan itu biasanya terkait dengan mendapatkan tanggapan dari yang mencakup berlangganan, suka, berbagi, mendaftar, atau penjualan. Artinya, Anda akan membayar untuk hasil, bukan klik atau tayangan.

Faktor penentu berhasil atau tidaknya suatu kampanye adalah data yang sebenarnya. Data ini dikumpulkan oleh sistem pelacakan yang menyimpan klik, langganan, penjualan, atau konversi secara real-time.

Kampanye jenis ini diluncurkan secara digital dan lebih banyak lagi di platform seluler untuk mencapai hasil yang terukur. Namun, berbeda dari kampanye branding atau brand awareness. Untuk melacak tindakan pengguna, seseorang dapat menggunakan cookie, piksel universal, atau piksel konversi.

  1. Inbound Marketing.

Inbound marketing adalah metodologi yang didasarkan pada penarikan pelanggan tertarget di mana Anda harus menemani mereka selama seluruh proses berlangsung, mulai dari saat pertama kali berinteraksi dengan merek hingga mereka menjadi pelanggan setia.

Metodologi inbound marketing didasarkan pada serangkaian teknik non-intrusif yang membantu merek untuk menarik pengunjung dan trafik ke situs web, serta mengotomatisasi proses pemasaran sehingga konversi membutuhkan waktu lebih sedikit.

Perlu ditekankan bahwa teknik non-invasif adalah kuncinya. Ini tentang mengundang klien untuk datang kepada Anda alih-alih mengganggu kehidupan sehari-hari mereka dengan iklan agresif.

  • Apa itu inbound marketing? 

Intinya, inbound marketing adalah membuat konten atau bahkan pengalaman yang secara khusus disesuaikan dengan audiens Anda atau audiens baru sesuai target. Ini membantu Anda terhubung dengan mereka melalui cara yang lebih alami.

Agar lebih memahami strategi marketing jenis ini, penting untuk mengetahui lima dasarnya. yaitu daya tarik trafik, konversi, otomatisasi pemasaran, loyalitas, dan analisis.

  • Trafik website.

Langkah pertama adalah menarik pengguna ke situs web merek. Namun, alih-alih berupaya menghasilkan kunjungan secara besar-besaran, fokuslah untuk menghadirkan pengguna berkualitas, mereka yang cocok dengan profil klien ideal Anda, atau persona pembeli.

Teknik yang bisa Anda coba yakni optimasi SEO jika ingin memposisikan situs web di tempat pertama mesin pencari, ini akan muncul sebagai respons terhadap kebutuhan pengguna pada waktu paling tepat.

  • Pemasaran konten. 

Selain itu, coba pula memanfaatkan pemasaran konten untuk strategi marketing Anda, di mana Anda menawarkan konten berharga kepada pengguna pada saat mereka membutuhkannya. Tak lupa, gunakan jejaring sosial sebagai saluran difusi untuk membantu konten Anda menjangkau pengguna.

  • Konversi. 

Berikutnya, tahap konversi, di mana pengguna web mau meninggalkan data mereka, sehingga dapat dijadikan petunjuk dan bisa terus menerima informasi dari Anda. Untuk mengonversi pengguna menjadi pelanggan potensial, strategi marketing yang klasik adalah memberikan konten berharga sebagai ganti meninggalkan data mereka, walau tentu saja ada banyak cara lainnya.

  • Otomasi pemasaran dan loyalitas. 

Sesungguhnya, pilar inbound marketing didasarkan pada sistematisasi proses di mana Anda berkomunikasi dengan prospek sampai mereka menjadi pelanggan. Setelah itu, pikirkan bagaimana cara membuat pelanggan tetap bersama merek Anda selama mungkin. Pada dasarnya, mempertahankan klien jauh lebih murah daripada mendapatkan klien baru dari awal.

  • Analisis. 

Terakhir, belum lengkap jika Anda tidak memiliki rencana untuk mengukur dan menganalisis hasilnya. Karenanya, Anda harus hati-hati menentukan KPI, yang merupakan metrik paling relevan dalam penilaian apakah strategi marketing Anda berhasil atau tidak.

Dukungan teknologi untuk kelancaran strategi marketing. 

Tak kalah penting dengan menentukan strategi marketing yang akan menguntungkan, kesuksesan bisnis juga ditentukan oleh proses distribusi barang atau jasa. Untuk mempermudah pengelolaan distribusi barang, Anda dapat menggunakan Aplikasi SimpliDOTS.

SimpliDOTS Distribution Management Software adalah solusi distribusi barang yang modern, real time, dan berbasis teknologi Cloud. SimpliDOTS hadir dengan fitur-fitur lengkap seperti Sales Force Automation, Distribution Management System, Delivery and Route GPS, FMCG management, retail order solution, dan masih banyak lagi. 

Ribuan klien dan distributor di seluruh Indonesia telah membuktikan kecanggihan fiturnya. Tidak butuh instalasi, memantau distribusi barang semudah sekali sentuhan jari, lewat smartphone atau desktop. 

Berikut beberapa keunggulannya: 

  • Memudahkan sales untuk taking orders lewat smartphone.
  • Menciptakan rute paling efisien dengan Route Management. 
  • Mengelola persediaan dan gudang secara rapi dan sistematis. 
  • Analisis dan dashboard yang mudah dipahami.
  • Dapat memantau posisi sales di lapangan. 
  • dan banyak lagi fitur menarik lainnya. 

Yuk, buktikan sendiri efektivitas fitur SimpliDOTS untuk bisnis Anda! Silakan coba GRATIS 14 hari, tanpa kontrak dan tanpa biaya apapun, klik tautan ini. Jangan lupa ikuti terus artikel-artikel informatif SimpliDOTS selanjutnya, di laman Blog SimpliDOTS atau follow akun Instagram @simplidots