Route-optimization-software

Route Optimization Software: 8 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilihnya

Mungkin kamu sudah lihat-lihat website ini dan banyak menemui istilah route optimization software, tapi kurang paham use case-nya seperti apa. Sebagai distributor, mengirimkan barang-barang konsumen dari warehouse menuju pembeli adalah salah satu aspek yang paling menantang dari proses pengiriman. Saat ini, pembeli berharap untuk mengetahui kapan pembelian mereka akan tiba hingga saat ini. Memberitahu pembeli bahwa barang akan diterima dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan frustrasi dan kurangnya kepercayaan mereka, sehingga mungkin saja mereka selanjutnya akan membeli dari kompetitor. Tentu kita tidak mau seperti itu ya, Kawan Simpli!

Memperkirakan waktu pengiriman dapat menjadi tantangan bagi para distributor, terutama ketika mempertimbangkan semua elemen dan kendala operasional yang bisa saja memengaruhi waktu kedatangan. Disinilah route optimization software bekerja!

Untuk perusahaan dengan banyak armada yang menangani banyak pengiriman pada satu rute, susah bagi mereka untuk memanfaatkan kapasitas yang tersedia dengan cara terbaik untuk memenuhi jadwal dan kebutuhan setiap pembeli. Route optimization bisa membantu hal ini, dan karyawan bisa fokus ke hal yang lebih produktif.

Apa Perbedaan antara Perencanaan Rute dan Route Optimization?

Perencanaan rute berfokus pada menemukan jalur yang paling efisien dari titik asal ke tujuan untuk satu kendaraan. Beberapa pertimbangan yang mungkin dipertimbangkan oleh pengemudi atau operator ketika merencanakan rute adalah lokasi drop-off, kendala kendaraan, dan jam kerja yang tersedia.

Route optimization juga mempertimbangkan kapan dan di mana pembeli membutuhkan pengiriman dan mengalokasikan tiap pesanan ke tiap kendaraan dengan cara yang paling efisien di antara semua truk dalam armada bisnismu. Route optimization juga memperhitungkan kebutuhan spesifik setiap pengiriman, seperti jenis barang dan volume.

Banyak bisnis sering menganggap route optimization software hanya sebagai panduan untuk memberi tahu mereka jarak terpendek antara titik A dan B. Meskipun route optimization software menyediakan fasilitas itu, software modern itu lebih dari sekadar pendamping untuk memandu pengiriman dari satu lokasi ke lokasi lain, ya.

Software route optimization yang sudah canggih memungkinkan perencana rute untuk mengelola armada, mendapatkan petunjuk arah untuk mengemudi, menambahkan beberapa perhentian, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan Service Level Agreement (SLA). Kamu dapat menghemat banyak sumber daya seperti biaya bahan bakar, waktu titik henti penjemputan/pengiriman tambahan, dan biaya lembur tenaga kerja.

Adopsi route optimization yang sudah mulai banyak, sehingga route optimization software sudah mulai esensial untuk hampir setiap operasi bisnis agar bisa bergerak lebih cepat. Dengan hal ini, penting bagi perusahaan untuk memilih route optimization software mereka dengan baik.

Berikut adalah faktor-faktor yang perlu diingat untuk memilih route optimization software yang tepat untuk bisnismu:

Pertimbangan Lalu Lintas Secara Real-time

Banyak biaya yang digelontorkan jika armadamu terjebak macet. Mempertimbangkan lalu lintas secara real-time dalam memilih rute tidak hanya dapat menghemat biaya logistikmu, tetapi juga dapat memastikan pengiriman tepat waktu dan kepatuhan yang lebih baik terhadap SLA untuk meningkatkan kepuasan pembeli. Bisnis harus mencari software yang merencanakan rute dan menghitung estimasi waktu tiba berdasarkan data waktu nyata yang dinamis.

Batasan Barang dan Kendaraan

Banyak software waktu cenderung fokus hanya pada data dan mengabaikan batasan-batasan pengantaran yang ada. Seringkali, dua jenis produk yang berbeda,  misal barang-barang elektronik dan barang-barang yang mudah rusak, tidak dapat dikirim bersama-sama. Di lain sisi, jenis produk tertentu, misalnya obat-obatan hanya dapat diantar dengan kendaraan khusus. Software yang mempertimbangkan batasan ini akan lebih membantu bisnismu.

Geocoding Akurat

Hampir setiap route optimization software yang tersedia di pasar menawarkan geocoder. Namun, mengubah alamat menjadi titik tertentu di peta menjadi koordinat lintang dan bujur yang tepat lebih susah. Kemampuan software untuk memahami alamat yang ambigu dan konteks lokal adalah kunci untuk geocoding yang akurat. Memiliki database alamat lokal dan lokasi apartemen juga merupakan nilai tambah yang besar.

Baca Juga: Mengenal Last Mile Delivery Untuk Distribusi Barang

Inspeksi Data Historis

Route optimization software-mu harus memeriksa data historis pada tiga level: supir, pembeli, dan waktu dalam sehari. Data historis supir dapat memberitahumu tentang keterampilan, keahlian, waktu pengiriman yang diinginkan, dan wilayah pilihan mereka untuk bekerja. Di sisi lain, data historis pembeli dapat memberitahumu tentang slot waktu pilihannya, ketersediaan, dan instruksi khusus untuk pengiriman. Informasi historis pada waktu tertentu dalam sehari dapat memberimu wawasan tentang kondisi lalu lintas yang berlaku di suatu wilayah dan jam kerja/tutup bangunan tertentu. Route optimization software-mu harus bisa belajar dari data-data ini dan merencanakan rute yang sesuai.

Pertimbangan Preferensi Supir

Salah satu tantangan terbesar dalam implementasi perencanaan rute adalah penolakan dari tim operasi di lapangan. Tim-tim ini terbiasa bekerja dengan cara tertentu dan mengubah seluruh sistem operasional terkesan ekstrim bagi mereka. Untuk memperlancar proses ini, penting bahwa software-mu mempertimbangkan preferensi dari tim lapangan dalam mengubah sistem yang ada daripada mencoba mengubah seluruh prosedur dalam sekali jalan.

Route Optimization Software

Manajemen Perubahan

Jika tim di lapangan masih bersikeras untuk memakai cara tradisional, penyedia software bisa saja mengirimkan sekelompok ahli ke lapangan untuk meyakinkan anggota tim dan membuat transisi lebih lancar. Modul pelatihan, insentif, dan testimoni dari perusahaan lain dapat membantu memotivasi karyawanmu untuk terbiasa dengan route optimization software ini.

Analisis Data dan Reporting

Route optimization software-mu akan memberimu kemampuan untuk melacak dan mengelola seluruh operasi pengantaranmu secara real-time pada satu platform. Ini akan memungkinkanmu untuk melacak rute sebenarnya, jika dibandingkan dengan rute yang direncanakan. Dengan ini, route optimization software-mu harus menyediakan dashboard untuk pelacakan real-time.

Perencanaan Rute Dinamis

Software-mu harus memiliki kemampuan menangani pesanan sesuai permintaan secara optimal bersama dengan pesanan terjadwal. Fitur pengubahan rute saat bepergian adalah fitur lain yang lebih banyak disukai oleh perusahaan. Jika pesanan/preferensi pembeli berubah saat supir sedang mengirimkan barang, route optimization software-mu harus dapat mengubah dan membuat rute baru untuk supirmu.

Dengan kebutuhan perutean perusahaan yang semakin kompleks, sangat penting bagi perusahaan untuk memilih route optimization software sesuai dengan kebutuhan mereka. Software yang merencanakan rute secara cerdas untuk meningkatkan efisiensi pengiriman dan mengurangi biaya akan lebih unggul dari yang lain di masa mendatang. Untungnya, SimpliDOTS sudah ada solusi Route Optimization Software sendiri yang bisa kamu pakai, pastinya dengan fitur-fitur yang ada di atas. Yuk, dapatkan trial dan konsultasi dengan klik link ini!