Sales Force Automation

4 Peran Sales Force Automation untuk Penjualan FMCG

Setuju kan, kalau Sales Force Automation itu sangat mendukung bisnis FMCG. Apalagi, bisnis FMCG (Fast Move Consumer Good) saat ini persaingannya memang sangat ketat.

Ditambah lagi, konsumen umumnya berbelanja kebutuhan sehari-hari, bisa lewat aplikasi yang semudah sentuhan ujung jari. Sementara, sektor FMCG harus terus meningkatkan penjualan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam praktiknya, bisnis FMCG akan dihadapkan dengan berbagai tantangan. Seperti masa simpan produk yang pendek, barang mudah rusak, pergerakan produk yang cepat, serta merek-merek baru bermunculan setiap hari.

Kondisi di atas, tentunya membuat sektor FMCG harus terus bertahan dan memutar otak agar mampu bertahan dalam kompetisi memenangkan selera konsumen. Jadi, apa sih kunci agar FMCG bisa bertahan seiring pertumbuhan pasar? Lalu, adakah metode yang efisien untuk melejitkan penjualan?

Jawabannya adalah ‘ADA’, dan inilah peran penting Sales Force Automation (SFA) dari aplikasi sales performance. Tak kenal, maka tak sayang. Biar lebih memahami, yuk kita pelajari bagaimana FMCG bisa memanfaatkan keunggulan SFA untuk mendongkrak penjualan bisnisnya!

Sales Force Automation Adalah

Sebenarnya apa itu Sales Force Automation (SFA)? Secara umum, SFA adalah software atau Sales Automation Platform (SAP) yang dipakai tim sales force untuk mengotomasi proses penjualan. Contoh proses yang bisa diotomasi seperti order barang, pengoptimalan rute dan pengiriman, proyeksi penjualan, pemantauan stok, dan lainnya.

SFA dalam sektor FMCG memiliki banyak kegunaan. Di antaranya dapat meningkatkan produktivitas karyawan, mendongkrak penjualan dan pendapatan bisnis, meningkatkan akurasi data dalam proses penjualan. Terlebih lagi, SFA mengintegrasikan teknologi modern seperti artificial intelligent dan machine learning.

Dengan SFA, sales person dapat membantu meningkatkan penjualan karena memungkinkan untuk menawarkan pengalaman belanja yang disesuaikan kebutuhan pelanggan. Selain itu, SFA dapat disesuaikan secara otomatis, untuk mengurangi waktu yang sering dihabiskan untuk tugas manual yang berulang. Seperti input data pelanggan, input order, dan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Sales Pitch dan Tips Membuatnya Efektif

Keunggulan SFA bagi perusahaan FMCG

Ada beberapa keunggulan SFA bagi perusahaan FMCG, di antaranya:

1. Tim sales jadi lebih fokus.

Penggunaan SFA, membuat tim sales akan lebih fokus pada target penjualan. Di lapangan, tim sales bukan sekadar menjual produk atau melayani konsumen. Melainkan, menjadi “wajah perusahaan” sekaligus “konsultan” untuk produk-produk yang ditawarkan.

SFA akan membuat tugas penjualan semakin mudah, cepat, dan akurat. Apalagi, dalam penyajian laporan sales force juga lebih real-time agar memudahkan koordinasi dengan admin di kantor pusat ketika melakukan sales monitoring atau sales tracking hasil pekerjaan tim sales di lapangan.

2. SFA membantu meningkatkan penjualan FMCG.

SFA membuat aktivitas sales person jadi lebih terarah dan terukur. Selain mengotomasi tugas-tugas salesman, SFA juga memudahkan kerja sama tim sales yang lebih profesional dan modern. Pada gilirannya, hal ini berdampak positif untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

3. Proses penjualan lebih efisien.

Kalau menggunakan sistem penjualan manual, hampir lebih dari separuh waktu sales person hanya dipakai untuk input data atau tugas administrasi berulang. Tentunya, kalau sistem otomasi penjualan ini tidak dibangun, pelayanan pelanggan akan terhambat dan mempengaruhi penjualan.

Penggunaan software SFA akan membuat tim sales lebih fous pada tugas inti mereka, yaitu meningkatkan penjualan. Porsi kegiatan bersifat administrasi bisa dikurangi sehingga tim sales force bisa memikirkan strategi lain apa yang bisa dikembangkan.

4. Menyederhanakan alur kerja sales force.

Penggunaan software SFA dapat memangkas proses alur kerja tim penjualan. Alur kerja lebih mudah, cepat, dan praktis. Sales person dapat memakai perangkat seluler yang berbasis Cloud technology, sehingga bisa melakukan proses pengelolaan data penjualan kapanpun dan di manapun.

Baca juga : 10+ Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Ampuh!

Jadi, gimana, tertarik menggunakan SFA untuk perusahaanmu? Penggunaan SFA sangat penting dan terbukti membantu operasional tim sales force. Ini saatnya, meng-upgrade aplikasi otomasi sales di perusahaanmu dengan software sales force automation dari SimpliDOTS.

SimpliDOTS adalah Sales Automation Platform yang sudah digunakan ribuan klien di seluruh Indonesia. Coba demo GRATIS 14 hari SimpliDOTS dengan fitur premium tanpa kontrak atau biaya apapun. Atau, bila ada pertanyaan atau butuh bantuan lainnya, Whatsapp : 0812 2776 1242 untuk info lebih lengkap.