content-marketing-adalah-ini

Pentingnya Content Marketing Bagi Bisnis dan Cara Membuatnya

Content Marketing adalah strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik, mendatangkan, dan mempertahankan audiens dengan membuat dan membagikan artikel, video, podcast, dan media terkait lainnya.  

Dengan melakukan pendekatan menggunakan content marketing suatu perusahaan bisa  membangun jejaring, meningkatkan kesadaran merek, dan memantau perkembangan bisnis Anda dalam hal jangkauan serta hubungan kepada audiens.

Apa itu Content Marketing? 

Content marketing adalah cara untuk mengembangkan strategi pemasaran menggunakan konten yang relevan dan bermanfaat (blog, posting media sosial, email, video, dll.), lalu mendistribusikannya ke pelanggan yang ada dan potensial. 

Jika dilakukan dengan benar, konten ini memperjelas bahwa perusahaan peduli dengan orang yang menjadi tujuan penjualannya. Dengan penggunaan content marketing yang konsisten, Anda dapat membangun dan memelihara hubungan dengan prospek dan pelanggan yang sudah ada. 

Jika audiens Anda mengenali bisnis Anda sebagai afiliasi, tertarik pada kesuksesan mereka, dan merupakan sumber saran dan bimbingan yang berharga, mereka cenderung memilih Anda saat melakukan pembelian. 

Mengapa Content Marketing Penting Bagi Suatu Bisnis 

Content marketing adalah taktik tingkat awal yang terbukti telah berhasil. Dalam bisnis, hal ini juga menawarkan keunggulan kompetitif. 

Lebih dari ribuan perusahaan dengan blog mendapatkan% lebih banyak prospek daripada yang lain. Hari ini banyak pembeli melihat 3-5 konten sebelum melakukan tindakan yang lebih lanjut. 

Kebanyakan perusahaan yang menggunakan pemasaran konten juga dikatakan berkembang lebih tinggi daripada yang tidak. Sudah banyak juga pihak dari pemasaran business-to-business (B2B) yang mengatakan content marketing meningkatkan keterlibatan dan prospek. 

Mekanisme Content Marketing yang Meningkatkan Profit Bisnis

Bisnis Anda dapat menggunakan content marketing untuk menarik prospek, mewakili produk dan layanan saat seseorang mencari pembelian, dan menghentikan penjualan. 

Agar efektif, Anda perlu menyampaikan konten yang tepat di setiap tahap siklus penjualan Anda. Dari pengakuan hingga motivasi pembelian dan pembelian. Jangan terlalu mengkhawatirkan langkah-langkah yang terlihat rumit.

Membuat konten seperti itu sebenarnya menyederhanakan prosesnya. Beginilah cara perusahaan menggunakan content marketing untuk terlibat dan menjual di semua tahap siklus penjualan. 

Content marketing perlu fokus pada perhatian utama pemirsa. Menulis tentang kelemahan, tantangan, dan pertanyaan mereka adalah kesempatan terbaik untuk mengatasinya. 

Isi dari tahap peningkatan kesadaran harus menjelaskan dan menyarankan metode. Simpan penjualan untuk fase peninjauan dan penghentian. 

Content marketing harus memberikan kombinasi yang berarti antara informasi dan pemasaran. Ini harus mendidik pembaca tentang fitur atau fungsi apa yang harus dicari dan bagaimana berbagai fitur memenuhi kebutuhan mereka. Tentu saja, konten Anda harus mengarah pada apa yang ditawarkan bisnis Anda. 

Content marketing memainkan peran penting ketika pembaca atau pengunjung hampir melakukan transaksi. Pada tahap ini, Anda dapat fokus pada penjualan, selama Anda terus menunjukkan alasan mengapa Anda adalah pilihan terbaik dengan layanan atau produk Anda. 

Menyusun content marketing bisa sangat melelahkan, tetapi tidak harus demikian. Kampanye content marketing yang sukses harus dapat dikelola dan berkelanjutan. 

Untuk memulai, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut: Identifikasi audiens target Anda. Membuat konten untuk pembaca tertentu memerlukan pemahaman yang jelas tentang prioritas, tantangan, dan preferensi mereka. 

Jika Anda memiliki deskripsi rinci tentang segmen yang berbeda, pilih 1 atau 2 untuk menggambarkannya. Jika tidak, buat profil anggota audiens dan prospek Anda sebelum Anda mulai. 

Harap masukkan format yang benar. Format yang benar sesuai dengan tahap siklus penjualan yang Anda buat untuk konten Anda. Pertimbangan penting lainnya termasuk format mana yang paling membantu  menunjukkan nilai.

Tentukan siapa yang akan menulis, mengedit, dan mengoreksi salinan Anda. Pemirsa menilai konten  berdasarkan kualitas konten. Tidak mengherankan. Identifikasi sumber daya internal atau eksternal yang sesuai untuk menghasilkan karya ini. 

Memutuskan bagaimana  mendistribusikan. Apakah Anda  memposting konten di situs web Anda, mengirimnya melalui email, atau mencetaknya untuk sebuah acara? Pilih format yang bermakna, dimulai dengan “lokasi” yang mengetahui audiens target potensial Anda. 

Misalnya, masuk akal untuk mengirim artikel melalui email, daftar periksa atau lembar kerja dapat dipublikasikan di media sosial, dan panduan pembelian adalah tindak lanjut yang bagus untuk promosi. 

Pilih jadwal bergantian atau giliran. Membuat rencana pemasaran konten yang terlalu ambisius itu mudah. Setelah Anda mengetahui audiens dan format Anda, buatlah rencana jangka pendek, biasanya 36 bulan untuk serangkaian elemen konten realistis yang dapat Anda buat berdasarkan anggaran dan sumber daya Anda.

Cara Membuat Content Marketing yang Efektif

Strategi konten  adalah rencana komprehensif yang menguraikan tujuan Anda (apa yang ingin Anda capai), taktik yang Anda gunakan (bagaimana Anda mencapai tujuan Anda), dan matrik yang Anda gunakan untuk mengukur efektivitas strategi Anda. 

Ini juga mencakup data dan penelitian yang andal untuk membuat keputusan strategis yang cerdas. Seiring waktu, karena semakin banyak informasi (terutama informasi tentang pelanggan) tumbuh, Anda ingin meletakkannya di tempat yang dapat diedit dan mudah diakses. 

Apa Saja yang Harus Ada dalam Sebuah Content Marketing

Strategi content marketing terdiri dari bagian-bagian berikut: 

Content-marketing-adalah-target-strategy
Hitting the target, business concept

Tetapkan Target yang Ingin Dicapai

Setiap strategi content marketing memerlukan sasaran yang terdefinisi dengan baik. Tanpa itu, Anda tidak akan tahu apakah strategi yang dilakukan menggunakan content marketing itu berhasil. 

Hindari keinginan untuk membebani strategi Anda dengan terlalu banyak tujuan. Jika Anda berlebihan, Anda tidak akan bisa memberikan dampak yang cukup di satu tempat. Pilihanterbaik adalah fokus pada tiga tujuan tingkat tinggi atau kurang . 

Anda bisa memulai target yang ingin dicapat dengan beberap hal, misalnya memperluas audiens yang, nendapatkan lebih banyak pelanggan, meningkatkan nilai transaksi rata-rata atau nilai umur pelanggan, meningkatkan penjualan berulang dari pelanggan sebelum memperluas ke pasar yang  baru. 

Strategi content marketing adalah rencana yang menguraikan tujuan, taktik, indikator, dan penelitian serta meningkatkan penyebutan pers atau lalu lintas rujukan dan bisnis. 

Brand Story

Brand story penting karena berperan dalam semua konten yang Anda buat. Mereka memecahkan masalah dan secara nyata membantu orang-orang untuk bertahan. Di balik setiap masalah dan setiap solusi ada cerita, yang membentuk hubungan antara pelanggan dan merek. 

Ingatlah bahwa cerita perlu dibangun dari perspektif klien, bukan perspektif Anda. Anda dan perusahaan Anda memiliki kepribadian yang lebih kecil yang dibutuhkan tetapi tidak terfokus. Cerita Anda perlu membahas apa yang dihargai pelanggan Anda dan masalah apa yang mereka hadapi. 

Banyak perusahaan membuat kesalahan dengan memposting tentang posting blog atau halaman dengan cerita merek dan melupakannya. Brand story Anda harus ada di mana-mana. Itu harus disajikan di semua area perusahaan Anda. 

Persona Audiens

Persona audiens adalah sebutan yang mewakili audiens target Anda. Audiens Anda terdiri dari pembeli potensial. Tapi pasti ada anggota audiens Anda yang bisa menambah nilai bisnis Anda-penggemar yang bisa memperkenalkan calon pelanggan kepada Anda, atau calon pelamar kerja di perusahaan Anda.

Persona audiens tidak diciptakan dengan asumsi. Mereka harus didasarkan pada data aktual. Setiap interaksi  dengan pelanggan  adalah kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang pelanggan.

Dari pertemuan pengembangan pelanggan hingga promosi penjualan, kami mendukung pertanyaan, interaksi  media sosial, percakapan di acara industri, dan di mana pun Anda dapat melakukannya. 

Tujuan mereka adalah untuk belajar lebih banyak tentang siapa mereka, dari mana mereka berasal, ke mana mereka akan pergi, dan bantuan apa yang mereka butuhkan untuk mencapainya. 

Anda perlu membangun rasa ingin tahu dan empati yang nyata bagi pelanggan Anda. Ini adalah keterampilan yang Anda (dan semua orang di tim Anda) harus kembangkan dan kembangkan dari waktu ke waktu. 

Setiap persona audiens harus terdiri dari deskripsi singkat tentang pelanggan, tujuan mereka, dan masalah serta tantangan utama. Anda juga dapat menambahkan informasi tambahan yang mungkin relevan. 

Riset Kompetitor 

Strategi content marketing harus mencakup bagian yang meringkas riset tentang pesaing. 

Mengetahui pesaing Anda dapat membantu Anda menemukan cara untuk membedakan diri Anda dan mengisi celah di mana pasar mungkin tidak berfungsi dengan baik. 

Menyelidiki strategi konten pesaing tidak berarti meniru apa yang dilakukan pesaing. Ingatlah bahwa perusahaan Anda memiliki sejarah mereknya sendiri dan memiliki hubungan pelanggan yang paling ideal. Anda perlu membangun perbedaan ini dan menggunakannya untuk membedakan diri Anda dari pesaing Anda. 

Untuk bagian ini, disarankan untuk tidak  menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menganalisis banyak poin data yang  dapat disajikan kepada pesaing. Anda bisa bereksperimen dengan alat yang berbeda untuk menganalisis data yang bersaing.

Jangan menjadikannya fokus dari strategi konten Anda. Cara terbaik untuk menggunakan energi Anda adalah membuat koneksi unik dengan pelanggan terbaik Anda. 

Baca Juga: 7 Langkah Analisis Kompetitor Bisnis Agar Cepat Melesat

Fokus Kata Kunci (Keyword)

Salah satu manfaat utama yang mendorong banyak perusahaan untuk berinvestasi dalam content marketing adalah membangun sumber lalu lintas masuk organik yang berkelanjutan dari mesin pencari. 

Sangat penting untuk berpikir secara strategis tentang kata kunci mana yang akan ditargetkan dalam content marketing Anda. 

Temukan satu set kecil kata kunci ekor pendek (short tail keyword) yang penting bagi bisnis Anda. Kata kunci ekor pendek adalah satu atau dua kata dan sangat kompetitif. Fokus pada kata kunci yang paling relevan dengan pasar Anda dan pikiran pelanggan Anda. 

Kata Kunci Ekor Panjang (Long Tail Keyword) adalah frasa yang lebih spesifik dan bertarget yang terdiri dari banyak kata. Riset kata kunci berekor panjang dapat membantu Anda mulai merencanakan konten tertentu dan mengerjakannya secara terus-menerus. 

Misalnya, jika “Dukungan Pelanggan” adalah kata kunci berekor pendek, maka kata kunci berekor panjang adalah “Dukungan Pelanggan Penyedia Layanan Kesehatan”. 

Target Konten 

Ada beberapa jenis konten yang dapat dibuat untuk Web. Jenis yang Anda pilih  bergantung pada sumber daya, produk, dan audiens target Anda. 

Berikut adalah beberapa opsi yang paling populer: Artikel Blog, Posting Media Sosial, Buletin Email, Podcast, Video,  Infografis / Foto, White Papers / Laporan, Webinar dll.

Sebagian besar perusahaan menginvestasikan sumber daya di beberapa di antaranya. , Atau secara langsung, memposting ulang konten ke lokasi yang berbeda untuk memperluas jangkauan Anda. 

Kuncinya adalah mencari tahu media mana yang terbaik sebagai titik awal Anda, atau sumber konten inti Anda yang pada akhirnya dapat didistribusikan dan ditujukan kembali ke berbagai tempat. 

Pilih jadwal penerbitan dan patuhi itu. Content marketing yang segar dan berharga serta konsisten adalah faktor kunci yang dicari Google dan juga memberi audiens Anda, prospek Anda, dan pelanggan Anda konten berharga baru yang dikirimkan ke kotak masuk dan/atau umpan media sosial mereka secara teratur. 

Promosi & Distribusi 

Tujuan dari bagian strategi konten Anda ini adalah untuk memutuskan metode promosi dan distribusi mana yang akan Anda investasikan waktu dan sumber dayanya, dan di mana tepatnya Anda akan menerapkan taktik ini. 

Hal-hal yang akan Anda lakukan untuk setiap konten baru saat Anda mempublikasikannya. Buat daftar tugas dan proses yang dapat dilakukan dengan sedikit usaha, tetapi tetap membantu membuat content marketing Anda bermakna.

Paling tidak, ada baiknya mengirim email ke daftar pelanggan Anda dan menjadwalkan banyak posting media sosial.

Membuat konten hebat ini  membutuhkan lebih banyak waktu dan sumber daya. Oleh karena itu, pertimbangkan upaya ini dalam hal periklanan dan penjualan. 

Pemetaan KPI

Untuk mengukur keberhasilan tujuan Anda, Anda perlu menentukan indikator kinerja utama (KPI). KPI adalah metrik yang mengukur efektivitas salah satu tujuan Anda.

KPI yang paling umum digunakan dalam pemasaran konten adalah: Pilih beberapa yang sesuai dengan tujuan Anda. 

Pengemasan

Content marketing adalah strategi yang berjalan terus-menerus atau berjangka panjang. Mungkin hal ini dapat berubah seiring waktu saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda, kekhawatiran mereka, serta preferensi dan harapan konten Anda. 

Penting untuk meninjau asumsi Anda saat Anda mulai mengumpulkan data analisis tentang pelanggan Anda. Setelah informasi itu didapat sekarang mulai pikirkan bagaimana Anda akan mengemas content marketing Anda.

Pemasar yang cerdas tidak berpegang pada ide yang buruk. Sebaliknya, itu beradaptasi dengan informasi baru untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan membantu lebih banyak orang.

Simpulan

Strategi pemasaran yang bisa dilakukan oleh suatu bisnis bentuknya bisa sangat beragam namun ada satu hal yang penting untuk dipikirkan karena akan mendatangkan pelanggan baru maupun mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Di situlah fungsi yang dapat didapatkan ketika sebuah bisnis membagikan modalnya kepada content marketing.

Bisnis Anda dapat menggunakan content marketing untuk menarik prospek, mewakili produk dan layanan saat seseorang mencari pembelian, dan menghentikan penjualan dari kompetitor bisnis Anda.

Meskipun menghasilkannya cukup rumit karena dibutuhkan suatu strategi atau pengembang tersendiri yang harus menyelesaikan tugas ini, namun hasil yang didapatkan telah terbukti jelas dan seperti telah dikatakan di atas bahwa sifat content marketing adalah jangka panjang.

Selain menggunakan content marketing untuk dapat menarik dan mempertahankan pelanggan, pelayanan yang baik dan sangat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan pelanggan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Anda bisa mempercayai SimpliDOTS untuk mengurus bisnis distribusi Anda, karena SimpliDOTS telah merancang suatu software yang akan meningkatkan kinerja layanan bisnis distribusi Anda.

SimpliDOTS meningkatkan pelayanan distribusi Anda dengan sebuah sistem yang dapat mengoptimasi kinerja pelayanan Anda.

Pakai Software Distribution Management System dari SimpliDOTS sekarang juga!

SimpliDOTS adalah aplikasi distribusi barang yang telah diakui dan dibuktikan ribuan mitra bisnis dan klien di seluruh Indonesia. Dilengkapi fitur Distribution Management System, SimpliDOTS Sales Force Automation, SimpliDOTS Retail, FMCG Solution, dan banyak lagi. 

Penasaran apakah SimpliDOTS cocok untuk mengelola distribusi barang dan jasa bisnis Anda? Gunakan tautan ini untuk memulai demo gratis dari kami.

Kita juga bisa bercengkrama lewat informasi edukatif seputar dunia bisnis lain lewat akun instagram SimpliDOTS, silakan tekan tautan untuk langsung mengikuti.