aplikasi stok opname

Aplikasi Stok Opname : Penting Bagi Perusahaan dan UMKM

Setiap usaha yang dijalankan baik yang kecil maupun yang besar membutuhkan aplikasi stok opname dalam prosesnya. Hal ini karena setiap perusahaan dan usaha yang dijalankan terutama pada bidang penjualan memerlukan perhitungan stok.

Seiring dengan adanya proses jual beli pada produk yang dijual. Kemudian, para pengusaha juga perlu menambah stok produk juga. Maka, akan terjadi banyak perubahan pada stok produk yang akan dijual dan dibeli oleh pengusaha atau perusahaan.

Baca juga : Siapa saja yang disebut UMKM?

Mengenal Proses Stok Opname pada Perusahaan

Jika, barang yang dijual jumlahnya sangat banyak. Maka, akan semakin sulit bagi para penjual atau perusahaan untuk menghitungnya secara manual. Karena itulah para pengusaha membutuhkan aplikasi untuk stok opname dalam usaha.

Stok opname merupakan proses pengecekan barang yang ada di penyimpanan perusahaan. Pemeriksaan ini mulai dari jumlah barang yang ada.

Jumlah barang ini harus disesuaikan dengan transaksi yang keluar dan yang masuk selama ini. Selain pada aspek jumlah, hal yang harus diperiksa dalam proses ini juga adalah aspek fisik dari barang.

Apakah stok yang diperiksa itu masih dalam keadaan bagus. Apakah memang masih bisa digunakan atau dijual lagi. Karena mungkin saja ada barang yang mengalami kerusakan selama penyimpanan.

Mengenal Aplikasi Stok Opname

Proses stok opname sebenarnya bisa dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan cara perhitungan atau pengecekan langsung. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya hal ini bisa menjadi proses yang sangat sulit.

Apalagi, jika barang yang disimpan dan akan dijual sangat banyak jumlahnya. Jadi, pencatatan dan pendataan secara manual akan sangat merepotkan. Di sinilah para pengusaha besar maupun UMKM membutuhkan yang namanya aplikasi stok opname.

Pada aplikasi ini, para pengusaha bisa mengatur stok barangnya dengan lebih mudah. Karena aplikasi ini biasanya menyediakan fitur-fitur yang akan mencatat informasi transaksi barang secara otomatis.

Jadi, jika para pengusaha lupa atau tidak ingat tentang alur keluar maupun masuk barang. Para pengusaha tinggal melihat catatan history atau transaksi lainnya di aplikasi dengan sangat mudah.

Tidak hanya itu saja, biasanya aplikasi untuk stok opname ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya. Misalnya seperti perincian barang, penggolongan barang, upload barang secara otomatis dan sebagainya.

aplikasi stok opname
Hands holding goals letters with withe background

Tujuan Melakukan Proses Stok Opname

Penggunaan aplikasi dan prosesnya sendiri tidak dilakukan tanpa tujuan. Ada banyak hal yang bisa dicapai dengan melakukan proses ini. Berikut adalah berbagai tujuan dari melakukan proses stok opname.

1. Kontrol Jumlah Barang yang Disimpan

Sangat penting bagi para pengusaha pada skala besar maupun UMKM untuk selalu kontrol jumlah persediaan barang yang disimpan. Dengan melakukan proses stok opname ini, perusahaan bisa mengetahui jumlah barang yang disimpan.

Apakah jumlahnya sudah cukup untuk memenuhi pesanan yang datang. Mungkin juga, ada stok barang kosong yang perlu diisi oleh para pengusaha.  Para pengusaha juga bisa lebih menyesuaikan lagi. Antara jumlah barang di catatan dan di Gudang penyimpanan.

2. Mencari Tahu Mengenai Permintaan Pasar

Melalui penggunaan aplikasi stok opname dan prosesnya, para pengusaha bisa mengetahui permintaan pasar. Hal ini bisa dilihat dari produk mana yang lebih cepat habis dan produk mana yang lebih lama untuk terjual pada pelanggan.

Dengan, mengetahui permintaan pasar, maka perusahaan bisa mempertimbangkan proses penambahan barang yang selanjutnya. Dengan memaksimalkan persediaan dan permintaan pasar. Perusahaan bisa meraih keuntungan yang maksimal.

3. Menghindari Kecurangan pada Stok Barang

Tujuan stok opname yang paling utama bisa dibilang menghindari tindakan kecurangan pada stok barang. Terutama, jika perusahaan memiliki jumlah staf yang cukup banyak. Proses stok opname ini bisa berfungsi untuk menghindari kecurangan yang dilakukan para staf.

Misalnya saja, tindak pencurian, tindak penggelapan barang, dan sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi, akan lebih mudah bagi Anda untuk memantau jumlah dari stok persediaan barang yang ada di Gudang Penyimpanan.

Pentingnya Menggunakan Aplikasi Stok Opname

Proses stok opname sangat penting untuk dilakukan baik bagi pengusaha yang menjalankan usahanya secara konvensional, maupun yang menjalankan usahanya secara online. Kegiatan stok opname ini biasanya paling ideal dilakukan pada akhir tahun saat tutup buku.

Namun, ada beberapa perusahaan yang memberlakukan kebijakan stok opname dalam periode tertentu. Berikut adalah berbagai alasan yang membuat penggunaan aplikasi ini sangatlah penting dan menguntungkan bagi para pengusaha.

1. Lebih Mudah Melakukan Pencatatan

Manfaat aplikasi stok opname yang pertama adalah dari segi kemudahan penggunaan. Tentu saja, dengan menggunakan aplikasi akan lebih mudah daripada melakukan pencatatan secara manual.

Pencatatan manual memakan waktu yang lebih banyak, ditambah lagi dibutuhkan banyak ruang untuk menyimpan data pencatatannya. Menggunakan aplikasi untuk stok opname akan menghemat waktu dan mempermudah pekerjaan.

2. Pencarian Data Menjadi Lebih Mudah

Jika data stok opname ditulis secara manual, akan sulit bagi para pengusaha untuk menelusuri kembali stok yang sudah lalu. Para pengusaha dan pekerja harus membuka berlembar-lembar catatan dan sangat memakan waktu.

Berbeda dengan penggunaan aplikasi stok opname, di mana para pengguna bisa menggunakan fitur pencarian pada aplikasi. Tinggal, ketikan saja data apa yang ingin dilihat. Maka, aplikasi akan langsung menampilkannya tanpa perlu Anda repot mencari.

3. Dapat Diakses Dari Mana Saja

Karena menggunakan aplikasi, maka para pengusaha memiliki kebebasan akses pada data stok opnamenya. Karena aplikasi ini bisa diakses dari berbagai perangkat mulai dri perangkat komputer sampai smartphone Android dan sebagainya.

Para pengusaha pun bisa mengecek stoknya hanya melalui smartphone saja. Bahkan, ketika sedang tidak berada di tempat kerja. Para pengusaha bisa mengawasi perkembangan dan perubahan stok yang dimiliki oleh perusahaan.

4. Memisahkan Stok Baru dan Lama Lebih Mudah

Pada aplikasi ini, biasanya terdapat fitur untuk memisahkan produk sesuai dengan jenisnya. Fitur ini dijamin akan membuat para pengusaha lebih mudah untuk melakukan pemisahan barang sesuai dengan jenisnya.

Misalnya saja, memisahkan jenis barang yang baru dan yang lama dan yang lain-lain. Tentu saja, hal ini akan sangat memudahkan para pengguna.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya penggunaan aplikasi stok opname. Para pengusaha dan UMKM sekarang tidak perlu repot lagi dalam menjaga dan mengawasi stok yang akan dijual.

Baca juga : Aplikasi Stok Barang