050720074759

Penerapan Telematika Dalam Industri Fleet Management untuk Pelacakan GPS Armada

Telematika, atau sistem telematika, berarti konversi dari telekomunikasi dan pengolahan informasi. Berdasarkan dari bahasa Perancis telematique, istilah telematik mendapatkan daya tarik di Amerika Serikat pada tahun 1970 dan sekarang digunakan untuk menyebutkan persimpangan teknologi informasi dan telekomunikasi. Telematika telah berkembang lebih baru dengan peningkatan internet dan kenaikan jumlah jaringan telekomunikasi yang dapat transfer data ke kantor secara real time untuk berbagai tujuan, termasuk pengaturan armada.

Telematika adalah teknologi yang digunakan untuk memantau berbagai informasi yang berhubungan dengan satu kendaraan atau seluruh armada. Sistem telematik akan mengumpulkan data termasuk lokasi kendaraan, perilaku sopir, diagnosa mesin dan aktivitas kendaraan kemudian memvisualisasikan data ini pada platform software yang membantu operator armada mengelola sumber daya mereka.

Apa itu sistem telematika?

businesswoman networking using digital devices

Bayangkan komputer yang sangat cerdas berada pada kendaraan Anda yang mampu melaporkan hampir setiap detail mulai dari kecepatan, penggunaan bahan bakar, tekanan ban rendah, dan banyak lagi. Informasi ini dapat berarti menghemat biaya perawatan dengan memantau lebih baik kendaraan atau meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan belajar lebih banyak tentang kebiasaan mengemudi. Semua ini menggambarkan alam semesta telematik, juga dikenal sebagai pelacakan armada GPS.

Untuk melacak aset, informasi dari kendaraan dicatat melalui perangkat telematik kecil disebut kotak hitam yang terhubung ke OBD II atau CAN-BUS port. Sebuah kartu SIM dan modem di perangkat memungkinkan komunikasi di jaringan selular.

Beberapa komponen kunci pada perangkat telematic:

  1. Kartu SIM.
  2. GPS receiver.
  3. Mesin interface.
  4. Interface input / output (port expander).
  5. Buzzer.
  6. Akselerometer

Selain hardware, algoritma yang digunakan untuk logging GPS adalah faktor penting lain karena berpengaruh pada kualitas dan akurasi data.

Telematika kendaraan

interactive transparent window screen smart car

Dalam industri otomotif atau armada, telematik biasanya identik dengan telematik kendaraan atau telematik armada. Telematika kendaraan digunakan untuk menggambarkan kendaraan pada sektor komunikasi dan aplikasi yang berkomunikasi dengan satu sama lain melalui GPS penerima dan perangkat telematik lainnya. Aplikasi yang paling umum ini adalah pelacakan kendaraan. Ini bisa dilakukan dengan kombinasi sistem GPS dengan diagnosa onboard, biasanya untuk mencatat lokasi tepat dari kendaraan dan kecepatan bergerak.

Telematika kendaraan terus meningkat popularitasnya sebagai hasil langsung permintaan bisnis dan kewajiban peraturan. Fleets mengandalkan data telematik tidak hanya untuk tetap sesuai dengan mandat ELD, tetapi untuk menjalankan operasi mereka lebih efisien.

Bagaimana cara kerja telematika?

Perangkat telematik mengambil data yang dihasilkan oleh kendaraan, seperti posisi GPS, kecepatan, informasi lampu mesin dan kesalahan.  G-force diukur dengan akselerometer yang ada di perangkat. Lalu perangkat telematik akan mengirimkan data ke cloud.

Sejumlah data dapat diproses dan dianalisis dengan perangkat telematik dan hardware perangkat lain yang terhubung atau sensor, seperti:

  • Kecepatan kendaraan.
  • Waktu idling.
  • Posisi.
  • Waktu / jarak perjalanan.
  • Konsumsi bahan bakar.
  • Penggunaan sabuk pengaman.
  • Pengereman dan kemudi.
  • Kesalahan kendaraan.
  • Tegangan baterai.
  • Data mesin lainnya.

Akhirnya, data dikode dan dibawa ke aplikasi software manajemen armada untuk laporan dan analisis. Dengan perangkat lunak, pengguna dapat melihat dan ekspor laporan dan mendapatkan intelijen bisnis seperti 10 driver top dengan jumlah yang paling banyak insiden ngebut atau kendaraan yang harus untuk perawatan jadwal.

Analisa data dan pembelajaran mesin adalah cara untuk mendapatkan penggunaan data telematic lebih lanjut. Misalnya, armada dapat menggunakan benchmarking untuk melihat bagaimana armada mereka dalam hal keamanan dibandingkan dengan armada lain yang sama atau memahami apakah rute sudah tersusun dengan cara terbaik. 

Data telematika dikirim dari kendaraan ke portal software manajemen armada. Internet mentransfer informasi dari provider telematik ke komputer atau perangkat mobile untuk manajer armada untuk akses.

Baca Juga! : Route Optimization, Atur Jalur Distribusi Paling Efisien


Keuntungan telematika

global connection traffic modernization smart city

Beberapa keuntungan telematika kendaraan antara lain:

1. Maintenance.

Kebanyakan sistem telematik kendaraan terhubung langsung ke port diagnostik kendaraan. Ini otomatis menarik data mesin seperti penggunaan bahan bakar, suhu pendingin, atau beban mesin untuk tim manajemen armada untuk mudah mengakses. Ini juga cara yang bagus bagi manajer armada untuk mengatur jadwal perawatan kendaraan secara teratur. Penyedia telematika kendaraan dapat mengidentifikasi kesalahan kendaraan sehingga manajer armada dapat tahu kapan harus membawa kendaraan ke bengkel.

2. Visibilitas.

Pelacakan kendaraan memberikan visibilitas pada organisasi tentang keberadaan kendaraan mereka dengan memantau gerakan atau lokasi kendaraan melalui sistem GPS. Ini adalah salah satu yang paling umum aplikasi telematik kendaraan dan sangat berguna bagi perusahaan yang perlu melacak armada kendaraan. Feature yang sama juga dapat digunakan untuk melacak asset bertenaga dan tidak bertenaga, seperti trailer atau reefer.

3. Penghematan biaya.

Telematika dapat dengan mudah mengurangi biaya bahan bakar di seluruh armada dengan mengidentifikasi tren perilaku pengemudi dan kecepatan rute, hal yang dapat menyebabkan besar meningkatkan efisiensi bahan bakar. Tanpa melihat bagaimana kinerja pengemudi dalam hari mereka sehari-hari, ini bisa menjadi menantang untuk melatih mereka pada efisiensi bahan bakar. Sistem telematik tertentu juga dapat menghubungkan manajer armada dengan pengemudi secara real time melalui pesan sehingga pengemudi dapat mudah beralih rute dalam kasus lalu lintas padat atau lain keterlambatan jalan yang tak terduga.

4. Produktivitas yang meningkat.

Dengan sistem data GPS hampir real time, driver dapat membantu menghindari keterlambatan lalu lintas dan memperkirakan untuk cuaca buruk. Manajer back office dapat cepat dan mudah mengacu setiap kunjungan baru atau tambahan lokasi ke kendaraan terdekat dan instruksi mereka pada rute yang paling efisien untuk sampai ke sana.

5. Keamanan.

Karena sistem telematik kendaraan memantau dan mengumpulkan data pada kendaraan, mereka juga dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan wawasan tentang kebiasaan mengemudi. Manajer Armada juga dapat membuat program pelatihan atau sesi pelatihan individu berdasarkan data telematik, seperti pengereman atau akselerasi yang keras, untuk membantu meningkatkan keamanan pengemudi di jalan.

Perusahaan asuransi juga mulai menggunakan informasi telematik untuk menilai akurat faktor-faktor risiko dan mengubah premi asuransi dengan yang sesuai.

6. Compliance atau pemenuhan.

Karena mereka elektronik dan otomatis melacak waktu mengemudi kendaraan, sistem telematik dapat membuat lebih mudah untuk menjaga kesetujuan ELD. Manajer Armada dapat menggunakan sistem telematik untuk melacak catatan status tugas dan beberapa provider bahkan merampingkan workflows yang berhubungan dengan pengeditan, sertifikasi, dan anotasi log jam pelayanan. 

7. Layanan yang ditingkatkan.

Dengan mengetahui lokasi yang tepat untuk setiap kendaraan di armada setiap saat, pengiriman dapat melakukan penyesuaian routing konstan berdasarkan perubahan lalu lintas, kendaraan yang tersedia atau kondisi cuaca. Dengan cara ini, mereka dapat beralih sumber daya sekitar dan memastikan pengiriman sampai ke pelanggan ketika mereka perlu. Selain itu, mereka juga dapat menjaga klien informasi tentang waktu kedatangan mereka diperkirakan, membantu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebagai contoh, satu perusahaan Point Direct Transport meningkatkan peningkatan bisnis lebih dari 20% setiap tahun setelah mengintroduksi telematik.

Bagaimana armada dapat menggunakan sistem telematika?

group trucks parked row

Solusi telematik dapat terintegrasi dengan penerapan dan sistem yang ada untuk memungkinkan berbagai kasus penggunaan untuk armada segala ukuran, termasuk:

  • Pelacakan kendaraan.

Kendaraan dapat dilacak menggunakan kombinasi satelit GPS dan penerima, GPRS jaringan dan cloud computing. Sebuah penerima GPS mendownload informasi dari satelit GPS dan memprosesnya untuk digunakan dengan aplikasi seperti driver GPS sistem navigasi. Ini juga mengirimkan informasi melalui GPRS ke server web yang digunakan oleh staf kantor, di mana dapat digunakan untuk mengirim supir terdekat untuk pekerjaan baru.

  • Perbaikan pemeliharaan.

Perlindungan kendaraan dan pengaturan siklus hidup aset dapat diperbaiki dengan menggunakan telematik armada untuk melacak jam-waktu penggunaan dan jadwal perawatan preventif, serta membantu mengawasi pengambilan garansi, melacak jam mesin dan melacak catatan pelayanan. Manajer Armada dapat mengurangi biaya dan menjaga kendaraan dalam kondisi yang aman dengan tetap di atas diagnosa mesin, termasuk tegangan baterainya, suhu pendingin, kerusakan kereta tenaga, masalah katup pengangkut, masalah sensor oksigen, dan masih banyak lagi.

  • Trailer dan pelacakan aset.

Fleets dapat menempel GPS tracker pada trailer dan aset lain yang tidak dimotorisasi untuk memastikan mereka tidak hilang, serta menggunakan mereka untuk rute driver langsung ke remorques stationaris. Pengendara dapat menandai lokasi di unit GPS mereka ketika melepaskan trailer, dan koordinat tersebut dapat mudah dikirimkan, memungkinkan mereka untuk mengarahkan langsung ke trailer. Sistem ini juga dapat diatur sehingga peringatan instan dikirim ke perangkat mobile manajer jika trailer atau aset dipindahkan tanpa izin.

  • Pelacakan keamanan.

Manajer dapat menggunakan telematik armada untuk memantau kecepatan dan lokasi kendaraan, serta peristiwa mengemudi keras dan penggunaan sabuk pengaman. Telematika memberikan cetak digital pada setiap aspek dari operasi kendaraan, membantu manajer armada dalam membuat perbaikan dalam tindakan pencegahan kecelakaan dan standar keselamatan pengemudi.

  • Penilaian risiko asuransi.

Perusahaan asuransi dapat menggunakan telematik untuk memantau perilaku pengemudi, memungkinkan mereka untuk lebih akurat menentukan faktor-faktor risiko dan menyesuaikan premi asuransi sesuai Perangkat telematik juga dapat melaporkan ketika kendaraan digunakan di lokasi di luar daerah yang ditunjuk, dikenal sebagai geofensi.

Menggunakan Telematika Armada untuk Meningkatkan Manajemen Kendaraan

Telematika Armada memberikanmu sejumlah besar data kendaraan secara real time untuk membantu mengidentifikasi masalah segera setelah mereka terjadi. Secara khusus, Anda dapat menggunakan telematika armada untuk:

1. Dapatkan data kendaraan real time.

Cara tradisional untuk mendapatkan data kendaraan armada adalah langsung dari pengemudi. Namun, metode ini tidak instan atau 100% dapat diandalkan, karena dokumen sering ditugaskan oleh kesalahan manusia. Tapi, disinilah efisiensi telematika armada dapat membantu.

Perangkat telematik akan memungkinkan Anda untuk menerima data penting dalam real time, berarti Anda tidak perlu mengandalkan setiap hari berjalan-keliling kendaraan cek atau laporan kerusakan dari pengemudi.

2. Pantau dampak perilaku pengemudi.

Telematika Armada memberikan wawasan dan visibilitas besar tentang perilaku pengemudi Anda. Anda dapat langsung melihat di mana pengemudi berada, memeriksa apakah mereka pada periode istirahat, dan memastikan bagaimana mereka mengemudi.

Menggunakan telematik, Anda dapat mengidentifikasi para pengemudi yang akan diuntungkan dari pelatihan lebih lanjut atau petunjuk tentang memperbaiki kebiasaan mengemudi berbahaya atau tidak efisien.

Sebagai contoh, sistem telematik yang tepat dapat memperingatkan driver setiap kali mereka mengemudi agresif atau dengan kecepatan berlebihan. Dengan mengurangi kecepatan ketika diperlukan, pengemudi dapat lebih baik melindungi diri sendiri dan orang lain di jalanan serta membantu untuk pengendalian bahan bakar yang efektif.

3. Mengatasi masalah kendaraan dengan cepat.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dalam manajemen armada kendaraan adalah menangani perbaikan dan perawatan yang tak terduga. Lampu peringatan dashboard kadang-kadang tidak dilaporkan oleh pengemudi sehingga kesalahan kendaraan kecil sering dapat berubah menjadi sesuatu yang jauh lebih besar dan lebih mahal.

Telematika Armada memiliki kemampuan untuk memperingatkan Anda langsung ketika kerusakan kendaraan terjadi. Sebuah perangkat telematik dapat mengirimkan rincian tentang kondisi baterainya, lampu peringatan dan kode kesalahan. Software Anda kemudian memicu pemberitahuan, langsung memperingatkan Anda masalah.

Digunakan untuk tujuan ini, telematika armada memungkinkan Anda untuk bereaksi cepat pada masalah di seluruh armada Anda. Ini membantu menjaga kendaraan di jalan, dan tidak keluar dari tindakan selama lebih lama dari yang diperlukan. Tergantung kekerasan masalah, Anda dapat mengatur untuk kesalahan untuk diperbaiki ketika akan ada dampak yang lebih sedikit pada operasi. Secara keseluruhan mengurangi waktu penguncian kendaraan yang mahal.

Sebuah sistem manajemen armada yang baik juga akan menghubungkan informasi tentang kerusakan kendaraan ke perintah kerja. Tim pemeliharaan Anda dapat mendapatkan gambar jelas masalah sebelum memulai pekerjaan, secara efektif mempercepat seluruh proses.

4. Jadwalkan pekerjaan pemeliharaan preventif.

Perawatan preventif sering berdasar pada jarak mil, dengan pelayanan dan inspeksi dilakukan rutin setelah kendaraan telah menyelesaikan begitu banyak mil.

Anda mungkin sudah menggunakan pembacaan odometer untuk mengidentifikasi kapan perawatan armada diperlukan. Namun, pelacakan manual ini adalah proses yang memakan waktu (dan pelacakan berdasarkan kertas meninggalkan ruang untuk kesalahan).

Dengan telematika armada, Anda dapat otomatis ekstrak dan upload harian odometer bacaan ke sistem Anda untuk membantu merencanakan kapan inspeksi dan perawatan rutin diperlukan. Pengumuman juga dapat dikirim ke teknisi sehingga mereka dapat memastikan kendaraan yang tepat dipesan untuk pelayanan jika diperlukan.

SimpliDOTS, aplikasi distributor terlengkap

Telematika siap untuk pertumbuhan eksponensial karena aplikasi baru yang dikembangkan untuk mengambil keuntungan dari unit GPS modern dan penggunaan luas perangkat mobile. Lebih banyak armada mengakui kebutuhan untuk memantau aktivitas armada untuk mengontrol biaya, meningkatkan produksi, meningkatkan accounting, dan mempertahankan kesempurnaan konsepsi terhadap peraturan pemerintah.

Sebagai pemilik perusahaan, Anda harus mampu melihat kebutuhan dasar untuk mencapai “peningkatan integrasi ke dalam lingkup yang lebih luas perusahaan, termasuk dengan manajemen tenaga kerja mobile, ERP software, dan software manajemen bisnis,” telematik akan menjadi bagian yang integral dari semua operasi armada modern.

Seperti yang dijelaskan di atas, penggunaan telematic pada armada atau transportasi memang sangat berguna apalagi jika Anda memiliki perusahaan dengan jam tinggi. Untuk membantu proses manajemen keuangan, maka Anda perlu tahu dengan yang namanya aplikasi SimpliDOTS yang sudah terkenal sebagai aplikasi distributor dengan layanan pengguna yang mudah dan cepat. 

Aplikasi SimpliDOTS ini sudah dilengkapi dengan teknologi cloud sehingga semua proses dapat diakses kapanpun dan dimanapun sama seperti telematic kendaraan. Dengan penggunaan aplikasi SimpliDOTS, Anda akan mendapatkan banyak manfaat antara lain monitoring salesman, ordering, manajemen rute dan masih banyak lainnya. Yuk bergabung sekarang di SimpliDOTS dan nikmati gratis 14 hari melalui tautan ini