Relase Note SAP 5

Penambahan Fitur Inclusive Tax – Sales Management Hub (SMH) [6 April 2022]

Summary : Fitur inclusive tax berfungsi untuk mengkonversi nilai pajak dari suatu transaksi secara otomatis jika nilai jual (sell price) dari suatu produk sudah termasuk pajak (Include PPN). Sehingga, nilai jual suatu produk sudah termasuk pajak, dan saat produk tersebut digunakan dalam transaksi, maka fitur inclusive tax ini otomatis mengkonversi atau menghitung nilai pajak dari transaksi product tersebut. Dengan adanya inclusive tax ini, admin tidak perlu membagi harga produk dengan pajaknya, cukup aktifkan Default Setting; IsInclusiveTax di SMH.

Inclusive tax juga memiliki istilah lain sebagai berikut:

  • Total/Subtotal penjualan sudah termasuk pajak atau
  • Harga penjualan produk termasuk pajak

Default Setting; IsInclusiveTax di SMH untuk saat ini tidak dapat dilakukan manual oleh user, dikarenakan SMH belum ditampilkan fitur untuk aktifkan default setting. Oleh karena itu, jika tenant/perusahaan ingin menggunakan fitur ini harus *request ke tim Customer Success SimpliDOTS* untuk mengaktifkan default setting.

Saat ini untuk membedakan apakah suatu orderan sudah *inclusive tax* adalah bisa dilihat di hint/icon information di bagian subtotal detail order.

image 180
Contoh pesanan dengan inclusive tax
image 181
Contoh pesanan tidak inclusive tax
image 20220402 085716
WhatsApp Image 2022 04 06 at 12.52.38 AM
PENTING!!!

Ada beberapa hal yang masih menjadi batasan maupun hal yang belum support untuk fitur ini, diantaranya adalah:

  1. Saat Create Order di SFA maka terdapat nilai 2 decimal (e.g 10.000,52) yang akan tampil di SMH. Namun, saat dilakukan sikronisasi data ke Accurate Online maka nilai 2 decimal tersebut akan rounding menjadi (e.g 10.000,00)
  2. Saat ini, inclusive tax hanya support integrasi ke partner Accurate Online. Untuk pengguna dengan integrasi partner lainnya tidak support fitur ini.
  3. Saat edit orderan, IsInclusiveTax saat ini mengikuti DefaultSetting. Sangat disarankan, sebelum default settingnya diubah, mohon close orderan lama/sebelumnya. Jika tidak di-close, maka orderan lama saat di-edit akan terhitung berdasarkan default setting terbaru.
Peraturan!!!
  1. Harus update aplikasi SFA ke versi 2.9.2 atau lebih tinggi.
  2. Harus mengaktifkan fitur default setting; inclusive tax (ORDER-IS_USING_INCLUSIVE_TAX)
  3. Harus melakukan regenerate ulang model template integrasi dari menu profile SMH → Generate Model Template
  4. Harus menginformasikan proses regenerate model template integrasi ke tim CSA terkait, khusus tenant yang menggunakan customized template.