Relase Note SAP 10

Penambahan Fitur Create Sales Order – Sales Management Hub (SMH) [27 April 2022]

Terdapat beberapa penambahan fitur di SMH di tanggal 27 April 2022. Berikut ini penjelasan fitur serta panduan yang dapat Anda ikuti:

  1. Terdapat penambahan icon pada kolum Sales untuk mengetahui apakah Sales Order dibuat dari SMH, SFA, atau dari Partner.
Screen Shot 2022 04 27 at 09.44.10

2. Terdapat penambahan opsi pada Button Action, yaitu Ubah, Tandai status sebagai verified dan Tandai status sebagai closed.

Screen Shot 2022 04 27 at 09.44.31
auto fill right 1

Anda dapat melihat panduan membuat Sales Order selengkapnya melalui link berikut ini:
https://panduan-sap.simplidots.com/sales-automation-platform/sales-management-hub/pesanan/cara-membuat-pesanan-penjualan

Popup peringatan "Detail yang diperlukan belum diisi" jika tidak mengisi Pelanggan, Sales dan Waktu Pembayaran jika langsung ingin menambah item produk.
image 190
Popup peringatan "Item belum ditambahkan" untuk menambah item dan memastikan minimal salah satu unit kuantitas adalah 1 akan muncul jika telah mengisi Pelanggan, Sales dan Waktu Pembayaran, namun belum menambah item ketika mengecek promo.
image 191
Popup "peringatan perubahan pelanggan" akan muncul jika item sudah ditambahkan dan kemudian mengganti pelanggan.
image 192

Pergantian pelanggan berhubungan dengan Daftar Harga setiap produk dan akan dikalkulasi ulang pada item-item yang sudah ditambahkan (perhatikan kolum Harga/Unit).

Jika memilih:

OK → Pelanggan diganti dan item-item yang ditambahkan dikalkulasi ulang

Batal → Pelanggan akan dikembalikan ke pilihan sebelumnya

Popup "peringatan pergantian pegawai" akan muncul jika pegawai yang dipilih memiliki divisi yang berbeda dengan pegawai yang dipilih sebelumnya dan item sudah ditambahkan.
image 193

Pergantian pegawai berhubungan dengan Divisi dan produk-produk yang dimunculkan hanyalah yang ada pada divisi pegawai tersebut.

Jika memilih:

OK → Pegawai diganti dan seluruh item yang ditambahkan akan direset (dihilangkan)

Batal → Pegawai akan dikembalikan ke pilihan sebelumnya

Pada halaman Sales Order Details, status dapat diubah melalui button Verify dan Close.

image 194

Secara tampilan dan fungsionalitas masih sama seperti Create Sales Order. Perbedaannya, di Edit Sales Order ada penambahan field untuk mengisi PartnerID.

Screen Shot 2022 04 27 at 12.52.59

PartnerID dapat diisi oleh Anda pada saat edit dengan tujuan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya ketidak-konsistenan data ataupun duplikasi data.
Contoh:
Jika user membuat kembali Sales Order (SO) di program Partner sedangkan SO tersebut sudah terdaftar di SMH terlebih dahulu. Maka, pada saat proses sinkron transaksi, SO pada partner tidak akan dikenali oleh SMH sebagai SO yang sama meskipun nomor ordernya sama. Oleh karena itu, dengan mengisi PartnerId pada saat create SO di SMH, masalah ini bisa diatasi oleh user sendiri. Dan masih ada kasus lain terkait PartnerID yang dapat diatasi dengan fitur ini.

Catatan:
- Saat ini masih ada batasan seperti belum bisa untuk input manual discount meskipun default 
  setting sudah diaktifkan.
- Saat ini fitur input discount order belum diaktifkan.
- Saat ini belum bisa otomatis konversi kuantitas/unit.
- Saat ini belum mencakup/support Sales Order Return.