aplikasi logistik

Mudahkan Distribusi dengan Aplikasi Logistik

Dewasa ini, keberadaan teknologi yang kian hari semakin maju, membuat segala sesuatunya dituntut untuk serba cepat. Hal ini juga berlaku bagi perusahaan untuk mengelola data logistik maupun pengiriman barang dalam skala besar dengan cepat. Sayangnya, belum semua perusahaan memiliki aktivitas logistik dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Maka dari itulah, kehadiran aplikasi logistik ini memiliki pengaruh dan peranan yang sangat penting.

Perusahaan yang mampu menghadapi tantangan ini, tentunya akan menggunakan teknologi dalam mengatur data logistik dan pemasarannya secara menyeluruh. Dengan begitu, kinerja perusahaan akan lebih efisien dan optimal.

Baca juga : SimpliDOTS Ingin Majukan Logistik Indonesia

Mengapa Aplikasi Logistik Penting untuk Kemajuan Bisnis?

Aktivitas logistik maupun distribusi dalam sebuah perusahaan, dipengaruhi oleh beberapa aspek penting. Mulai dari transportasi, penyimpanan, pelayanan, inventori, hingga administrasi. Beberapa dari aspek tersebut sangat mempengaruhi kegiatan logistik.

Misalnya saja, transportasi memiliki peranan yang sangat penting terhadap biaya maupun kelancaran aktivitas logistik. Transportasi berperan dalam proses pendistribusian barang dari produsen ke konsumen. Bahkan, kegiatan ini dilakukan dalam skala luas dan dipengaruhi oleh lintas ruang maupun waktu.

Dalam penyaluran barang dari produsen ke konsumen ini tentunya membutuhkan transportasi yang cepat. Aplikasi logistik merupakan aplikasi modern yang memiliki fitur-fitur canggih untuk memudahkan segala kegiatan distribusi. Dengan menggunakan aplikasi ini, kegiatan pendistribusian barang dari awal sampai akhir akan berjalan secara mudah dan cepat.

Tentunya, tidak hanya sebatas itu peran aplikasi tersebut untuk kemajuan bisnis. Bila saat ini Anda tengah menjalankan sebuah perusahaan atau bisnis, kemudian mendapatkan kendala terkait kegiatan logistik maupun distribusi, wajib simak ulasan berikut ini. Alasan aplikasi ini penting untuk kemajuan bisnis ataupun perusahaan Anda.

1. Sentralisasi dan Transparasi

Aplikasi ini dapat berfungsi untuk memastikan berbagai pihak berbeda yang telah terlibat dalam rantai pasokan dan bekerja berdasarkan informasi sama. Selain itu, juga terintegrasi satu dengan yang lainnya.

Dengan demikian, shipper bisa melihat semua aktivitas logistik, kinerja transportasi, mengetahui semua data, hingga memangkas hidden cost. Terutama yang tidak dapat dilihat oleh pelaku bisnis yang menggunakan satu software sama.

2. Dapat Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Tak dapat dipungkiri jika pelaku bisnis akan terus mencari penghematan dalam segala aspek bisnis yang ada. Meskipun begitu, tentunya tetap mengutamakan keuntungan perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi logistik, Anda sebagai pelaku bisnis dapat mentransformasi sumber daya ke teknologi.

Selain itu, juga dapat memastikan setiap shipper untuk memperoleh data terpusat yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas serta efisiensi secara maksimal. Dengan demikian, shipper dapat meningkatkan percepatan dan kemajuan bisnis secara pesat.

3. Dapat Memperlihatkan Stok Barang Secara Real Time

Pengiriman barang tepat waktu merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis apapun itu. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melihat dan melacak armada atau transportasi dengan sangat mudah. Aplikasi ini juga membantu perusahaan dan klien dengan memberikan informasi secara real time.

Informasi ini meliputi inventaris barang, menghemat uang, waktu, juga tenaga. Aplikasi ini juga dapat membantu perusahaan untuk memantau pergerakan dan aktivitas karyawan saat bertugas di lapangan. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga dapat meningkatkan layanan pelanggan dengan memberikan informasi melalui GPS yang benar. Hal ini dilakukan dengan menggunakan wawasan yang sama.

Aplikasi logistik ini juga memberikan bantuan untuk memperoleh setiap detail bisnis secara real time. Hal ini meliputi melacak barang yang berbeda, operasi pengiriman, inspeksi dan pemantauan, pencatatan, manajemen persediaan, dan lain sebagaianya.

4. Menjadi Solusi untuk Layanan Pelanggan

Aplikasi ini juga berfungsi untuk memperbaiki lingkungan layanan kepada pelanggan. Selain itu, juga meningkatkan kepuasan terhadap layanan tersebut. Aplikasi ini juga disesuaikan untuk layanan pelanggan, sehingga dapat mempermudah melacak pengiriman, konfirmasi persediaan, pemesanan transportasi, hingga pelaporan keluhan.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga dapat meningkatkan loyalitas maupun kepuasan pelanggan. Kemudian juga memberikan pendapat dari pelanggan atau feedback terkait layanan dan pemecahan masalahnya. Aplikasi ini juga memberikan dukungan maupun bantuan bagi pelanggan, sehingga dapat melacak pengiriman barang maupun kegiatan lainnya.

5. Membantu Manajemen Gudang

Penting untuk selalu Anda ingat, ketika menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan, logistik tidak hanya berkaitan tentang pengiriman barang maupun transportasi saja. Namun, juga berkaitan erat dengan pengelolaan gudang dengan baik. Gudang sendiri merupakan ruang atau tempat yang sangat penting untuk menyimpan persediaan atau stok barang sebelum dikirim hingga ke tujuan akhir.

Aplikasi logistik ini dapat menyentuh sistem secara bebas tanpa melakukan kesalahan. Selain itu, juga dapat memberikan penanganan secara sempurna. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengelolaan gudang dapat terhindari dari kesalahan maupun ketidak akuratan yang mungkin saja terjadi. Apalagi dalam upaya manual.

Selain itu, aplikasi ini juga membantu mengoptimalkan proses pencatatan dengan cara memindai rincian peralatan, lokasi penyimpanan, hingga ID barang. Maka dari itulah, manajer gudang bisa dengan mudah mempertimbangkan transaksi maupun detail inventaris yang diinput melalui aplikasi ini. Kemudian, akan memberikan pengaruh ke dalam database yang asli.

6. Meminimalkan Terjadinya Kesalahan dalam Pengiriman Barang

Menariknya lagi dari aplikasi ini, yaitu dapat meminimalkan terjadinya masalah pada saat pengiriman barang. Sebagai contoh, aplikasi ini dapat memberikan informasi kepada kantor Anda terkait kegiatan apa saja yang dilakukan kendaraan barang Anda pada waktu tertentu. Misalnya saja, pada saat proyek pengiriman barang, kemudian akan memindai kode batang yang benar, mengubah tombol pada aplikasi, dan aplikasi menjadi hijau.

Selain itu, juga bisa mengetahui informasi ketika pembongkaran paket yang salah, kemudian tombol berubah menjadi warna merah. Berkat adanya fitur ini, maka dapat mengurangi kesalahan pengiriman barang hingga 70%.

Dengan menggunakan teknologi logistik semacam ini, tentunya membuat semua kegiatan logistik maupun distribusi menjadi lebih sederhana dan cepat. Aplikasi ini juga merupakan cara terbaik untuk mendapatkan solusi transmisi terakhir. Selain itu, aplikasi ini juga menjadi cara yang mudah untuk memberikan dukungan manajemen secara real time.

Aplikasi logistik merupakan aplikasi berkualitas tinggi yang memungkinkan untuk mengumpulkan, pengelola, dan mentransmisikan data secara real time. Dengan demikian, bisnis yang Anda jalankan semakin lancar.

Baca juga : 20 Aplikasi Logistik dan Beberapa Fiturnya