Transportation Management System, Transport Management System

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Transport Management System (TMS)

Transport Management System – Pengirim, berapa pun ukurannya, perlu mengawasi rantai pasokan mereka. Tanpa pandangan yang jelas dan terkonsolidasi, tidak mungkin untuk melihat apa yang bekerja dengan baik dan di mana mereka perlu mengatasi kinerja yang buruk. Cara paling efektif (dan umum) bagi pengirim untuk mengumpulkan data penting dan mendapatkan visibilitas jaringan adalah dengan menggunakan sistem manajemen transportasi, yang biasa disebut sebagai Transport Management System/TMS. Dalam artikel ini, kami akan membahas semua dasar-dasar tentang teknologi logistik dan transportasi inti ini.

Apa itu Transport Management System (TMS)?

Transport Management System/TMS adalah alat digital (atau program perangkat lunak) yang digunakan perusahaan untuk mengelola fungsi logistik dan transportasi mereka secara efektif. TMS memusatkan dan mengatur data transportasi, memungkinkan perusahaan untuk:

  • Merencanakan dan memperkirakan kebutuhan jaringan
  • Mengoptimalkan rute
  • Mengelola operator
  • Menjalankan dan lacak pengiriman
  • Mengotomatiskan proses (seperti memuat pemesanan dan tender)
  • Menangani pembayaran dan penyelesaian
  • Melaporkan KPI jaringan

TMS yang efektif memberikan visibilitas pengirim ke dalam operasi sehari-hari mereka dan pandangan menyeluruh tentang kinerja jaringan mereka secara keseluruhan.

Apa Perbedaan Antara Transport Management System (TMS) dan Warehouse Management System (WMS)?

Sistem Manajemen Gudang (WMS) adalah alat digital umum lainnya (atau program perangkat lunak) yang membantu pengirim mengontrol inventaris mereka, mengatur operasi gudang dan pusat distribusi, serta mengelola pemenuhan pesanan. Sementara WMS berurusan dengan kontrol barang saat berada di lokasi di fasilitas pengirim, TMS berurusan dengan pergerakan barang ke dan dari fasilitas mereka. Meskipun demikian, baik TMS dan WMS biasanya terintegrasi dengan Enterprise Resource Planning (ERP) perusahaan. ERP adalah sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengirim untuk mengelola semua operasi bisnis sehari-hari mereka dari satu platform. Integrasi perangkat lunak ini (sering dilakukan melalui konektivitas API) memudahkan pengirim untuk memantau setiap aspek rantai pasokan mereka, mengembangkan strategi operasional yang komprehensif, dan melakukan peningkatan terukur pada bisnis mereka.

Fungsi Utama & Manfaat Transport Management System (TMS)

Transport Management System/TMS menangani fungsi di seluruh siklus hidup pengangkutan, termasuk:

1. Perencanaan pengangkutan

Dengan TMS, pengirim dapat dengan mudah menemukan tarif, merencanakan rute, dan memilih operator. Hal ini dikarenakan TMS menggunakan algoritme kompleks untuk mengoptimalkan setiap pengiriman, pengirim tidak hanya menghemat waktu di bagian depan, tetapi juga menghemat waktu dan uang selama seluruh proses pengiriman.

2. Eksekusi pengangkutan

TMS mengotomatiskan proses pengiriman tender, menggunakan panduan perutean pengirim untuk mengirimkan muatan secara digital ke operator yang sesuai dengan tarif yang telah ditentukan. Daripada pengirim secara manual mengukur kapasitas operator, penerimaan tarif, dan kinerja sebelum mengirim operator, TMS menyaring sejumlah besar data dan mempercepat pemesanan dan pengiriman tender.

3. Pelacakan kargo

TMS mengumpulkan dan mengkonsolidasikan informasi pelacakan terperinci dan mencatat pergerakan pengiriman melalui siklus hidup penuh muatan — dari gudang ke tujuan akhir. Ini tidak hanya memungkinkan pengirim untuk mendapatkan pembaruan secara real-time tentang pengiriman mereka, tetapi juga memungkinkan mereka untuk melacak dan mengukur kinerja operator.

4. Pembayaran

TMS memungkinkan perusahaan untuk secara otomatis mengaudit setiap faktur operator dan membayar operator dengan mudah. Dalam hal keuangan, TMS menyederhanakan proses pembayaran untuk pengirim dan operator dengan menyediakan akses ke audit pengiriman, faktur, pembayaran, dan analisis kinerja biaya.

5. Pelaporan yang Dapat Ditindaklanjuti

TMS memberikan pelaporan mendalam tentang jaringan dan fasilitas pengirim, serta menawarkan wawasan kinerja untuk membantu perencanaan di masa mendatang. Setelah memantau dan menilai data luas yang disediakan oleh pelaporan TMS, pengirim dapat mengembangkan strategi peningkatan berkelanjutan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, meningkatkan kualitas layanan (yaitu pengambilan dan pengiriman tepat waktu), dan menganalisis penghematan biaya secara keseluruhan.

Itulah semua dasar-dasar tentang teknologi logistik dan transportasi inti Transport Management System/TMS. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan teknologi ini, maka Anda dapat mempercayakannya pada SimpliDOTS. SimpliDOTS adalah layanan software berbasis cloud yang dibangun dan dikembangkan untuk mempermudah kegiatan distribusi barang. Kami percaya segala sesuatu pasti #adacaranya.

Delivery & Route Optimization

Rute Armada Lebih Efisien 30%

Berbasis cloud, tidak membutuhkan instalasi, aplikasi logistik yang dapat digunakan di mobile maupun desktop

  • Optimasi rute tercepat, bensin lebih hemat
  • Multistop route planner
  • Estimated time arrival
  • Optimasi tenaga delivery
  • Automated delivery allocation

Cara SimpliDOTS

  • Hanya menggunakan satu buah aplikasi untuk merencanakan rute driver melalui aplikasi logistik
  • Pesanan yang membludak bisa dikerjakan dengan baik dan tenang karena dikelola secara otomatis oleh SimpliDOTS
  • Pelanggan menanyakan status pengantaran, lihat posisi live driver di peta dengan aplikasi rute
  • Merencanakan rute secara instan melalui aplikasi bahkan oleh orang tanpa pengalaman
  • Dengan aplikasi pintar, rute yang direncanakan sudah pasti yang paling efektif dan efisien.
  • Optimalkan tenaga logistik anda bersama SimpliDOTS

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Transport Management System/TMS dari SimpliDOTS, bisa Anda peroleh melalui website official SimpliDOTS di https://www.simplidots.com/