sales-force-automation-goals

10 Manfaat Sales Force Automation SimpliDOTS Untuk Meningkatkan Penjualan

Sampai saat ini banyak pebisnis yang masih meragukan bahwa sistem automasi terhadap bisnis seperti Sales Force Automation (SFA) belum dapat sepenuhnya menyelesaikan segala kebutuhan bisnis mereka.

Padahal yang harus diketahui adalah bahwa saat ini fitur-fitur yang tersedia dalam software Sales Force Automation sudah terbukti menyelesaikan segala proses penjualan dengan sistem yang terotomatisasi.

Segala pekerjaan penjualan sudah dapat dibuat efektif dan lebih efisien sehingga akan memangkas biaya operasional perusahaan. Kemudian lebih dari itu berbagai masalah terkait penjualan yang disebabkan kesalahan manusia juga telah diminimalisir.

Lantas apa itu Sales Force Automation?

Apa yang dimaksud dengan Sales Force Automation (SFA)?

Sales Force Automation merupakan otomatisasi proses dan tenaga penjualan, lebih lengkapnya berbagai pekerjaan yang terkait dengan penjualan diotomatisasikan menggunakan teknologi software dan software inilah yang dinamakan SFA.

SFA sebagai aplikasi akan memiliki keunggulan untuk mencatat secara otomatis dan melacak setiap aktivitas penjualan dimulai dari proses penjualan, interaksi dengan pelanggan, sampai pada kinerja sales.

Fungsi utamanya adalah membantu membuat kinerja tim penjualan menjadi lebih praktis dan efektif dengan cara mengelola setiap informasi terkait segala aktivitas penjualan untuk membantu meningkatkan penjualan perusahaan.

Setiap transaksi bahkan aktivitas sales akan dicatat dan dilaporkan ke dalam sistem, sistem ini telah terintegrasi dengan tim manajemen sehingga para manajer bisa dengan tepat menentukan langkah yang baik untuk kepentingan perusahaan.

Tingkatkan produktivitas Anda dengan menyederhanakan proses penjualan

Manfaat dari Sales Force Automation (SFA) Secara Umum

  1. Meningkatkan Produktivitas Penjualan

Saat Anda mulai menerapkan automasi tenaga penjualan ke dalam perusahaan artinya perusahaan Anda secara perlahan mulai menyisihkan segala pekerjaan dan tugas-tugas penjualan yang dilakukan secara manual.

Dengan melakukan itu berarti akan ada cukup banyak waktu yang tersisa dari berbagai operasi penjualan sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan dan merencanakan prospek perusahaan Anda. Bukankah itu cukup menguntungkan?

Perusahaan Anda telah mencapai proses yang penting untuk memulai otomatisasi penjualan. Karena dengan tersisihnya tugas-tugas penjualan manual segala masalah yang bersangkutan dengan kealpaan sales akan minim dan hal itu akan berdampak pada peningkatan produktivitas penjualan perusahaan.

Sudah banyak juga sistem Sales Force Automation yang dapat dijalankan lewat smartphone sehingga membuat proses kerja menjadi lebih nyaman.

  1. Meringankan biaya penjualan

Setelah software yang Anda pilih untuk diterapkan di perusahaan Anda mulai aktif dan digunakan, dengan segera biaya terkait segala operasi penjualan akan dapat langsung dilihat.

Ini merupakan dampak instant paling menguntungkan, karena ketika biaya operasional penjualan perusahaan telah terlihat menurun menandakan bahwa kinerja penjualan meningkat dan pendapatan akan lebih cepat dan lancar.

Setiap tugas manual yang banyak memakan waktu dan biasanya akan dikerjakan berulang setelah mendapat berbagai masukan bisa dengan cepat terselesaikan sehingga akan memangkas biaya yang tidak perlu.

Dengan berkurangnya pengeluaran pada giliran lain pendapatan perusahaan akan meningkat karena perusahaan Anda dapat menyelesaikan lebih banyak transaksi dengan lebih cepat.

  1. Mengumpulkan Lebih Banyak Informasi Mengenai Penjualan

SFA menawarkan banyak insight menarik yang akan membantu perusahaan Anda dalam membangung manajemen yang terorganisir serta menentukan pencapaian penjualan untuk masa yang akan datang. 

Sistem dalam SFA akan memberikan informasi mengenai data riwayat pembelian pelanggan Anda dan dari informasi tersebut penghitungan perkiraan strategi penjualan dapat dilakukan.

Tim sales juga dapat menawarkan produk dan layanan yang paling membantu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dari data riwayat pembelian tersebut.

  1. Meningkatkan Pelayanan dan Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Waktu terkadang bisa menjadi pemicu permasalahan yang serius untuk penjualan jika perusahaan tidak dapat membuat efektif berbagai tugas-tugas operasional penjualan.

Namun seperti telah diketahui bahwa dengan menerapkan sistem Sales Force Automation suatu perusahaan dapat memangkas waktu yang terbuang tidak perlu untuk tugas-tugas penjualan.

Dengan begitu Anda akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk bisa fokus pada hal-hal lain yang bermasalah seperti keluhan para pelanggan selama berlangsungnya proses penjualan.

Dengan respons yang cepat terhadap segala keluhan pelanggan akan membuat hubungan perusahaan dengan pelanggan menjadi baik karena pelanggan merasa terpuaskan dan memiliki pengalaman yang bagus dengan perusahaan Anda. 

  1. Otomatis Menyimpan Data Transaksi Penjualan

Seperti telah umum diketahui oleh para pebisnis bahwa catatan dan data mengenai penjualan yang seharusnya tersimpan rapi ada kalanya hilang atau sulit ditemukan ketika tugas-tugas penjualan masih dilakukan secara manual.

Meskipun perusahaan Anda memiliki seseorang yang telah ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengarsipan terkait data-data penjualan bukan tidak mungkin pekerja Anda melakukan kesalahan dan akibatnya bisa saja fatal.

Dengan Sales Force Automation yang berjalan dalam sistem penjualan perusahaan semua permasalahan tadi dapat dihilangkan karena segala proses transaksi terkait penjualan akan dikerjakan otomatis.

  1. Tugas-tugas Marketing Menjadi Lebih Terorganisir

Suatu manajemen yang tersistem tentunya akan membuat peluang terjadinya kesalahan menjadi lebih kecil. Dengan tim sales yang tugas-tugasnya telah terorganisir segala kesalahan terkait penjualan mungkin akan tidak ada.

Suatu perusahaan pasti pernah mengalami kehilangan calon pelanggan karena kesalahan pekerjanya yang lupa menghubungi mereka ketika waktunya tiba. 

Sistem SFA akan memberikan informasi untuk mengingatkan Anda ketika waktunya menghubungi calon klien telah tiba sehingga kehilangan calon pelanggan potensial karena kesalahan mendasar tidak terjadi.

Demikianlah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh suatu perusahaan ketika menerapkan software Sales Force Automation dalam bisnisnya. Namun perlu diketahui bahwa setiap layanan yang tersedia akan memiliki kekurangan dan kelebihan.

sales-automation-force-goals-optimization

Faktor paling penting dalam menetapkan layanan mana yang akan menjadi solusi dari permasalahan distribusi Anda sekaligus membantu perusahaan Anda berkembang adalah dengan melihat seberapa banyak membantunya fitur-fitur yang tersedia untuk meningkatkan penjualan Anda.

Dari berbagai pilihan aplikasi, Anda mungkin bisa langsung mencoba Sales Force Automation dari SimpliDOTS karena sistemnya telah terbukti menjadi solusi bagi permasalahan distribusi dan hal ini telah dibuktikan oleh ribuan distributor di Indonesia.

Berikut beberapa manfaat dari SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA).

Baca Juga: Mengenal Layanan Sales Force CRM Dan Fungsinya Bagi Perusahaan

10 Manfaat SimpliDOTS Sales Force Automation untuk Meningkatkan Penjualan

SimpliDOTS SFA merupakan sebuah software berbasis cloud sehingga tidak membutuhkan instalasi. Dilengkapi dengan dashboard yang berisi laporan setiap kinerja penjualan dan transaksi fitur-fitur di dalamnya akan membantu perusahaan Anda meningkatkan penjualan.

Dengan laporan dari aktivitas penjualan yang ditayangkan secara real-time Anda dapat menentukan kebijakan yang paling tepat untuk perusahaan Anda. Tentukan keputusan bisnis dan rencana selanjutnya dengan data.

  1. Monitor Kerja dari Rumah

Sales Force Automation (SFA) dari SimpliDOTS merupakan sistem yang dapat membantu memudahkan bisnis distribusi Anda. Dengan aksesibilitas yang dibuat untuk desktop dan mobile phone memungkinkan Anda untuk memonitor kinerja perusahaan Anda dari rumah.

Aksesibilitas ini memungkinkan customer untuk melakukan order dan transaksi dengan stok yang pasti tersedia secara real-time ketika salesman melakukan kunjungan.

Fitur SFA menyediakan analisa performa salesman dan segala hal terkait kegiatan distribusi perusahaan Anda seperti laporan penjualan dari tiap salesman secara langsung sehingga hanya lewat mobile saja Anda sudah bisa memantaunya.

Sistem ini tentunya akan mempermudah kerja Anda dalam menganalisa dan membuat waktu yang digunakan menjadi lebih efisien.

  1. 3rd Party App Integration

Keluwesan Aplikasi Sales Force Automation dari SImpliDOTS bukan hanya memudahkan kinerja penjualan bagi bisnis yang belum mulai menerapkan sistem automasi pada perusahaannya, namun juga yang sudah.

Bukan berarti SimpliDOTS SFA tidak dapat menyelesaikan secara mandiri segala permasalahan distribusi, justru sebaliknya. Fitur-fitur dalam SimpliDOTS SFA sudah sangat lengkap sehingga Anda hanya membutuhkan satu aplikasi saja sebagai solusi masalah distribusi Anda.

Akan tetapi ada kalanya sebuah perusahaan telah lebih dulu mengenal sistem automasi lain dan telanjur menggunakannya. Kami menyediakan fitur untuk membantu perusahaan tersebut sebelum sepenuhnya menggunakan SimpliDOTS SFA saja.

Untuk perusahaan Anda yang sudah menggunakan aplikasi automasi bisnis lainnya, tidak perlu khawatir karena Sales Force Automation milik SimpliDOTS bisa berintegrasi dengan aplikasi 3rd party lain.

  1. Kunjungan Salesman Lebih Efisien

Salesman Anda dapat mengatur waktu kunjungan kepada pelanggan perusahaan secara teratur dan terorganisir. Mereka tidak perlu bingung menetapkan tujuan kunjungan lagi karena semua informasi kunjungan telah tersedia.

Selain itu, saat salesman lapangan Anda sedang melakukan kunjungan, perusahaan dapat memantau setiap aktivitas salesman dengan fitur sales-tracker yang tersedia. 

Fitur sales-tracker ini sudah tentu terintegrasi dengan manajemen sistem dari Sales Force Automation milik SimpliDOTS. Sehingga dengan tersedianya fitur ini bukan hanya membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja salesman namun membuat kinerjanya tetap on-point karena segala aktivitas sales bisa langsung dipantau secara real-time.

  1. Memaksimalkan Kinerja Penjualan Salesman

Anda bisa memaksimalkan kinerja penjualan salesman lapangan dengan sistem dan beragam fitur yang tersedia yang tentunya akan membuat kerja salesman menjadi lebih cepat dan praktis.

Dengan beragam fitur yang disediakan tersebut tentu kinerja salesman perusahaan Anda akan menjadi lebih praktis dan efisien. Efisiensi kinerja itu dengan kata lain akan meningkatkan produktivitas sehingga dampaknya adalah meningkatkan penjualan perusahaan.

  1. Memungkinkan Semua Aktivitas Salesman Dipantau Secara Real-Time

Fitur-fitur lain yang tersedia dalam Sales Force Automation SimpliDOTS akan mempermudah kerja salesman dalam melakukan kegiatan penjualan di lapangan dan segala aktivitas yang dilakukannya akan tercatat secara real-time.

Anda atau manajer sales perusahaan bisa langsung mengevaluasi kinerja salesman dengan data akurat yang tersedia mengenai berbagai aktivitas yang sedang dilakukan oleh sales lapangan Anda,

Dengan tercatatnya segala aktivitas yang telah dilakukan oleh salesman Anda tentu akan membuat kinerja penjualan yang salesman Anda hasilkan menjadi lebih maksimal.i Mengetahui ketersediaan stok 

Terkadang terjadi ketidakakuratan informasi mengenai stok yang tersedia di perusahaan yang akan membuat permintaan tidak terpenuhi sehingga menyebabkan pelanggan Anda kecewa.

Namun, Sales Force Automation dari SimpliDOTS bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan informasi ketersedian stok yang akurat secara real-time. Salesman bisa dengan mudah mengakses laporan terkini mengenai stok sekaligus harga yang ditetapkan.

Ketersediaan stok ini tentunya bisa dengan mudah diakses oleh salesman Anda ketika sedang melakukan kunjungan ke toko pelanggan dalam bentuk laporan paling baru mengenai harga dan ketersediaannya.

  1. Memberikan Prediksi Penjualan yang Lebih Akurat.

Dengan tersedianya layanan yang bisa menyajikan data-data seputar proses distribusi, kinerja salesman, dan segala aktivitas pembelian dan penjualan yang tercatat dan tersimpan rapi dalam sistem, menghitung perkiraan penjualan akan lebih akurat.

Informasi mengenai produk-produk teratas yang terjual dalam kurun waktu satu bulan dan pelanggan mana saja yang melakukan pembelian paling banyak tentu saja akan membantu manajer perusahaan untuk menentukan strategi penjualan yang lebih baik.

  1. Meningkatkan Hubungan dan Loyalitas dari Customer.

Seperti telah umum diketahui bahwa salesman adalah komponen penting yang menghubungkan distributor dengan customer. 

Dengan fitur dari SimpliDOTS Sales Force Automation salesman Anda bisa melihat secara langsung dan praktis tentang stok yang tersedia hanya dengan hitungan jari. Hal ini akan memudahkan customer ketika ingin melakukan tukar guling atau bahkan retur barang.

Di samping itu, kinerja salesman yang lebih efektif dan terorganisir akan membuat hubungan perusahaan dengan customer meningkat, sehingga akan memunculkan sikap loyal dari customer Anda.

  1. Membantu dalam Pengecekan Stok, Pembuatan Order, dan Transaksi Langsung

Ketika salesman Anda menggunakan aplikasi Sales Force Automation dari SimpliDOTS mereka dapat mengambil orderan, mengatur kunjungan, memberikan informasi terkait stok perusahaan sampai print invoice hanya lewat mobile phone.

Dengan beragam informasi yang telah tersedia dan bisa diakses langsung lewat handphone, salesman Anda bisa langsung melakukan transaksi dan membuat orderan customer.

  1. Meningkatkan Omzet Perusahaan

Dengan terintegrasi sistem manajemen perusahaan dengan segala aktivitas penjualan tentu dapat secara langsung meningkatkan produktivitas perusahaan.

Di sisi lain kinerja sales yang terpantau dan setiap aktivitasnya tercatat secara real-time akan membuat kinerannya meningkat dan hal ini tentu merupakan pertanda yang baik untuk peningkatan penjualan. 

Banyak pebisnis yang masih meragukan bahwa Sales Force Automation tidak dapat membantu menyelesaikan kebutuhan bisnis mereka. Padahal sistem automasi yang ditawarkan dalam Sales Force Automation saat ini telah terbukti dapat membuat kerja penjualan semakin mudah.

Langsung Coba SimpliDOTS SFA: Aplikasi Terbaik untuk Sales

SimpliDOTS SFA lahir dari tangan-tangan yang sudah berkecimpung lama dalam urusan bisnis distribusi sehingga dengan tekad yang kuat ingin membantu menyelesaikan segala permasalahan yang pernah mereka hadapi dalam proses distribusi barang. 

Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi Sales Force Automation SimpliDOTS merupakan fitur yang telah terbukti dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah distribusi.

Anda tidak perlu khawatir terkait transisi perusahaan karena setiap pelanggan akan didampingi oleh tim kami yang merupakan para pekerja andal dalam bidangnya. Mereka akan membimbing proses transisi perusahaan Anda ketika mulai mengalihkan sistemnya yang manual menjadi otomatis secara menyeluruh sampai perusahaan sudah bisa aktif menggunakannya.

Dilengkapi fitur-fitur yang sangat lengkap untuk menyelesaikan segala permasalahan distribusi dan meningkatkan kinerja sales lapangan Anda, SimpliDOTS SFA merupakan solusi terbaik untuk masalah distribusi sehingga merupakan aplikasi terbaik untuk sales lapangan.

Jika Anda masih ragu dengan SimpliDOTS Sales Force Automation, bisa langsung gunakan FREE TRIAL selama 14 HARI yang telah disediakan untuk memantapkan pilihan Anda dalam mengalihkan sistem operasi penjualannya bersama SimpliDOTS.

Follow juga instagram kami @simplidots untuk informasi mengenai tips dan pengetahuan seputar bisnis distribusi. Kami sering mengadakan diskon juga lho, jadi langsung follow saja.