packages parcels delivery covid 19 quarantine transfer orders confident courier red uniform gloves medical mask encourage call service show thumb up lean boxes

Last Mile Delivery : Menjawab Tantangan Kebutuhan Logistik yang Ada di Indonesia

Last mile deliveryAktivitas pendistribusian logistik yang ada di seluruh Indonesia akan selalu mengalami perkembangan sejalan dengan adanya kemajuan teknologi digital yang maju dari waktu ke waktu. Pada hal ini, aktivitas logistik juga bisa turut berubah untuk selalu menjawab kebutuhan dalam pengiriman barang yang lebih cepat, transparan dan juga efisien agar dapat memenuhi kebutuhan di dalam masyarakat Indonesia. Untuk hal ini, ada sebuah cara untuk memenuhi kebutuhan di sektor logistik pada era digital seperti saat ini.

 Distribusi Logistik Menggunakan Sistem Modern Last Mile Delivery

Last mile delivery adalah pengiriman pada titik terdekat dan merupakan langkah terakhir pada rantai pasokan. Pada setiap transaksi, waktu menjadi yang paling berharga. Kondisi tersebut merupakan sebuah unsur yang paling menantang agar bisa membuat jaringan distribusi menjadi lebih efisien. 

Sebagian besar tantangan tersebut berasal dari keterkaitan harapan tinggi para pelanggan untuk mendapatkan produk di hari yang sama dengan waktu memesannya. Last mile delivery di Indonesia merupakan sebuah desain jaringan distribusi paling baru yang menitikberatkan di pengiriman produk tanpa adanya campur tangan dari jasa pengiriman pihak ketiga. Di awal perkembangan, produk akan langsung dikirimkan oleh perusahaan sendiri ke dalam rumah konsumen. 

Saat ini, last mile delivery sangat sering digunakan oleh berbagai lini bisnis yang ada di Indonesia. Adanya sistem last mile delivery service bisa membuat proses pengiriman barang menjadi jauh lebih cepat dan transparan sejalan dengan alur kerja bisnis itu sendiri. 

Faktor – faktor Penting yang Harus Dipertimbangkan di Layanan Last Mile Delivery

Pada saat Anda sudah memutuskan untuk menerapkan layanan last mile delivery, akan ada beberapa faktor yang memang benar – benar harus dipertimbangkan :

1.Kecepatan dalam Pengiriman

Berbicara terkait dengan last mile delivery pastinya adalah soal kecepatan, maka faktor terpenting dan paling utama adalah terkait dengan kecepatan pengiriman. Konsumen pastinya akan selalu mencari layanan yang tercepat dan jika bisa memilih pengiriman di hari yang sama. Jika Anda sudah memiliki layanan last mile delivery tercepat maka dijamin konsumen dapat menaruh minatnya. 

2. Melacak Pesanan dengan Tepat

Faktor berikutnya adalah sistem pelacakan yang paling tepat dan cepat dan jadikan layananlast mile delivery yang Anda miliki adalah bisa memudahkan para konsumen untuk melakukan pelacakan pengiriman. Hal ini akan memberikan dampak di kepuasan mereka. 

3. Keamanan 

Bukan hanya terkait dengan kecepatan, faktor lainnya yang juga penting untuk selalu dipertimbangkan adalah keamanan. Seluruh konsumen pastinya akan mengirimkan pesanannya dengan selamat ke tangan konsumen. Pastinya akan terdapat risiko cukup besar pada setiap melakukan pengiriman barang. Itulah faktor yang satu ini harus dijadikan sebagai penilaian para pelaku bisnis jika ingin menggunakan layanan pengirim last mile delivery app

Manfaat Menggunakan Sistem Last Mile Delivery

Last mile delivery merupakan sebuah solusi strategis agar bisa memenuhi ekspektasi pasar dan meningkatkan kepuasan para konsumen. Dengan menggunakan sistem yang bisa tersambung dengan sebuah website, apps, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapat :

1.Manajemen Tugas Pengiriman yang Jauh Lebih Fleksibel

Secara ringkas akan memberikan tugas ke kurir mana saja dengan menggunakan pertimbangan yang paling efektif. Pada era sekarang menetapkan pengiriman ke kurir yang paling tepat adalah sesuatu yang krusial. Pengiriman tersebut harus lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan permintaan yang dinamis, oleh sebab itu dengan menggunakan last mile delivery software dapat menentukan pengiriman dengan cara otomatis. Menggunakan integrasi sistem, pesanan pengiriman yang masuk bisa ditugaskan dengan otomatis kepada kurir agar dapat dikirimkan dengan waktu. Begitu pula dengan pengiriman yang berskala besar dapat ditugaskan secara otomatis berdasarkan algoritma sistem sehingga dapat lebih menghemat waktu dan meningkatkan efektivitas operasional bisnis. 

2. Dapat Melakukan Monitor Kurir Beserta Kendaraan Segera Real – Time

Tantangan paling besar untuk pengiriman barang adalah melakukan monitoring pada setiap waktu dan lokasi. Last mile delivery bisa mengatasi permasalahan tersebut, perusahaan dapat mengetahui dimana posisi kendaraan dan juga kurir secara real time dan waktu jeda mereka. Hal ini bukan hanya akan membantu kontrol lebih baik, tetapi juga dapat mencegah pencurian beserta kerugian. Selain itu dapat juga membantu konsumen untuk tahu lokasi dimana barangnya sehingga bisa memprediksikan kemungkinan kapan barang itu bisa sampai di tujuan. 

3. Meningkatkan Kepuasan Beserta Loyalitas dari Konsumen

Satu – satunya cara agar bisa menjaga bisnis Anda dapat berjalan ke dalam arah yang benar adalah dengan selalu memastikan bahwa konsumen Anda sudah benar-benar puas. Apalagi ditambah dengan persaingan bisnis yang lebih kompetitif maka loyalitas konsumen merupakan sesuatu yang sangat penting. Akurasi beserta transparansi yang akan ditawarkan oleh last mile delivery solution bisa memberikan dampak yang positif dan juga kepercayaan konsumen. 

4. Menghemat Waktu dan Uang

Secara keseluruhan fitur – fitur yang ada di dalam lastmiledeliveryakan mampu untuk meningkatkan efisiensi operasional dari segi biaya dan juga waktu. Optimasi yang dilakukan last mile delivery pada berbagai aspek bisa secara signifikan mengurangi penggunaan bahan bakar, biaya melakukan perawatan kendaraan dan untuk biaya pengeluaran yang lainnya. Penggunaan kendaraan beserta kinerja kurir akan jauh lebih produktif. Hasilnya adalah kepuasan akan semakin meningkat dan branding perusahaan akan mendapatkan hasil yang positif. 

Teknologi Digital Mampu Tekan Biaya Logistik

Biaya logistik di Indonesia masih terbilang sangat tinggi dan termasuk termahal di dunia dibandingkan dengan negara yang lainnya. Munculnya teknologi digital bisa memberikan peluang untuk mengatasi permasalahan dalam biaya logistik tersebut. Para pelaku logistik bisa memanfaatkan sejumlah teknologi digital untuk lebih mengefisienkan dalam pengiriman barang. Misalnya menggunakan route planner yang bisa mentransfer dimana posisi barang tersebut dan akan menuju kemana. 

Delivery & Route Optimization dari SimpliDOTS Mengoptimalkan Teknologi pada Last Mile Delivery

Seiring dengan berjalannya perkembangan teknologi digital yang ada pada setiap aktivitas logistik dapat memperkenalkan berbagai hal baru di masyarakat. Kecanggihan teknologi ini membuat pendistribusian logistik menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Lebih lanjut lagi aktivitas logistik dapat mudah dijangkau dan menjangkau seluruh daerah yang ada di Indonesia. Jika Anda merupakan seorang pengusaha, Software Delivery & Route Optimization dari Simplidots bisa melakukan lebih dari itu. Delivery & Route Optimization mengoptimalkan teknologi dalam bidang logistik.