tips sukses

Hubungan Pelanggan: 4 Kiat Sukses Meningkatkan Penjualan Produkmu

Pernahkah sahabat SimpliDOTS menyadari bahwa kunci kesuksesan dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan pelanggan. Dengan menjalin hubungan pelanggan baik dengan mereka merupakan adalah salah satu cara yang tepat dalam mempertahankan mereka menjadi pelanggan setia dan meningkatkan penjualan perusahaan.

Ketika perusahaan menerapkan strategi menjalin hubungan pelanggan ini, maka pelanggan akan merasa lebih nyaman dengan produk yang perusahaan jual, karena ada pihak yang bertanggung jawab terhadap produk yang mereka gunakan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk dapat memperoleh kepercayaan dari para pelanggan demi bisnis yang sahabat SimpliDOTS jalankan.

Baca juga: Mendistribusikan Produk Dengan Cara Konsinyasi, Begini Kiat Suksesnya

Apa Saja Manfaat Manajemen Hubungan Pelanggan?

Hubungan pelanggan yang positif dapat mendatangkan banyak manfaat bagi bisnismu, misalnya kamu akan mendapatkan lebih banyak prospek yang potensial dan tingkat retensi pelanggan yang lebih tinggi. Berikut beberapa manfaat utama yang akan diberikan hubungan pelanggan yang positif untuk bisnismu:

1. Peningkatan Retensi Pelanggan

Bagi bisnis yang mengelola hubungan pelanggan dengan lebih baik, ada kemungkinan mereka memiliki tingkat retensi pelanggan yang lebih tinggi karena mereka akan berhenti membeli dari suatu bisnis jika mereka memiliki customer experience yang buruk.

Pelanggan tahu kapan bisnismu berusaha dengan baik untuk memenuhi kebutuhan mereka dan bersedia mengabaikan kesalahan yang bisnismu buat selama bisnismu menunjukkan dedikasi untuk mendukung mereka. Hal ini penting untuk mengurangi kemungkinan pelanggan berhenti membeli dan, tentunya, penting untuk membangun hubungan pelangganmu! Hal ini juga dapat bermanfaat secara finansial, karena peningkatan tingkat retensi pelanggan yang kecil dapat meningkatkan revenue cukup tinggi.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Kalau kamu memiliki interaksi historis yang baik dengan pelangganmu, lebih sulit bagi pesaingmu untuk menarik mereka agar menjauh dari produk yang kamu jual. Loyalitas pelanggan sangat berharga untuk suatu bisnis karena pelanggan yang sudah ada akan lebih mau membeli dari bisnismu daripada calon pelanggan lain yang belum pernah membeli sama sekali.

Membangun hubungan pelanggan yang positif mendorong loyalitas pelanggan karena akan mendorong mereka untuk kembali ke bisnismu. Mungkin jika kamu hitung-hitung terkesan mahal, tapi imbalan yang kamu dapat dalam loyalitas pelanggan dapat menjadi alat untuk menghasilkan pendapatan yang konsisten dari waktu ke waktu.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Sulit bagi kita untuk mengetahui apakah pelanggan benar-benar senang dengan bisnismu atau tidak. Faktanya, banyak pelanggan yang tidak puas tidak kembali ke perusahaan untuk melakukan pembelian ulang. Memiliki hubungan pelanggan yang kuat dapat mencegah pelanggan ini stop membeli dari bisnismu.

4. Peningkatan Umpan Balik Pelanggan

Hubungan pelanggan yang positif akan memberi perusahaanmu lebih banyak insight tentang masalah pelanggan mereka karena pelanggan yang senang akan lebih terbuka untuk menyampaikan feedback yang konstruktif. Jika kamu terus memperbaiki approach-mu terhadap manajemen hubungan pelanggan, interaksimu akan lebih baik dengan mereka. Hal ini akan membangun kepercayaan mereka dari waktu ke waktu dan memengaruhi keputusan pembelian mereka sehingga mereka lebih sering membeli darimu.

Konsumen percaya bahwa customer experience baik dengan perusahaan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian mereka daripada iklan. Nah, mungkin iklan yang lucu dan memikat membuat suasana hati audiens targetmu senang, tetapi kepuasan pelanggan sebenarnya adalah hasil dari customer experience yang tak terlupakan.

Setiap perusahaan harus bertujuan untuk membangun hubungan pelanggan yang positif, tetapi mencapai ini bisa easier said than done loh, sahabat SimpliDOTS! Timmu harus berkomitmen untuk membangun hubungan pelanggan yang bertahan lama dan membuat bisnismu dapat dipercaya di mata mereka.

membangun hubungan pelanggan

Bagaimana Cara Meningkatkan Hubungan Pelanggan?

Berikut ini adalah 4 strategi yang dapat sahabat SimpliDOTS gunakan dalam membangun hubungan pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen akan bisnis yang sahabat SimpliDOTS jalankan:

1. Kenali Produk Dan Buat Terlihat Lebih Unggul

Pada umumnya setiap produk harus memiliki kelebihannya masing-masing. Hal inilah yang akan membuat pelanggan lebih tertarik dengan produk yang kita tawarkan. namun jika produk tersebut tidak memiliki keunggulan atau sama saja dengan yang ada di pasarana, maka temukan sesuatu yang dianggap luar biasa.

Baca juga: 5 Tips Jitu Yang Efektif Untuk Memasarkan Produk Baru

2. Lakukan Promosi Online

Untuk meningkatkan penjualan produk selain promosi offline, kita dapat melakukan promosi secara online. Kini pengguna internet di dunia yang semakin besar dan jumlah populasi pengguna sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram yang besar tentu akan dapat meningkatkan penjualan produk dan perluasan pasar

Baca juga: 9 Teknik Promosi Penjualan Untuk Strategi Bisnis Distribusi B2B Menggunakan Instagram

3. Buktikan Dengan Logika dan Data, Bukan Emosi

Pada umumnya pelanggan lebih percaya dengan produk yang dapat memberikan data dan fakta sehingga diterima oleh logika dan membuat konsumen semakin yakin akan kualitas produk tersebut.

4. Memberikan Jaminan Produk

Konsumen membutuhkan kepastian dan jaminan akan produk yang ia beli, bahwa produk yang dibeli, akan berfungsi seperti yang dijanjikan. Jika tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kita sebagai penjual punya kewajiban untuk menggantinya, apakah dengan produk yang lain, atau mengembalikan semua biaya yang sudah konsumen keluarkan.

Sumber :  https://distribusipemasaran.com/5-tips-amazing-untuk-meningkatkan-penjualan-melalui-hubungan-pelanggan/