general trade adalah solusi saluran distribusi

General Trade Adalah Saluran Distribusi Terbaik Yang Dapat Dioptimalkan Dengan Distribution Management System

Trade adalah suatu konsep atau istilah dalam ekonomi dasar yakni berupa kegiatan membeli atau menjual barang dan jasa. Kegiatan yang merupakan proses pembelian dan penjualan barang atau jasa ini dilakukan dengan pembeli membayarkan kompensasi pada penjual.

Dalam praktiknya, terdapat dua konsep trade di masyarakat, yakni general trade adalah atau apa yang disebut sebagai perdagangan tradisional (umum) dan ada juga modern trade yang kerja operasionalnya lebih terorganisir jika dibandingkan dengan general trade.

Apa itu General Trade?

Perdagangan tradisional atau general trade adalah suatu bisnis dengan skala kecil seperti toko atau warung-warung kecil yang dimiliki oleh perorangan dan biasanya menargetkan pelanggan atau konsumen yang membutuhkan barang untuk keperluan sehari-hari dalam jumlah yang kecil.

Masyarakat Indonesia umumnya akan memilih general trade sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan rumahan sehari-hari mereka seperti bahan makanan, dan kebutuhan untuk orang rumah lainnya dalam jumlah yang tidak banyak.

General trade adalah ritel dasar, bisnis ritel yang transaksi jual belinya masih tradisional, transaksi pada ritel ini biasanya akan ada proses tawar-menawar antara pedagang sebagai penjual dan pelanggan sebagai pembeli.

Keunggulan General Trade dalam Pasar

Transaksi tawar-menawar dalam general trade seperti telah disebutkan tadi sebenarnya merupakan suatu keunggulan bisnis ritel ini jika dilihat dari perkembangannya dan pengaruhnya pada kegiatan sosial ekonomi masyarakat Indonesia.

Pola hubungan ekonomi yang terjadi antara penjual dan pembeli itu pada akhirnya menghasilkan suatu interaksi sosial. Jalinan interaksi yang lebih akrab melibatkan pedagang dengan pembeli, pedagang dengan pedagang lain, dan pedagang dengan pemasok membuat general trade berkembang menjadi pusat kegiatan sosial ekonomi kerakyatan.

Baca Juga: General Trade vs Modern Trade: Pasarkan Produk dengan Efektif

Keuntungan dan Kekurangan General Trade Bagi Bisnis

Keuntungan Sebagai Produsen dan Distributor

General trade adalah suatu saluran distribusi yang dapat digunakan oleh produsen dan distributor sebagai pilihan terbaik untuk mengumpulkan pangsa pasar. 

Ini merupakan saluran yang tepat bagi bisnis yang menginginkan keterlibatan pelanggan dengan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Salah satu keuntungan lainnya adalah toko atau warung yang mengelola tidak mensyaratkan hal-hal rumit bagi produsen atau distributor yang ingin memasok produknya. Mereka akan selalu terbuka selama produk tersebut bukanlah produk yang melanggar hukum.

Selain itu kesepakatan mengenai harga jual dan kuantitas produk yang bisa disuplai juga bisa disepakati secara kekeluargaan. 

Kekurangan Sebagai Produsen dan Distributor

Meskipun memiliki jangkauan pasar yang cukup luas dan bisa mengumpulkan pangsa pasar bagi suatu merek produk, hal yang menjadi persyaratan dan cukup sulit untuk ditemukan pada bisnis ritel ini adalah jangkauan yang dapat dicapai oleh masing-masing ritel.

General trade adalah bisnis ritel yang belum sepenuhnya terorganisir dengan baik seperti yang bisa ditemukan pada modern trade, karena itu juga transparansi dalam general trade kurang baik yang sering kali menyebabkan perselisihan dan kecurangan.

Kemungkinan itu bisa kapan saja terjadi karena general trade pada umumnya tidak dilengkapi alat-alat berteknologi canggih untuk mengelola inventory mereka yang dapat menyebabkan ketidakakuratan data pada produk yang disuplai oleh produsen atau distributor.

Hal lain yang jadi kekurangan general trade bagi produsen dan distributor adalah mereka harus memberikan harga produk yang lebih rendah untuk general trade. Hal ini bisa dimaklumi karena pengelola general trade biasanya akan saling melakukan perang harga dengan kompetitornya.

Tingkatkan Kinerja Operasional Bisnis Ritel Anda Bersama SimpliDOTS

Jika Anda adalah seorang pelaku usaha yang sedang menjalankan bisnis ritel ada baiknya Anda mengalihkan setiap kerja operasional yang manual dengan mengubahnya menjadi otomatis untuk meningkatkan margin keuntungan bisnis ritel Anda.

Percayakan pengelolaan bisnis ritel Anda pada Distribution Management System dari SimpliDOTS yang dilengkapi fitur Retail untuk pengelolaan barang yang lebih sistematis dan terorganisir.

Sudah saatnya toko ritel Anda go digital dengan SimpliDOTS Retail yang bisa membuat order barang semakin mudah dengan harga yang akurat dan terjamin serta informasi promo yang lebih cepat dari supplier Anda.

Coba gratis sekarang dengan mengunjungi tautan ini dan follow juga akun instagram kami untuk tips bisnis dan informasi promosi lainnya.