Fleet management system

Fungsi Utama dari Fleet Management System Bagi Sebuah Perusahaan

Fleet management system atau sering disebut dengan manajemen armada memiliki peranan penting dan krusial pada industri manufaktur maupun konstruksi. Fleet management system akan sangat diperlukan dalam mengelola segala aktivitas dari kendaraan seperti; bus, truk, mobil, motor, pesawat terbang, alat berat dan kapal. Adanya fleet management system bisa menjaga kelancaran sebuah bisnis dalam perusahaan tersebut. 

Fleet Management System

Apa Itu Fleet Management System ?

Fleet management system adalah sebuah kegiatan dalam mengelola sebuah armada. Tujuannya yaitu agar lebih memaksimalkan efisiensi dari kendaraan tersebut, meningkatkan produktivitas, melakukan pemantauan waktu service, meningkatkan keselamatan kendaraan, dan mengemudi sampai konsumsi bahan bakar. Agar fleet management bisa bekerja lebih optimal, diperlukan suatu sistem untuk melakukan pemantauan dan kontrol kinerja dari kendaraan tersebut maupun pengemudi. 

Seluruh fungsi tersebut akan dikelola pada satu software fleet management system. Sistem ini akan berfungsi untuk meminimalisir risiko kecelakaan karena kondisi kendaraan akan selalu dalam keadaan baik sehingga, pemicu dari kecelakaan bisa terhindari dengan baik. Seorang fleet manager akan membantu melatih pengemudi agar mampu meningkatkan keselamatan, memahami peraturan yang berlaku, dan bisa bertanggung jawab dengan transportasi yang akan dikendarai. Beberapa kemampuan yang harus dimiliki olehfFleet manager yaitu; memiliki pengetahuan yang luas, mudah melakukan adaptasi, memahami perawatan armada, dan merancang strategi agar keselamatan pengemudi terjaga.

Fungsi Utama Fleet Management System 

Seperti yang sudah disampaikan di atas software fleet management dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dalam berbisnis. Penggunaan armada pada perusahaan dapat dilakukan pemantauan secara otomatis, tanpa harus menggunakan cara manual. Berikut ini adalah fungsi dari fleet management system

1.Bisa Melakukan Pemantauan Armada dengan Real – Time

Fleet management system ini mampu membantu manajer untuk melakukan pemantauan armada, baik secara jarak jauh atau dekat. Informasi yang akan didapatkan terkait dengan lokasi kendaraan dan pengemudi. Melihat tingkatan produktivitas karyawan, rute, performa armada berdasarkan tujuannya, sampai pemakainya. Sistem juga lebih memudahkan fleet manager jika nantinya terjadi keterlambatan pada pengiriman. Cara ini mampu meminimalisir kekecewaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan kepada operasi bisnis tersebut. 

2. Meningkatkan Keamanan Pengemudi dan Armada

Fungsi fleet management memang sengaja dirancang untuk dapat menunjang keamanan pengendara maupun staf perusahaan. Sistem berfungsi melakukan monitor kecepatan kendaraan, melihat perilaku driver, melacak rute driver pada saat berkendara sampai memastikan pengemudi tidak akan melanggar rambu lalu lintas. Sistem tersebut akan melaporkan kondisi secara otomatis sehingga, nantinya manajer atau perusahaan akan melakukan evaluasi perilaku dari pengemudi. Langkah yang satu ini akan sangat berguna untuk mendeteksi penyebab dari masalah. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya risiko kecelakaan yang dapat membahayakan para pengguna jalan. 

3. Melakukan Pemantauan Pemakaian Bahan Bakar

Pemakaian bahan bakar untuk kegiatan operasional jika tidak digunakan dengan dengan bijak akan menguras budget perusahaan dan berdampak pada kelancaran bisnis. Melalui fleet management system, bahan bakar akan lebih mudah untuk dikelola dengan melacak informasi biaya yang harus dikeluarkan. 

Hal ini juga bisa mencegah terjadinya human error atau pencurian stok bahan bakar. Melalui fleet management, sebuah perusahaan dapat menekan biaya pengeluaran seperti; biaya bahan bakar dan juga perawatan secara rutin. Sistem ini akan merinci dan mengurangi pengeluaran operasional yang diperlukan sehingga, operasi bisnis akan lebih efisien. 

4. Menjadi Petunjuk Jalan 

Software sudah dikembangkan dengan canggih, sehingga mampu memudahkan pengemudi untuk mencari rute perjalanan. Bukan hanya digunakan sebagai petunjuk saja tetapi, juga bisa mengarahkan driver dari salah jalur ke jalur yang benar.

Jalanan yang macet dapat menjadi permasalahan ketika proses pengiriman barang. Fitur route optimization akan mempersingkat jarak tempuh, menghemat bahan bakar, dan memudahkan para pengemudinya. Sistem fleet management system juga berfungsi untuk tahu posisi pengemudi bila berhenti atau tersesat. 

5. Mengontrol Perawatan Kendaraan Lebih Optimal

Perawatan kendaraan merupakan salah satu bagian yang penting untuk menjaga kualitas dan performa armada yang akan dikendarai. Sistem ini akan mengecek kualitas mesin dan memprediksi kapan harus dilakukan service. Secara otomatis, sistem tersebut akan menyalakan alarm sebagai tanda pengingat jika waktu maintenance sudah dekat. Ada pula pengingat kapan harus melakukan penggantian oli secara rutin. Bantuan yang berasal dari software tersebut, jelas akan lebih memudahkan perusahaan untuk menjaga kendaraan supaya jauh lebih awet dan memiliki umur panjang. 

6. Melakukan Penjadwalan dengan Real – Time 

Pekerjaan yang mengurusi pengiriman barang, ternyata sangat rumit dan juga berat. Selain itu, fleet management system juga mengatur proses pengiriman barang, salah satunya dengan cara penjadwalan. Seorang manajer akan lebih mudah untuk melakukan penguraian tugas karyawan berdasarkan jadwal. Perubahan jadwal yang sudah dilakukan lebih transparan dan karyawan secara langsung dapat melihatnya.

Itulah fungsi dari fleet management system bagi sebuah perusahaan. Jika Anda mempunyai kebutuhan pengelolaan kendaraan, carilah penyedia jasa yang mampu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga : Pentingnya Fleet Management System Untuk FMCG

Gunakan Aplikasi Delivery & Route Optimization dari SimpliDOTS sebagai Fleet Management System dari bisnismu!

Seperti di aplikasi Delivery & Route Optimization Simplidots yang mempunyai fitur live tracking dapat membantu manajer untuk melakukan pemantauan posisi beserta seluruh tujuan dari armada tersebut. Adanya Delivery & Route Optimization (RO) aspek – aspek penting yang menjadi fokus utama dari FCMG yaitu, ketepatan, keamanan, kecepatan, keamanan akan dioptimalkan. 

Pengoperasian kerja para driver yang melakukan pengantaran pesanan bisa dikelola dengan lebih baik mulai dari penjadwalan pengiriman, mengoptimalkan rute, sampai laporan pengantaran pesanan yang sudah terautomasi pada sistem yang canggih dan profesional. Simulasikan Fleet Management System dari bisnismu di sini yang akan dipandu oleh personal assistant.