route planner

Cara Memilih Software Manajemen Route Planner yang Paling Tepat untuk Melakukan Distribusi

Cara Memilih Software Manajemen Route Planner yang Paling Tepat untuk Melakukan Distribusi – Jika Anda mempunyai puluhan sampai ratusan pesanan yang harus segera didistribusikan dengan menggunakan batasan waktu dan juga kapasitas yang berbeda, ketika melakukannya secara manual bisa menimbulkan proses yang tidak efektif. Teknologi manajemen optimasi route planner sudah menjadi salah satu tools terbaik yang dipakai untuk meningkatkan efisiensi dan juga efektivitas biaya distribusi yang jauh lebih baik.

Rute terbaik tidak berarti hanya tentang menemukan rute terpendek atau waktu tercepat saja tetapi, manajemen optimasi rute akan mempertimbangkan banyak sekali variabel ketika Anda ingin efisien waktu pengantaran untuk beberapa jumlah pemberhentian. Variabel tersebut diantaranya yaitu ; waktu pengantaran, driver route planner, kapasitas kendaraan, jarak antara titik yang satu dan lainnya.

Hal tersebut nantinya akan membantu operator Anda untuk bisa merencanakan rute yang  bisa meminimalkan biaya pengiriman jarak tempuhnya. Kompleksitas tersebut membuat perusahaan khusus industri mencari sebuah perangkat untuk melakukan optimasi rute yang terbaik untuk digunakan armada mereka, baik itu yang berukuran kecil atau menengah supaya proses distribusi bisa berjalan dengan lebih baik dan lancar. 

Bagaimana Cara Memilih Perangkat Lunak untuk Manajemen Route Planner  ?

Perusahaan distribusi yang mempunyai armada kecil, menengah atau besar mempunyai kendala operasional dan juga anggaran masing – masing. Panduan tersebut dapat membantu Anda untuk memilih perangkat lunak route planneryang paling tepat untuk armada yang dimiliki dan akan memberikan pelayanan kebutuhan yang unik dari masing-masing pesanan yang masuk. Software manajemen rute yang kompeten mempunyai fitur antara lain sebagai berikut ini :

  1. Memproses Lebih Cepat Rute yang Lebih Optimal

Software manajemen rute yang paling tepat harus bisa memungkinkan perencanaan rute atau biasa disebut dengan dispatcher untuk lebih mengoptimalkan rute untuk beberapa kendaraan. Software manajemen rute yang terbaik memungkinkan Anda melakukan evaluasi terhadap beberapa rute yang akan dioptimalkan pada maps route planner yang sama secara bersamaan dengan menggunakan warna yang berbeda. 

Dengan helicopter view dari seluruh rute, perencanaan rute bisa dengan mudah untuk memberikan tugas kembali untuk beberapa pemberhentian ke kendaraan yang berbeda-beda agar dapat meningkatkan efisiensi. Software manajemen rute yang terbaik bisa mengoptimalkan rute hanya dalam hitungan detik. Hal tersebut bisa membantu armada kecil dan juga menengah untuk melakukan akomodasi pengiriman jauh lebih banyak lagi hanya dalam waktu satu hari. Cara ini juga akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perencanaan jadwal pengiriman. 

  1. Implementasi dan Support dari Tim yang Kompeten

Jika nantinya fitur yang digunakan sudah sesuai dengan harapan, maka tantangan yang berikutnya adalah melakukan implementasi perangkat lunak tersebut masuk ke dalam organisasi dan digunakan oleh seluruh anggota tim yang terkait. Sangat penting untuk memastikan bahwa penyedia perangkat lunak manajemen rute bisa memastikan bahwa system akan diimplementasikan secara baik oleh para anggota tim yang sudah kompeten dan didukung oleh anggota tim support yang nantinya akan memastikan bahwa system bisa dengan lebih mudah dan terarah untuk dipakai. 

  1. Analitik Route

Para operator dispatcher harus melakukan analisis kepatuhan rute dan juga perilaku para pengendara. Wawasan tersebut bisa membantu mereka dalam melakukan perbandingan rute pengiriman yang sudah direncanakan dan juga dijalankan. Software pengoptimalan rute yang sudah terintegrasi dengan analitik dapat membantu pelaku distribusi mengurangi tingkat penipuan, menyimpan segala dokumentasi secara digital, evaluasi, dan analisa sehingga nantinya proses distribusi akan semakin efisien. 

  1. Nilai Investasi Relatif Jauh Lebih Kecil

Nilai investasi terhadap software mempunyai peran penting terhadap pengambilan keputusan pada sebuah manajemen. Perusahaan harus membeli software manajemen rute yang bisa memenuhi kebutuhan mereka lebih maksimal tetapi dengan nilai investasi yang sudah dikeluarkan lebih minimal. Membayar hanya untuk fungsi yang mereka pakai untuk lebih meningkatkan profitabilitas bisnis mereka. Memilih software manajemen route plannerdengan menggunakan fitur yang sudah disebutkan di atas dapat membantu perusahaan baik dengan skala yang kecil, menengah maupun besar untuk bisa meningkatkan efisiensi dan juga efektivitas yang akan berdampak kepada service level yang dimiliki oleh masing-masing pelanggan.

  1. Visibilitas Bagi Para Driver Pada Mobile Phone yang Mereka Miliki

Saat ini smartphone sudah menjadi sesuatu yang penting dan wajib untuk dimiliki oleh setiap masyarakat tidak terkecuali bagi para driver yang bekerja pada industri FMCG. Software manajemen rute paling terbaik harus bisa menawarkan integrasi dengan menggunakan aplikasi yang dapat diakses pada perangkat smartphone driver untuk visibilitas agar lebih mudah untuk melihat rute harian, melakukan akses pada GPS dan melakukan proof of delivery ketika barang tersebut sudah berhasil diantar. 

Route Planner

Delivery & Route Optimization Merupakan Software Route Planner yang Dapat Menghemat Budget Logistik Anda Sebesar 30%

Delivery & Route Optimization dari SimpliDOTS memberikan solusi atas biaya distribusi yang semakin mahal.

  • Menjadikan biaya pada setiap proses distribusi lebih efektif
  • Meningkatkan kinerja sales
  • Mudah dalam membuat kebijakan bisnis dengan tepat karena terdapat fitur Business Intelegence

Ini saatnya distribusi Anda dikelola oleh Delivery & Route Optimization agar lebih mudah dan hemat biaya. Simulasikan bisnismu dengan Personal Assistant kami secara gratis di sini.