email-marketing-adalah

Cara Membuat Email Marketing Yang Meningkatkan Penjualan

Pengertian Email Marketing 

Email marketing merupakan salah satu dari banyak komponen strategi pemasaran. Cara kerjanya adalah dengan membuat email dijadikan untuk sumber informasi kepada pelanggan mengenai aktivitas perusahaan, penawaran terbatas waktu, pembaruan produk, dan hal lainnya.

Email marketing adalah saluran pemasaran yang kuat, suatu bentuk pemasaran langsung dalam marketing dunia digital, yang memanfaatkan fungsi email untuk mempromosikan produk atau bisnis seseorang. 

Email marketing juga dapat memainkan peran penting dalam strategi pemasaran dengan menghasilkan prospek, kesadaran merek, membangun hubungan, atau menjaga loyalitas  pelanggan agar tetap terlibat di antara pembelian.

Ketika dilakukan secara efektif, email adalah alat komunikasi yang kuat yang dapat membangun hubungan dengan pelanggan potensial dan meningkatkan upaya penjualan Anda.

Ini adalah salah satu cara paling efektif dan murah untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan Anda. Email marketing dapat membantu meningkatkan upaya komunikasi Anda, melibatkan pelanggan, dan mendukung upaya penjualan.

Jenis-jenis Email Marketing

Email marketing adalah suatu pemasaran yang dikemas dalam bentuk email yang tujuannya untuk memberi informasi pada pelanggan mengenai penawaran produk, promosi, penjualan, atau jika suatu perusahaan memiliki produk baru dan berniat menginformasikannya.

Banyak jenis email marketing yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipakai sebagai salah satu strategi marketing perusahaan Anda.

Dengan mengetahuinya secara singkat akan memudahkan Anda dalam menentukan jenis email marketing mana yang bisa digunakan dan perusahaan Anda butuhkan.

Ada berbagai jenis pemasaran email  yang perlu Anda ketahui. Mengetahui jenis pemasaran email memudahkan untuk membuat berbagai jenis konten yang Anda butuhkan. 

cara-membuat-email-marketing-yang-efektif
  • Email Newsletter merupakan jenis email marketing yang bisa digunakan untuk memberi tahu pelanggan mengenai promosi, edukasi produk, penawaran terbaru, dan informasi mengenai produk terbaru yang perusahaan luncurkan. 
  • Video Email, berkembangnya teknologi membuat jenis gambar bergerak atau motion maupun video banyak digemari sehingga bisa menjadi bahan dalam email marketing yang bisa membuat pelanggan tertarik.
  • Survei dan Undangan, jenis email marketing ini adalah suatu cara dari perusahaan untuk menggapai pelanggannya dengan cara mengirim kolom yang harus diisi oleh pelanggan atau menghadiri acara.
  • Email transaksi merupakan email berbentuk informasi atau notifikasi dari suatu proses transaksi ketika mereka menjalankan pembelian menggunakan website atau aplikasi yang diluncurkan oleh perusahaan pengirim email.  
  • Digest Email, merupakan jenis pemasaran email yang berisi beberapa link dari produk yang dimiliki di internet dan artikel website.
  • Katalog, bisa digolongkan ke dalam email marketing karena berisi deskripsi singkat mengenai suatu produk yang disertai harga. Kemasannya berupa gambar produk yang dibuat katalog dan tidak boros kata.  
  • Press Release, sesuai dengan namanya press release adalah bahan berupa informasi mengenai suatu kegiatan atau produk yang biasanya berbentuk berita untuk keperluan media. Isinya umum berupa informasi mengenai pencapaian atau hal baru yang dapat dijadikan sebagai bahan berita bagi media.

Manfaat Email Marketing

Email merupakan bagian penting yang harus tetap dijalankan oleh perusahaan agar relasi antara mereka tetap terjaga. Dengan memaksimalkan strategi marketing menggunakan email perusahaan dapat bertumbuh dan pendapatan akan terus bertambah.

Berikut ini adalah 3 manfaat utama dari email marketing yang dapat dicapai dan dirasakan oleh suatu perusahaan:

  1. Konversi Peluang Penjualan

Capaian utama yang dapat dilakukan oleh email marketing adalah meningkatkan konversi peluang penjualan. Dengan meningkatnya hal tersebut perusahaan akan secara otomatis dapat meningkatkan penjualannya.

Baik itu email yang berupa penjualan maupun promosi keduanya sudah terbukti dapat meningkatkan konversi peluang penjualan ketika suatu perusahaan mengirimi kampanye email marketing.

Strategi pemasaran email marketing lain yang harus Anda ketahui karena dapat meningkatkan konversi peluang penjualan antara lain:

Mengirim email diskon atau penawaran khusus (biasanya penawaran khusus ulang tahun atau hari besar, email selamat datang, dan lainnya)

Email tentang transaksi yang tertinggal dapat pula memicu ulang transaksi hingga berubah menjadi penjualan, mungkin hal itu juga perlu Anda pertimbangkan.

  1. Kesadaran Merek Hal yang Tinggi

Dengan menggunakan email marketing Anda dapat langsung menjangkau seseorang. Ini adalah komunikasi langsung secara personal yang baik. Email adalah tempat yang jarang dimasuki orang untuk berkirim surat. Ini adalah area yang harus Anda pikirkan secara cermat agar merek Anda bisa masuk. 

Penting untuk Anda terus memantau merek Anda setiap kali melihatnya di kotak masuk email orang lain. Email marketing yang dipersonalisasi biasanya akan lebih berdampak daripada posting media sosial karena Anda bisa memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan akan dibaca oleh pelanggan Anda.

Keuntungan utama yang bisa didapatkan dari email marketing adalah skalabilitasnya. Maksudnya adalah dengan biaya yang relatif rendah Anda bisa menjangkau penerima dalam jumlah yang besar jika dibandingkan dengan saluran marketing lainnya. 

  1. Loyalitas Pelanggan 

Email marketing akan mendorong dan lebih meningkatkan loyalitas pelanggan atau pembeli terhadap perusahaan Anda.

Email marekting merupakan alat pembangun komunitas yang kuat. Anda bisa menjaga hubungan dengan pelanggan lama dan memulai relasi baru dengan prospek Anda.

Jika tim Anda memiliki keahlian untuk membuat buletin yang berisi konten yang ditunggu oleh pelanggan, Anda bisa memaksimalkan hal itu. Dengan konten mingguan yang akan selalu ditunggu jelas akan menjaga loyalitas pelanggan terhadap merek Anda.  

Baca Juga: Intip Strategi Marketing Campaign FMCG Perusahaan Global

Cara Membuat Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan

Strategi email marketing yang efektif penting untuk dipikirkan karena hal itu akan menentukan keberhasilan kampanye email marketing Anda pada pelanggan. Dengan memiliki strategi yang efektif dan jelas Anda bisa menentukan ke arah mana pemasaran yang akan Anda tuju.

Lantas bagaimana Anda dapat memulai merencanakan strategi email marketing yang efektif dan jelas yang tentunya akan berdampak positif pada penjualan Anda?

Berikut ini adalah beberapa tahapan penting yang harus Anda lakukan ketika membuat strategi email marketing yang sukses:

  1. Menentukan Tujuan Utama

Hal pertama yang penting untuk Anda pikirkan adalah menentukan tujuan atau apa yang ingin Anda raih ketika mulai aktif mengirim email marketing pada pelanggan Anda.

Putuskan sedari awal hal apa yang ingin Anda capai pada akhir periode kampanye email marketing Anda.

Tujuan atau sasaran email marketing yang umum ditetapkan biasanya berhubungan dengan peningkatan kesadaran merek, meningkatkan konversi penjualan, penambahan pelanggan baru, meningkatkan traffic web, atau meningkatkan loyalitas pelanggan.

Dengan menetapkan tujuan atau sasaran yang ingin Anda raih dapat membantu Anda untuk terus fokus pada berbagai tahapan kampanye email marketing Anda.

cara-membuat-email-marketing
  1.  Buat Segmentasi Pada Daftar Email Anda

Hal paling penting yang harus dipunyai oleh perusahaan sebelum memulai kampanye email marketing adalah tentu dengan memiliki daftar email yang bisa dikirimi pesan. Buat lebih dulu daftar email yang akan Anda kirim lalu buat segmentasi dari itu.

Buatlah segmentasi daftar email Anda berdasar pada parameter yang menurut Anda relevan untuk mencapai tujuan akhir Anda. 

Dengan membuat segmentasi pada daftar email akan sangat membantu untuk membuat strategi email marketing Anda lebih terorganisir dan efektif.

Beberapa parameter yang dapat dijadikan rujukan untuk membuat segmentasi daftar email adalah demografi dari jenis kelamin, lokasi, usia atau bahkan jabatan penerima, frekuensi pembelian, aktivitas pengguna dalam keterlibatan, dan hal lain yang bisa Anda pertimbangkan sendiri.

Anda juga dapat menyesuaikan cara berkomunikasi dengan segmentasi email tertentu. Segmentasi juga memungkinkan Anda menyesuaikan personalisasi email marketing Anda dan itu merupakan pilihan yang baik dibanding dengan mengirim email biasa.

Segmentasi juga merupakan salah satu faktor yang mendorong kesuksesan email marketing suatu perusahaan. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami siapa pelanggan Anda dan bagaimana cara terbaik untuk menjangkau mereka.

  1. Bersihkan Daftar Email Anda 

Masalah terbesar dari suatu strategi pemasaran dan saluran yang akan digunakan untuk melakukan pemasaran adalah daftar pelanggan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pembersihan dalam hal ini terus memperbarui daftar email pelanggan Anda.

Perbarui semua informasi pelanggan secara berkala dan teratur lalu hapus atau bersihkan email-email yang sudah tidak aktif atau tidak lagi berlangganan dalam daftar email Anda.

Dengan mengurangi jumlah daftar email Anda bukan berarti itu adalah hal yang buruk, justru sebaliknya hal itu akan lebih mengefektifkan sasaran dan tujuan Anda dalam melaksanakan kampanye marketing Anda.

  1. Maksimalkan Subjek dalam Email

Subjek adalah apa yang akan tertera dalam kotak masuk penerima atau muncul dalam notifikasi ponsel pelanggan Anda. Apa-apa yang tertera dan dapat menjadi pancingan agar pelanggan Anda membaca pesan harus dimaksimalkan dengan baik.

Subjek email penting untuk dimaksimalkan kegunaannya karena subjek dapat menjadi hal yang menentukan apakah pelanggan Anda akan membuka email atau tidak. Langkah pertama sebelum pelanggan memutuskan melakukan aktivitas lain yang lebih lanjut.

Sangat penting untuk Anda membuat subjek email yang menarik karena hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat kesuksesan email marketing Anda. Subjek yang menarik dapat membantu meningkatkan rasa ingin tahu penerima dan menarik perhatian mereka. 

Tidak ada rumus pasti yang bisa Anda contoh untuk membuat subjek email marketing yang menarik, hal yang bisa Anda pertimbangkan adalah untuk membuat subjek Anda tetap singkat dan buatlah pelanggan ingin terlibat.

Anda mungkin berpikir untuk menggunakan kata-kata promosi yang mengundang seperti “gratis” atau menghasilkan uang”, namun hati-hatilah dengan folder spam di dalam email. 

Buatlah subjek yang bagus yang bisa membuat pelanggan tertarik dan ingin terlibat dengan informasi dalam email marketing Anda. Dengan begitu, Anda dapat membawa strategi marketing Anda pada tahap yang selanjutnya.  

  1. Temukan Nada (tone) dan Waktu yang Tepat 

Anda perlu terus berpikir untuk membuat konten Anda memiliki kualitas yang tinggi untuk para pelanggan Anda. Karena bagaimanapun subjek email yang menarik hanya selesai pada peningkatan konversi keterbukaan email bukan aktivitas lain.

Nada dalam hal ini berarti suara yang harus Anda pertahankan atau irama email marketing yang dapat membantu Anda untuk tetap membuat pelanggan bertahan, dan hal itu jelas berhubungan dengan konten yang memiliki kualitas tinggi.

Konten berkualitas akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan Anda seharusnya lebih paham apa yang bisa dihasilkan dari para pelanggan yang loyal terhadap merek Anda.

Selain konten email marketing yang harus berkualitas, Anda juga harus mempertimbangkan waktu mengirimnya, pilih waktu terbaik yang dapat membuat pesan Anda sampai pada penerima.

Belum ada atau mungkin malah tidak akan ada waktu optimal yang umum dalam mengirimkan email marketing karena tergantung pada sasaran dan waktu luang yang dimiliki para pelanggan Anda. 

Tidak ada jawaban yang pasti dengan waktu yang tepat namun Anda bisa memilih dan mencoba waktu-waktu yang relevan atau dianggap akan memperoleh keterbukaan lebih banyak oleh para pelanggan Anda.

  1. Gunakan Desain yang Menarik

Desain email marketing adalah apa yang akan dilihat oleh para penerima email Anda secara visual. Dengan desain yang menarik atau memanjakan mata para penerima tentu akan membantu pesan yang ingin Anda sampaikan.

Desain email yang bagus dapat sangat membantu meningkatkan konversi. Ini sering diremehkan, tetapi merupakan faktor kunci dalam strategi email marketing yang sukses. 

Desain yang dimaksimalkan akan membantu membuat meningkatkan konversi penjualan Anda juga menjadi lebih optimal. 

Anda tentu memiliki tim desain yang dapat membuat email marketing Anda lebih terlihat profesional di samping informasi yang akan Anda sampaikan dapat terkirim dengan baik.

  1. Uji dengan A / B Email Test 

A/B testing atau strategi percobaan A dan B sebenarnya merupakan teknik yang bisa digunakan untuk apapun dengan tujuan menilai hasil dari percobaan yang dilakukan dengan sampel A dan membandingkannya dengan sampel B.

Teknik tersebut juga bisa dan telah lama diterapkan dalam melaksanakan kampanye email marketing. A/B email test merupakan pengujian yang dapat memberikan gambaran berharga yang dapat membantu Anda dalam menentukan strategi marketing mana yang paling baik.

Untuk melakukan pengujian email marketing Anda dapat memilih atau membedakan sampel email dari beberapa aspek seperti yang telah disebutkan di atas. Bisa dimulai dari subjek, tone dan waktu, atau bahkan desain email marketing Anda.

Ujilah berbagai komponen sehingga Anda bisa menyimpulkan bahwa komponen-komponen yang menghasilkan lebih banyak konversi peluang adalah komponen penunjang terbaik untuk email marketing Anda.

Untuk pengujian A/B Anda perlu menyiapkan beberapa template email sebelum mengirim. Uji berbagai versi subjek email, desain, dan konten. Pengujian A/B dapat membantu Anda  mengetahui template email mana yang paling cocok untuk Anda.  

Setelah  mengirim email, perlu beberapa waktu untuk memahami bagaimana reaksi pengguna terhadapnya. Lacak dan analisis rasio terbuka, rasio klik-tayang, dan rasio pentalan. 

Menguji dan menganalisis hasil  adalah satu-satunya cara Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran email Anda. 

Kesimpulan

Email marketing merupakan saluran strategi marketing yang murah dan dapat dimaksimalkan untuk menjangkau banyak orang.

Namun, tidak cukup dengan menggunakan email marketing kesuksesan bisnis juga ditentukan oleh proses distribusi barang atau jasa. Untuk mempermudah pengelolaan distribusi barang, Anda dapat menggunakan Aplikasi SimpliDOTS.

SimpliDOTS Distribution Management Software adalah solusi distribusi barang yang modern, real time, dan berbasis teknologi Cloud. SimpliDOTS hadir dengan fitur-fitur lengkap seperti Sales Force Automation, Distribution Management System, Delivery and Route GPS, FMCG management, retail order solution, dan masih banyak lagi. 

Ribuan klien dan distributor di seluruh Indonesia telah membuktikan kecanggihan fiturnya. Tidak butuh instalasi, memantau distribusi barang semudah sekali sentuhan jari, lewat smartphone atau desktop. 

Berikut beberapa keunggulannya: 

  • Memudahkan sales untuk taking orders lewat smartphone.
  • Menciptakan rute paling efisien dengan Route Management. 
  • Mengelola persediaan dan gudang secara rapi dan sistematis. 
  • Analisis dan dashboard yang mudah dipahami.
  • Dapat memantau posisi sales di lapangan. 
  • dan banyak lagi fitur menarik lainnya. 

Yuk, buktikan sendiri efektivitas fitur SimpliDOTS Distribution Management Software untuk bisnis Anda! Silakan mulai dengan layanan demo yang disediakan dengan cara klik tautan ini

Jangan lupa ikuti terus artikel-artikel informatif SimpliDOTS selanjutnya, di laman Blog SimpliDOTS atau follow akun Instagram @simplidots