Distribusi barang dari gudang yang lebih hemat biaya distribusi

Cara Pintar Distribusi Barang dari Inventory Management Hemat Biaya 2 Kali Lipat

Cara Pintar Mengelola Distribusi Barang Dari Inventory Management dengan Distribution Management System

Terdapat beberapa keuntungan yang akan didapatkan perusahaan ketika menggunakan Warehouse Management System sebagai cara mengelola distribusi barang dari gudang, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1: Ruang yang Dioptimalkan dan Biaya Operasi yang Lebih Rendah

Sistem manajemen inventaris mengoptimalkan aliran barang dengan menganalisis penggunaan ruang lantai terbaik berdasarkan tugas dan karakteristik material. 

Dalam implementasi WMS, analisis penggunaan ruang dan denah digunakan untuk menentukan bagaimana ruang sebaiknya digunakan dan memberikan peluang untuk mengurangi pemborosan – pemborosan ruang lantai premium dan pemborosan waktu untuk menemukan produk. 

Hal ini juga akan mengurangi potensi biaya akibat perpindahan material yang berlebihan, penempatan yang memakan waktu, dan pengambilan. 

Dengan mempertimbangkan lokasi terbaik untuk menyimpan produk, serta bahan atau peralatan, inventory management dapat menurunkan biaya operasionalnya.

 2: Visibilitas Inventaris

Menggunakan distirbution management system sebagai cara pintar distribusi barang dari inventory management juga akan memberikan visibilitas tingkat persediaan yang akurat dan real-time. 

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memperkirakan pasokan dengan lebih aman dan menghindari pemesanan ulang, yang mengarah ke pelanggan yang lebih puas.

Sistem manajemen inventaris bekerja bersama dengan ERP perusahaan dan fungsi perencanaan untuk menyediakan permintaan untuk fungsi peramalan dengan berbagi informasi yang tepat tentang kinerja produk tertentu. 

3. Meminimalisir Anggaran untuk Gaji dan Meningkatkan Efisiensi Kinerja Karyawan

Tenaga kerja sering kali merupakan salah satu biaya tertinggi dari operasi gudang. Dengan adanya penerapan sistem manajemen inventaris yang otomatis, maka akan membantu perusahaan untuk meminimalisir anggaran yang harus mereka keluarkan untuk menggaji karyawan, khususnya karyawan yang bekerja di bagian pergudangan.

Optimalisasi waktu perjalanan di dalam gudang adalah salah satu manfaat terbesar yang dapat diberikan Distribution Management System untuk meningkatkan kinerja tenaga pergudangan. 

DMS dapat memfokuskan tenaga kerja pada aktivitas berdampak tertinggi sambil menemukan pekerja yang paling cocok untuk melakukan tugas tertentu. 

Pemindaian dengan teknologi meningkatkan akurasi pengambilan, mengurangi kesalahan pengambilan, sehingga memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Efisiensi tenaga kerja, efisiensi peralatan, dan efisiensi ruang dioptimalkan dengan DMS

Baca Juga: Fleet Management : Pengertian, Kegunaan, Dan Aplikasinya

alat-alat-yang-mendukung-kegiatan-distribusi-barang-dari-gudang

4. Mengurangi Pengeluaran untuk Membeli Peralatan

Sistem inventory management yang dilakukan secara terkomputerisasi pada dasarnya hanya menggunakan perangkat komputer atau laptop saja, bahkan Distribution Management System (DMS) dari SimpliDOTS menggunakan sistem cloud-based (tidak butuh instalasi) dan bisa diakses lewat smartphone.

Hal ini tentu akan memudahkan perusahaan dalam mengolah berbagai data yang berhubungan dengan stok barang yang ada di dalam gudang. Pada akhirnya, hal tersebut akan mengurangi perusahaan dalam hal ketergantungan pada pemakaian alat yang masih manual.

Sehingga, perusahaan tidak harus mengeluarkan banyak dana untuk pembelian dan juga pemeliharaan alat yang kurang mampu membantu sistem tersebut.

5. Meningkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

Sistem manajemen inventaris yang terkomputerisasi akan mampu merampingkan setiap proses pemesanan sampai pengiriman barang.

Distribusi barang dari gudang jadi lebih cepat karena semuanya sudah dilakukan secara elektronik, bahkan Distribution Management System dari SimpliDOTS bisa diakses melalui smartphone. 

Opsi efisiensi pengambilan ini mempersingkat waktu siklus pesanan pelanggan dan dengan demikian meningkatkan hubungan pelanggan. 

Segera Gunakan Distribution Management Systemn untuk Distribusi Barang dari inventory management yang Lebih Cerdas dan Hemat Biaya

SimpliDOTS Distribution Management System (DMS) memiliki fitur lengkap yang akan membawa layanan distribusi Anda ke tingkat yang lebih tinggi termasuk di dalamnya terdapat fitur Warehouse Management System (WMS)

Seperti telah dijelaskan tadi DMS mampu mengoptimalkan dan mempersingkat setiap proses dalam gudang hingga pengiriman yang akan meningkatkan kelancaran Supply Chain Management (SCM) terutama distribusi barang dari inventory management Anda.

Coba gratis sekarang lewat tautan ini, dan ikuti media sosial kami di sini.