https://simplidots.com/wp-content/uploads/tips-bisnis-agar-umkm-cepat-melesat

Menuju UMKM Digital 2022: Yuk Ketahui 8 Tips Bisnis Agar Bisa Berkembang Pesat dengan Cepat

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM merupakan suatu bisnis yang dijalankan baik oleh perorangan, rumah tangga, kelompok atau badan usaha kecil. 

Berikut ini tips bisnis agar UMKM Anda berkembang pesat.

Di Indonesia sendiri UMKM menjadi sektor yang dapat disebut sebagai pondasi perekonomian masyarakat. Dengan UMKM kemampuan berkembang pada masyarakat khususnya dalam sektor ekonomi dapat terjaga.

Dengan adanya rencana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang akan ditopang oleh digitalisasi UMKM pada 2022, para pelaku UMKM diharapkan bisa lebih berkembang lagi dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Tips Bisnis Agar UMKM Berkembang Pesat

Berikut ini beberapa tips bisnis agar UMKM bisa berkembang dengan cepat:

  1. Peningkatan dalam Hal Mutu Layanan

Dalam mengembangkan bisnis UMKM hal pertama yang sangat penting untuk terus ditingkatkan adalah dalam hal mutu pelayanannya.

Dengan pelayanan yang baik tentu kesan bagus pada konsumen tentu akan tercipta, ini juga sama pentingnya untuk dilakukan selain berfokus pada kualitas produk yang dijual.

Selain menjaga loyalitas para pelanggan lama, mutu pelayanan yang baik juga akan mendatangkan banyak pelanggan baru sebagai konsumen produk UMKM Anda.

Oleh karena itu agar cepat berkembang dan meningkatkan pelayanan pelanggan Anda harus terbuka untuk selalu bisa menerima saran dari pelanggan yang akan membuat UMKM Anda lebih maju.

  1. Menentukan Lokasi Usaha yang Tepat

Pemilihan lokasi juga merupakan salah satu tips bisnis  agar UMKM bisa berkembang pesat. Karena dengan pemilihan lokasi yang tepat sesuai target market akan memperbesar peluang terjadinya transaksi.

Dari berbagai transaksi yang terjadi itulah UMKM Anda bisa hidup dan berkembang di kemudian hari.

  1. Menjaga Kualitas Produk

Penting untuk menjual produk yang memang dibutuhkan dan memiliki permintaan yang besar di kalangan konsumen. Produk UMKM yang Anda buat juga harus memiliki kualitas yang sebanding agar bisa bersaing di pasaran.

Selain mutu produk, menggunakan nama yang kreatif dengan mengikuti atau memahami tren tertentu juga akan menarik perhatian pembeli. Oleh karena itu kreatiflah dalam memilih dan menggunakan design yang menarik untuk produk Anda.

tips bisnis agar umkm cepat melesat dengan media sosial
  1. Berpartisipasi dalam Acara-acara Perayaan

Dengan berpartisipasi pada acara-acara perayaan seperti bazar atau festival akan semakin membuat produk Anda dikenal di masyarakat.

Sebagai pelaku UMKM mengikuti acara-acara seperti itu tentu akan menguntungkan karena selain dapat memperkenalkan produknya langsung pada konsumen mereka juga bisa memperluas pangsa pasar.

Dengan tips bisnis ini produk Anda akan dikenal oleh masyarakat secara luas. Pilihlah pameran atau festival yang cocok dengan produk Anda.

  1. Memaksimalkan Promosi dengan Media Sosial

Media sosial kini telah menjadi saluran pemasaran yang sangat efektif untuk pelaku bisnis UMKM. Hal ini tidak terlepas dari berkembangnya media sosial sehingga telah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari seseorang.

Jangkauan media sosial yang luas dan cepat juga menjadi keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM sebagai media promosi dan tips bisnis mereka.

Sudah saatnya Anda mulai melirik pemasaran dengan menggunakan media sosial. Anda bisa menggunakan berbagai media sosial sebagai cara mengembangkan UMKM yang bisa anda coba untuk meraih kesuksesan dalam usaha Anda..

Baca Juga: Strategi Marketing: Tujuan dan Jenisnya

  1. Menjaga Konsistensi Usaha

Tips bisnis UMKM yang selanjutnya adalah usaha Anda harus berjalan konsisten. Konsistensi dalam menjalankan usaha memiliki kesulitan tersendiri karena berbagai hambatan dalam prosesnya.

Namun jika Anda berhasil mengatasi permasalahan yang menghambat kemajuan bisnis Anda ini akan membuat bisnis Anda semakin berkembang dan berjalan lebih dekat menuju kesuksesan.

  1. Memperluas Jaringan Relasi Bisnis

Dalam menjalankan usaha apapun relasi menjadi faktor penting yang tidak bisa Anda abaikan, hal ini juga berlaku bagi Anda yang menjalankan bisnis UMKM.

Dengan memperluas jaringan relasi Anda, bisnis akan memiliki beberapa faktor pendukung lain yang terpercaya dan ini akan membuat bisnis Anda berkembang.

tips bisnis agar umkm cepat melesat dengan memperluas relasi bisnis
  1. Memaksimalkan Penjualan di E-Commerce

Melejitnya transaksi online di masyarakat disebabkan karena telah banyaknya e-commerce yang berkembang di Indonesia. Sebagai pelaku UMKM ini menjadi peluang yang cukup menjanjikan.

Anda bisa memasang atau menawarkan produk dan jasa di e-commerce agar bisa lebih banyak menjangkau pelanggan. Dan tips bisnis untuk ini adalah dengan memanfaatkan banyak e-commerce untuk memasang produk UMKM yang Anda jual.

Digitalisasi Bisnis dengan Sales Automation Platform Untuk Meraup Pasar yang Lebih Luas

Untuk bisa bersaing di dalam pasar digital yang akan semakin meluas pada tahun 2022 ini sebagai pelaku UMKM Anda jangan hanya bergantung pada e-commerce dan media sosial sebagai cara untuk menjalankan UMKM Anda.

Gunakanlah aplikasi yang dapat membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih baik dan efektif. Aplikasi Sales Automation Platform dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis terutama distributor dan UMKM grosir agar bisa berkembang dengan pesat.

Aplikasi Sales Automation Platform SimpliDOTS dapat membuat UMKM lebih produktif. Sebab, berbagai fitur di dalamnya sangat cocok diterapkan untuk monitoring kinerja salesman lapangan, mengelola pesanan dan penjualan, serta membuat pengelolaan bisnis menjadi lebih baik dan efektif.

Yuk, coba GRATIS selama 14 hari aplikasi Sales Automation Platform SimpliDOTS hari ini! Silakan daftar melalui tautan ini