Menentukan kompetitor bisnis

7 Langkah Analisis Kompetitor Bisnis Agar Cepat Melesat

Dengan memantau aktivitas pesaing Anda, Anda dapat mengantisipasi perubahan pasar, menemukan tren baru dan taktik sukses, dan tetap selangkah lebih maju dari apa yang berhasil dilakukan oleh para pesaing Anda. 

Dalam melakukan analisis kompetitor bisnis tidak cukup hanya dengan memeriksa akun media sosial pesaing dan berlangganan ke daftar emailnya. 

Anda membutuhkan strategi untuk mendukung upaya perusahaan untuk terus memantau pesaing bisnis Anda secara efektif dan berkelanjutan dan memperbarui pandangan Anda tentang lingkungan persaingan yang berubah. 

Lakukanlah analisis kompetitor bisnis yang cepat dan tepat karena akan membantu mempermudah bisnis And dalam menentukan kebijakan bisnis yang bagus, Jika Anda tidak tahu apa itu dan bagaimana melakukannya, Anda sedang berada di jalan yang tepat.

Artikel kali ini akan menjelaskan 7 langkah cepat untuk melakukan analisis kompetitor bisnis yang dapat digunakan dalam bisnis apa pun.

Di bawah adalah alat untuk membantu Anda meneliti pesaing Anda dan memahami apa yang harus dicari.

Apa Itu Analisis Kompetitor Bisnis?

Hampir di setiap pasar, setidaknya ada dua atau tiga perusahaan yang menawarkan jasa atau produk yang sama satu dengan lainnya untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Dalam bisnis-bisnis yang telah dimonopoli juga sebenarnya akan selalu ada kompetitor yang telah lama bersaing untuk memasarkan produk pada target pasar mereka yang sama atau saling bersinggungan.

Perusahaan-perusahaan yang bergerak pada produk yang serupa bekerja untuk meyakinkan target pasar mereka bersama Anda. Dan karena itulah perusahaan Anda akan bersaing untuk bisa membuat pelanggan tidak membeli produk dari mereka. 

Penting untuk mengetahui sebanyak mungkin bahkan sedetail mungkin mengenai siapa atau perusahaan seperti apa yang akan menjadi kompetitor bisnis yang akan Anda jalankan dari sinilah analisis kompetitor masuk. 

Analisis Kompetitor adalah survei yang bertujuan untuk mengumpulkan data tentang bisnis pesaing. Mereka mengamati dengan cermat apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka melakukannya, bagaimana cara kerjanya bagi mereka, dan seberapa besar ancamannya bagi bisnis Anda. 

Pikirkan seperti ini. Ketika sebuah tim sepak bola bersiap untuk bermain melawan salah satu rival terbesarnya, tidak jarang  pelatih mempelajari catatan tim lain yang memainkan permainan tersebut. Mereka mempelajari permainan dan taktik mereka dan merencanakan terlebih dahulu cara terbaik untuk memenangkan kompetisi. 

Analisis pesaing sangat mirip dengan teknik ini. Periksa status pesaing Anda untuk mempersiapkan tim Anda dengan sebaik-baiknya. 

Mengapa Melakukan Analisis Kompetitor Bisnis Penting?

Analisis menyeluruh memberikan wawasan yang diperlukan untuk menilai ancaman terhadap kesejahteraan finansial. Ada beberapa industri yang sangat kompetitif di luar sana, seperti makanan dan hiburan. 

Saat pasar sangat kompetitif, penting untuk tetap mengetahui apa yang terjadi di sekitar bisnis atau industri Anda. Ini juga akan membantu Anda menilai bisnis Anda sendiri, apakah kebijakan bisnis yang telah ditetapkan berjalan dengan tepat.

Dengan membandingkan upaya Anda dengan pesaing, Anda dapat mengidentifikasi apa yang Anda lakukan dengan baik dan mengetahui bagian mana yang kurang atau menjadi celah sehingga mesti dibenahi.. 

Bagaimana bisnis atau produk yang Anda buat unik dari pesaing Anda? Bagaimana Anda bisa memanfaatkan setiap peluang dengan lebih baik? 

Ada banyak hal untuk dianalisis, mulai dari strategi pemasaran  hingga pengalaman pengguna di situs web Anda. Banyak yang harus mulai Anda tinjau dan analisis. 

langkah-tepar-melakukan-analisis-kompetitor-bisnis

Apa Saja yang Harus Ditentukan dalam Melakukan Analisis Kompetitor Bisnis

Anda tidak perlu memasukan semua kriteria atau bagian yang berbeda dengan bisnis Anda. Dengan melakukan itu kerja untuk menganalisis kompetitor bisnis akan terlihat berlebihan dan jadi sia-sia karena hasil yang didapat tidak akan spesifik.

Indikator terbaik dalam melakukan analisis pesaing adalah dengan menempatkan suatu ukuran yang dapat dijadikan patokan untuk membuat bisnis Anda menonjol di antara para pesaing.

Berikut ini merupakan faktor-faktor kunci yang harus Anda tentukan yang dapat dijadikan patokan dalam melakukan analisis kompetitor bisnis Anda.

Siapa Target Audiens Anda?

Dalam melakukan analisis kompetitor bisnis hal pertama yang harus ditentukan dan merupakan faktor kunci adalah dengan menentukan target audiens Anda. Biasanya audiens yang Anda targetkan akan sama dengan para kompetitor Anda.

Faktor itu jugalah yang membuat mereka menjadi pesaing bisnis Anda. Kondisi yang sering terjadi adalah ketika Anda atau pesaing telah memiliki audiens tetap dan mulai melirik audiens kompetitor untuk menambah pendapatan.

Penting juga untuk ditinjau apakah pesaing Anda dapat mengancam audiens yang telah Anda miliki dan pasar yang Anda ceruk berpotensi juga untuk diambil oleh mereka. Mulailah dengan hal itu untuk menganalisis para pesaing Anda.

Ketika Anda melihat ini, Anda dapat membuka grup target baru yang dapat Anda tangani secara khusus. Atau Anda mungkin menemukan bahwa kolam yang lebih besar sebenarnya penuh dengan petunjuk tanpa syarat yang tidak perlu Anda khawatirkan. 

Apa yang Membuat Mereka Unik? 

Setiap bisnis akan selalu memiliki keunikan dan cerita tersendiri, keunikan dalam hal ini bisa berarti keunggulan yang ditawarkan atau yang membuat reputasi kompetitor Anda lebih menonjol dibandingkan yang lain.

Dengan mengetahui keunikan para pesaing Anda bisa mulai menyesuaikan strategi terbaik untuk bisnis Anda sendiri. Temukan target pasar yang bisa dijangkau dengan keunikan Anda sehingga dalam waktu yang cepat perusahaan Anda bisa lebih terlihat dibanding kompetitor bisnis Anda.

Apa yang Pesaing Lakukan untuk Mendapat Keuntungan?

Mengidentifikasi pesaing memberi Anda pemahaman yang  lebih baik tentang pasar dan pesaing. Seberapa baik fitur yang disorot bekerja? Jika itu adalah kebanggaan dan kegembiraan mereka, taktik apa yang harus Anda gunakan untuk mengalahkan mereka? 

Berapa biayanya? Anda mungkin sudah mengetahui hal ini, karena mengukur harga pasar adalah bagian besar dari penetapan harga Anda sendiri, tetapi menegaskan kembali itu tidak pernah menyusahkan. 

Hanya karena mereka memotong biaya tidak berarti Anda harus  melakukan hal yang sama dengan tergesa-gesa. Anda mungkin meremehkan layanan Anda, yang akan merugikan bisnis Anda dalam jangka panjang. Itu selalu aman untuk melakukan penelitian Anda. 

Anda juga bisa mengecek peringkat kompetitor dalam mesin pencari yang akan mendatangkan pengunjung organik yang berpotensi menjadi pelanggan potensial.

Pasar Anda bisa sangat beragam dan beragam, sehingga Anda mungkin diminta untuk membuat beberapa pembaruan atau perubahan pada situs web Anda sendiri.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat

7 Langkah Cepat Analisis Kompetitor Bisnis

Setelah mengetahui untuk apa Anda melakukan analisis kompetitor bisnis Anda, kini Anda telah siap untuk menjelajahi langkah-langkah yang dapat membuat rencana penelitian analisis kompetitor bisnis Anda berada dalam koridor yang tepat.

Berikut ini adalah 7 langkah cepat yang dapat membuat bisnis Anda melesat dengan melakukan analisis kompetitor bisnis:

  1. Ciptakan 5 – 7 Kompetitor Bisnis Anda

Menciptakan pesaing atau kompetitor bisnis Anda maksudnya adalah mengidentifikasi pesaing yang terkait dengan analisis Anda. mulailah dengan mencari produk atau ide bisnis yang perusahaan Anda geluti di internet. 

Untuk hal itu Anda perlu menguraikan beberapa kombinasi yang dapat digunakan, seperti perusahaan yang menjual jenis produk serupa, memiliki lingkup bisnis serupa, punya target pasar yang hampir mirip atau saling bersinggungan.

Setelah Anda mendapatkan beberapa kriteria perusahaan yang memenuhi kriteria tersebut Anda bisa langsung mulai menyaringnya lagi dengan pasar yang bisa dijangkau dan pengalaman perusahaan itu dalam bisnisnya.

Identifikasilah pesaing bisnis Anda sebanyak 5-7 pesaing untuk mulai melakukan analisis kompetitor bisnis Anda, itu adalah angka yang cukup dalam lingkungan kompetitif karena tidak terlalu besar dan kecil

  1. Membuat Daftar Pesaing

Setelah Anda menggenapkan identifikasi pesaing Anda dan data-data perusahaan yang dapat disebut sebagai kompetitor bisnis itu terkumpul di tangan Anda, langkah selanjutnya adalah mengaturnya dengan membuat daftar pesaing.

Masukkanlah kompetitor bisnis Anda ke dalam sebuah tabel atau spreadsheet yang datanya dapat diakses oleh tim serta diperbarui dengan mudah.

Lengkapi tabel tersebut dengan kolom-kolom yang berisi berbagai kriteria yang dapat membandingkan atau membedakan para kompetitor bisnis Anda.

Misalnya untuk kriteria pembanding dalam analisis kompetitor bisnis Anda bisa dimulai dengan harga yang ditawarkan para pesaing, produk yang tersedia, keaktifan bermedia sosial, konten-konten yang digunakan untuk pemasaran serta fitur lain yang mungkin mereka miliki dan bisa dijadikan bahan pembanding.

langkah-tepat-analisis-kompetitor-bisnis
  1. Tentukan Tipe Pesaing

Mulai tabel dari daftar pesaing dan klasifikasikan setiap pesaing sebagai pesaing utama atau sekunder. Ini akan membantu Anda melakukan analisis kompetitor bisnis dengan lebih baik dengan menentukan bagaimana mereka berhubungan dengan bisnis Anda. 

Pesaing langsung perusahaan Anda atau pesaing utama adalah mereka yang menjual produk serupa kepada pangsa pasar yang serupa. Sebagai contoh Pepsi dan Coca-cola adalah dua merek yang mengakui satu sama lain sebagai kompetitor utama.

Ada juga pesaing tidak langsung yakni pesaing sekunder yang menawarkan versi produk mereka yang berkualitas tinggi atau lebih murah kepada berbagai khalayak. 

Tipe kompetitor bisnis terakhir adalah pesaing tersier, yakni merek-merek yang mungkin memiliki pangsa atau target pasar yang sama dengan perusahaan Anda, tetapi tidak menjual  atau bersaing secara langsung dengan produk yang sama. 

Saat Kompetitor tersier mulai mengembangkan bisnis mereka, mereka bisa saja berubah menjadi mitra atau partner yang potensial juga bisa menjadi kompetitor utama di masa depan. 

  1. Tentukan Posisi Kompetitor Bisnis Anda

Pemosisian pesaing adalah langkah selanjutnya dan yang paling menarik untuk dilakukan dalam kerja analisis kompetitor bisnis. Dengan menentukan posisi pada masing-masing kompetitor dengan tepat Anda bisa membuat strategi bisnis yang efektif.

Pemosisian yang tepat terutama pada bisnis Anda di antara para kompetitor akan membantu perusahaan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan juga mempertahankannya. Dampaknya adalah Anda bisa menetapkan nilai perusahaan, visi, serta strategi bisnis secara keseluruhan.

Untuk itulah pentingnya memahami posisi para kompetitor bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa membangun reputasi bisnis yang lebih menonjol yang ditujukan pada para pelanggan yang nantinya akan menciptakan kesadaran merek yang kuat. 

Dengan pemosisian yang yang tepar Anda juga bisa menempatkan bisnis Anda pada posisi yang berbeda sehingga akan lebih menonjol dalam pasar yang kompetitif. Pahamilah bagaimana kompetitor bisnis Anda berinteraksi dengan pelanggan, karyawan, atau bahkan mitra mereka.

  1. Uraikan Keunggulan Kompetitor Bisnis dan Penawaran yang Mereka Lakukan

Anda telah mengidentifikasi dan mulai mengurutkan posisi kompetitor bisnis, sekarang mulailah tinjau  keunggulan dan penawaran pesaing Anda. 

Sebagian besar perusahaan didirikan berdasarkan  kriteria khusus untuk mengembangkan keunggulan kompetitif atau competitive advantage. 

Misalnya jika Anda bergerak dalam industri sepatu dan memiliki kompetitor bisnis yang memiliki keunggulan produk yang berkualitas tinggi dengan harga terjangkau dan operasi pengiriman yang cepat.

Anda bisa mulai mengidentifikasi hal-hal seperti itu dan buat produk Anda bisa bersaing agar pelanggan bisa dengan mudah memutuskan bahwa produk Anda memiliki keunggulan yang lebih dibanding yang lain dan harga yang lebih terjangkau.

Anda juga bisa bersaing dengan layanan yang lebih ramah atau malah murah dan cepat untuk bisa menjadi unik di antara produk kompetitor Anda.

Nilai jual unik ini tidak mudah ditiru dan dapat meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. Luangkan jam untuk melihat produk dan layanan pesaing Anda dan membandingkannya dengan milik Anda. 

Baca ulasan online untuk mengetahui mengapa pelanggan memilih perusahaan. Mereka mungkin menawarkan produk serupa dengan harga lebih rendah, atau mereka mungkin berfokus pada keberlanjutan. 

Bagaimanapun, Anda  ingin mempelajari keunggulan kompetitif Anda dan menemukan cara untuk menawarkan sesuatu yang lebih baik kepada pelanggan Anda. 

  1. Mengetahui Strategi Pemasaran Pesaing

Penting untuk dicatat bahwa strategi pemasaran adalah kunci penting untuk meraih penjualan atau pendapatan yang sukses. Bagaimanapun pemasaran adalah rahasia dari setiap perusahaan yang sukses.

Sayangnya, sebagian besar perusahaan belum mampu melakukan evaluasi pemasaran terhadap pesaingnya. Mereka berasumsi bahwa semua orang ada di Instagram, menjalankan iklan Facebook, dan mengoptimalkan situs web untuk pencarian adalah strategi pemasaran terbaik. 

Memahami bagaimana pesaing menjual produk mereka membutuhkan perspektif yang berbeda. Mereka ingin tahu penawaran apa yang mereka promosikan, bagaimana mengatur dan mengelola daftar kontak mereka, dan bagaimana  mendistribusikan konten mereka secara online. 

Selain survei yang dilakukan menggunakan perangkat lunak dan alat, kami juga mendorong Anda untuk berpartisipasi langsung dalam survei kompetitif. Ambil peran utama dan cari tahu apa yang dilakukan pesaing Anda di departemen pemasaran. 

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan analisis kompetitor bisnis dengan terlibat langsung dalam survei kompetitor bisnis Anda. Misalnya dengan mengikuti media sosial, berlangganan email, sampai membeli produk kompetitor bisnis Anda.

Catat hasil dengan catatan untuk semua taktik saat melakukan aktivitas ini. Analisis strategi yang digunakan oleh pesaing untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan dengan mengeksplorasi pendekatan untuk keluar dari keranjang belanja dan melihat bagaimana mereka memberikan dukungan melalui media sosial (dan seterusnya) Anda dapat melihat pendekatan menarik yang sedang berlangsung. 

  1. Melakukan Analisis SWOT 

Langkah terakhir dan terpenting yang akan membuat analisis kompetitor bisnis yang Anda lakukan bekerja dengan baik dan mampu meningkatkan pendapatan sehingga membuat bisnis Anda melesat di antara para kompetitor adalah melakukan analisis SWOT.

Lakukanlah analisis SWOT dengan mempertimbangkan indikator SWOT yakni kekuatan pesaing (strength), kelemahan mereka (weakness), peluang yang dapat dijadikan celah (opportunities), serta ancaman (threats) yang mungkin saja dihadirkan oleh kompetitor Anda

Pertimbangkan untuk melakukan analisis SWOT untuk melengkapi data yang dikumpulkan. Ini adalah kerangka analisis kompetitor yang mencantumkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan. 

Ini memanfaatkan kekuatan pesaing Anda dan membandingkannya dengan perusahaan Anda untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan. 

Meskipun peluang dan ancaman tidak dapat dikelola. Anda dapat melakukan perkiraan-perkiraan atau mungkin perencanaan yang dapat mengantisipasi ancaman para kompetitor Anda pada hari mendatang.

Kesimpulan

Melakukan analisis kompetitor bisnis adalah langkah penting yang harus Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda berkembang dan bergerak lebih maju untuk menjangkau pelanggan yang akan meningkatkan pendapatan.

Anda bisa memulai dengan membuat urutan kompetitor bisnis Anda dan mulai meninjau aktivitas yang mereka lakukan untuk mengeruk keuntungan.

Dan untuk membuat reputasi bisnis Anda lebih menonjol dibandingkan dengan para kompetitor, Anda bisa memulainya dengan meningkatkan pelayanan pengiriman yang dapat menyenangkan pelanggan menggunakan aplikasi Delivery & Route Optimization dari SimpliDOTS.

Tingkatkan layanan pengantaran barang Anda dengan menciptakan rute terbaik yang dapat membuat kinerja driver Anda lebih optimal.

SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) akan meningkatkan layanan distribusi Anda dalam hal pengantaran barang ke tingkat yang lebih tinggi dengan membuatnya jadi lebih cepat dan hemat.

Langsung coba SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) menggunakan layanan demo yang tersedia dengan klik tautan ini.

Follow juga akun resmi instagram kami @simplidots untuk informasi dan tips bisnis setiap harinya.