Jenis-jenis diskon yang menguntungkan bisnis

Jenis-jenis Diskon: 7 Jenis Diskon yang Bikin Jualan Laris Manis

Setiap pelanggan tentu sangat menyukai kata diskon yang diletakan atau ditempelkan pada produk kesukaannya. Namun bagi sebuah bisnis memasang diskon dalam usahanya tentu mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Untuk itulah Anda harus mengetahui jenis-jenis diskon yang akan menguntungkan bagi bisnis untuk mulai merancang strategi yang tepat ketika akan menerapkan diskon untuk produk tertentu yang Anda jual.

Berikut ini jenis-jenis diskon yang biasa dilakukan oleh sebuah bisnis yang akan membuat barang dagangan jadi laris manis.

Jenis-jenis Diskon yang Bikin Jualan Laris Manis

Diskon adalah salah satu strategi promosi yang paling umum untuk meningkatkan penjualan. Konsep diskon mengacu pada kondisi harga tertentu yang lebih rendah dari harga jual aslinya.

Dalam dunia bisnis diskon adalah suatu konsep mengurangi harga pokok dari suatu produk, selisih antara harga jual produk dan yang harus konsumen bayarkan dalam transaksi. Diskon biasanya ditetapkan dalam persentase.

Meskipun diskon populer dan banyak disukai oleh pelanggan belum tentu itu merupakan strategi promosi penjualan yang efektif. Strategi menurunkan harga jika tidak dilakukan dengan cermat hanya akan memangkas keuntungan Anda atau bahkan merusak merek bisnis Anda.

  1. Diskon Member

Jenis diskon satu ini merupakan suatu model yang ditujukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. 

Sebuah brand biasanya akan mengeluarkan kartu atau kupon keanggotaan (member) dan dengan membayar harga tertentu pemilik kartu tersebut akan mendapatkan potongan harga untuk setiap transaksi mereka.

Program ini bisa juga diterapkan dengan cara lain seperti dengan membawa sejumlah struk pembelian seseorang bisa mendapatkan diskon untuk transaksi selanjutnya.

  1. Cashback

Memberikan cashback adalah salah satu jenis diskon, namun yang membedakannya adalah pelanggan mendapatkannya setelah melakukan transaksi dalam jumlah tertentu. 

Ini merupakan salah satu cara untuk membuat pelanggan tertarik membuat transaksi dalam jumlah besar.

Jenis jenis diskon yang menguntungkan bagi bisnis
  1. Diskon Buy One Get One (BOGO)

Penggunaan kata gratis merupakan strategi promosi yang paling banyak disukai konsumen. Cukup dengan menggunakan kata ajaib itu Anda dapat mendatangkan lebih banyak konsumen.

Kalimat “beli satu, gratis satu” lebih menggiurkan pelanggan dibanding diskon 50% meskipun kedua konsep tersebut memiliki nilai potongan yang sama.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Yang Efektif Untuk Memasarkan Produk Baru

  1. Diskon Bundle

Diskon bundle merupakan salah satu model dan jenis-jenis diskon yang dapat membuat penjualan laris. Ini merupakan strategi untuk membuat pelanggan mencoba produk yang baru.

Anda dapat mendorong pelanggan untuk mencoba produk yang kurang populer dengan diskon bundel karena pelanggan tidak akan merasa rugi untuk mencoba beberapa produk sekaligus.

  1. Diskon Transaksi Pertama

Banyak pedagang online yang menggunakan jenis diskon ini untuk menggaet pelanggan agar mau mencoba melakukan transaksi di toko mereka.

Ini adalah langkah yang tepat jika kamu baru memulai bisnis dan belum mendapatkan kepercayaan pelanggan. Dengan diskon pada transaksi pertama akan ada feedback dari pelanggan dan itu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan lain untuk bertransaksi di toko Anda.

Jenis jenis diskon ulang tahun
  1. Diskon Ulang Tahun 

Diskon ulang tahun merupakan strategi promosi untuk memberi kesan akrab dan personal pada pelanggan Anda dan akan meningkatkan hubungan baik bisnis dengan pelanggan. 

Jenis diskon ini biasanya diterapkan di tempat makan, klinik kecantikan dengan cara pelanggan menunjukan ktp sebagai bukti kuat bahwa mereka memang layak diberikan diskon ulang tahun.

  1. Diskon Ongkir 

Dengan banyaknya transaksi online yang meningkat pesat di era sekarang, jenis diskon ini merupakan diskon yang paling populer saat ini.

Tidak sedikit transaksi yang batal dilakukan dan biaya atau ongkos kirimlah yang menjadi penyebab utamanya.

Oleh karena itu diskon ongkir merupakan pilihan yang tepat untuk bisnis online Anda meningkatkan penjualan dan agar tidak rugi Anda bisa menetapkan nilai pesanan minimum untuk mendapatkan diskon ongkir tersebut.

Aplikasi Distribusi yang Membuat Strategi Diskon Lebih Tepat Sasaran

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis diskon yang bikin jualan laris manis. Terkadang menerapkan diskon pada usaha Anda tidak selalu efektif karena memotong harga jual bisa jadi menguntungkan atau merugikan tergantung strategi bisnis Anda.

Namun bagi Anda seorang pelaku bisnis dalam dunia distribusi atau grosir menggunakan Distribution Management System (DMS) akan membantu bisnis Anda mendapatkan keuntungan dari diskon dengan fitur Promo Scheme DMS yang membuat penyusunan promo jadi lebih mudah dan cepat. 

Dilengkapi fitur Business Intelligence strategi bisnis dapat Anda putuskan dengan tepat berdasarkan data akurat dan akan membuat bisnis membawa keuntungan yang lebih banyak.

Tetapkan strategi diskon atau promo yang paling tepat untuk bisnis Anda menggunakan Promo Scheme DMS. Coba demo gratis yang akan dibimbing para expertise kami sekarang!

Untuk informasi dan tips bisnis lain ikuti akun instagram kami di sini.