jenis-jenis event marketing

6 jenis event marketing yang berguna untuk bisnis

Pengertian Event Marketing

Ada banyak cara untuk mempromosikan produk pada audiens dengan keterlibatan secara langsung sehingga peluang audiens terlibat dalam transaksi semakin besar.

Salah satu strategi yang bisa digunakan tim marketing perusahaan untuk mempromosikan brand adalah dengang menyelenggarakan event marketing. Event marketing secara garis besar dapat ditujukan untuk promosi merek dagang baik itu produk maupun layanan dengan keterlibatan secara nyata dan langsung.

Seiring perkembangan teknologi yang berakibat pada meningkatnya aktivitas online, kegiatan untuk melaksanakan event marketing kini tidak terbatas pada kegiatan offline saja.

Suatu perusahaan kini dapat berpartisipasi dalam menyelenggarakan acara marketing dengan bertindak sebagai pembicara, sponsor, bahkan tuan rumah. 

Macam-macam Event Marketing yang Bisa Dicoba

Berkembangnya teknologi membawa dampak juga bagi pilihan yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menyelenggarakan sebuah event marketing. Beberapa event marketing yang dapat perusahaan Anda coba yakni:

  1. Webinar

Webinar langsung membantu memfasilitasi keterlibatan dengan prospek dan pelanggan. Webinar berkisar seputar demo produk, presentasi, dan diskusi, dan biasanya berdurasi 30-60 menit. 

Jika Anda menyelenggarakan webinar langsung, buatlah menjadi interaktif dengan mengizinkan peserta untuk mengajukan pertanyaan dan mengikuti jajak pendapat. 

Ini meningkatkan keterlibatan pelanggan dan membuat pemirsa merasa seperti mereka menerima nilai nyata karena meluangkan waktu untuk menonton webinar Anda. 

Jajak pendapat juga memberi Anda data berharga yang kemudian dapat Anda bagikan dengan tim pemasaran, produk, dan penjualan Anda.

Berkreasilah dengan format dan topik webinar Anda agar peserta tetap tertarik. Pikirkan lebih dari sekadar menyajikan dek slide dan mengoceh selama satu jam tanpa henti.

  1. Live Streaming

Streaming langsung memungkinkan orang yang tidak dapat hadir secara langsung untuk melihat presentasi dan berinteraksi dengan merek Anda melalui media sosial. Ini juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menawarkan tampilan ‘di balik layar’ acara Anda kepada pemirsa, menciptakan lebih banyak transparansi, dan memberikan wajah manusiawi kepada perusahaan Anda.

Anda dapat melakukan streaming langsung acara tatap muka yang Anda selenggarakan, atau ikuti, melalui saluran media sosial seperti Facebook Live, atau berinvestasi dalam kru produksi untuk siaran berkualitas lebih tinggi.

Untuk membuat pemirsa terlibat, ajukan pertanyaan kepada mereka dan minta mereka merespons melalui media sosial. 

Ini akan meningkatkan keterlibatan dan menciptakan rasa kebersamaan di antara pemirsa karena mereka dapat melihat tanggapan orang dan berinteraksi secara organik dengan mereka.

Terakhir, Anda dapat mengirimkan rekaman streaming langsung Anda ke daftar pelanggan email Anda, atau membuatnya tersedia di saluran sosial Anda. Ini memperluas masa pakai siaran langsung Anda, meningkatkan ROI acara Anda lebih banyak lagi.

  1. Acara Langsung

Tidak ada yang lebih baik daripada bertemu pelanggan dan prospek secara langsung. Acara tatap muka adalah cara ampuh untuk melampaui kehadiran digital, yang bagi sebagian orang mungkin tampak impersonal, dan terhubung dengan konsumen pada tingkat yang lebih intim.

Sebuah studi oleh Eventbrite menemukan bahwa 69% milenial percaya bahwa menghadiri acara langsung dan pengalaman membuat mereka lebih terhubung dengan orang lain, komunitas, dan dunia. 

Dengan menciptakan ruang bagi orang-orang untuk berinteraksi langsung dengan merek Anda dan pelanggan lain, Anda dapat membangun pengikut yang setia dan menciptakan lebih banyak kesadaran merek.

Ada beberapa format yang dapat dilakukan oleh acara langsung Anda, tetapi yang paling umum adalah pameran dagang, konferensi, pertemuan, atau acara apresiasi pelanggan.

  1. Pameran Produk

Pameran dagang menyatukan individu dan perusahaan dalam industri atau profesi tertentu dan sering digunakan untuk menghasilkan pemimpin dan membangun kesadaran merek.

Karena ada banyak bisnis yang hadir di pameran dagang, penting untuk memikirkan bagaimana membuat merek Anda menonjol. Jika Anda adalah sponsor dengan stan, penting untuk memikirkan tata letak dan lokasi stan Anda.

  1. Konferensi

Konferensi adalah acara khusus perusahaan, umumnya diadakan oleh perusahaan yang memiliki basis pelanggan yang cukup besar dan terlibat, untuk menyampaikan informasi tentang penawaran produk baru atau untuk tujuan pendidikan. Contoh paling umum adalah pertemuan pengguna.

Konferensi biasanya memiliki beberapa sesi dan pembicara diarahkan untuk kepentingan yang berbeda, peran dalam suatu organisasi, dan tingkat keterampilan.

Mensponsori konferensi akan meningkatkan pengenalan merek Anda di acara tersebut. Dengan logo Anda pada materi pemasaran dan kehadiran di lantai dengan stan Anda, peserta yang mencari solusi baru dapat dengan mudah menemukan Anda.

Penyelenggara acara telah menghabiskan waktu dan uang untuk pemasaran ke audiens target Anda dan membawa mereka semua ke satu tempat. Sebagai sponsor, manfaatkan fakta ini dengan mengarahkan seluruh kehadiran Anda ke audiens ini. 

Pastikan Anda memiliki pesan yang kohesif dan terarah di stan Anda, dalam materi pemasaran Anda, dan dalam presentasi apa pun yang mungkin Anda berikan.

  1. Acara Apresiasi

Menunjukkan penghargaan Anda kepada pelanggan terbaik Anda dengan mengadakan acara dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, retensi, rujukan, testimonial, dan bahkan penjualan. Sering kali perusahaan melakukan ini dengan mengadakan sarapan, makan siang, atau makan malam di sekitar konferensi yang akan dihadiri oleh banyak pelanggan mereka.

Mengapa Suatu Bisnis Perlu Menyelenggarakan Event Marketing

Merencanakan strategi pemasaran dengan menyelenggarakan event marketing dapat membantu menaikan identitas brand perusahaan Anda di antara kerumunan keramaian pasar dagang.

Terkadang beberapa rencana marketing yang telah disusun tidak memiliki kemampuan untuk menjangkau secara langsung para pelanggan Anda. Padahal interaksi langsung antara perusahaan dan pelanggan akan memuat keterikatan yang intens.

Dari situlah event marketing bisa masuk untuk menyentuh secara langsung keterlibatan pelanggan pada produk atau layanan perusahaan Anda. 

Dengan menyelaraskan event marketing bersama strategi pemasaran lain yang sudah Anda rencanakan dapat menciptakan hubungan yang lebih memiliki makna bagi konsumen dan hal itu akan membuat konsumen Anda bertahan.

Baca Juga: Cara Ampuh Meningkatkan Brand Awareness Bagi Bisnis

  1. Membangun Brand Awareness

Seperti telah umum diketahui bahwa tingkat kesadaran merek yang tinggi akan berdampak terhadap tingkat penjualan perusahaan.

Hal ini bisa menjadi acuan Anda untuk menyelenggarakan event marketing. Menciptakan atau membangun kesadaran merek adalah komponen pemasaran yang penting dan jangan sampai dilupakan.

Dengan persaingan yang cukup kompetitif di ruang keramaian, memiliki hubungan yang bermakna dengan pelanggan tentu akan menjadi nilai lebih. Event marketing akan membuat semacam tali penghubung dalam memori pelanggan Anda.

Membuat pengalaman tak terlupakan adalah cara yang paling efektif untuk menjaga keterikatan.

Cara lain perusahaan membangun brand awareness di acara adalah dengan menghubungkan reporter yang akan hadir. Jika dilakukan dengan benar, mereka dapat menjalin hubungan dengan jurnalis atau blogger berpengaruh di industri mereka, mendapatkan liputan pers tentang produk mereka, dan memposisikan diri sebagai pemimpin pemikiran.

  1. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Dari awal telah kita bahas bagaimana suatu keterlibatan dari pelanggan dalam konteks bahwa pelanggan tersebut berinteraksi secara langsung dengan sebuah merek dalam suatu acara akan membawa dampak positif pada hari-hari mendatang.

Menyelenggarakan acara yang dapat mengakibatkan interaksi langsung antara pelanggan baik yang potensial atau bukan akan menciptakan ikatan emosional yang autentik antara seorang pelanggan dan sebuah merek.

Dengan pengalaman yang autentik itulah nama brand Anda kan tersebar lewat cerita-cerita yang dibagikan dengan teman ataupun keluarga pelanggan di waktu lain. Dan tidak ada yang bisa membantah bahwa promosi yang dilakukan lewat mulut ke mulut merupakan cara paling efektif untuk menggaet pelanggan baru.

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan Rosetta Consulting, pelanggan yang terlibat dalam acara akan 90% membeli lebih sering, 60% menghabiskan lebih banyak, dan lima kali lebih mungkin untuk membeli dari merek yang sama di masa mendatang. 

Keterlibatan pelanggan dalam suatu interaksi langsung juga dapat menjadikan pelanggan tersebut menjadi konsumen yang loyal. Dalam konteks ini tentu pelanggan yang memiliki loyalitas untuk terus bertransaksi pada merek yang sama.

  1. Sarana Edukasi Produk

Dengan menyelenggarakan sebuah event marketing Anda dapat mengetahui keluhan pelanggan serta permasalahan-permasalahan yang mungkin dapat diatasi dengan produk atau layanan yang bisa ditawarkan.

Misalnya ketika Anda menjadi sponsor sebuah acara dan diberi tempat atau stan untuk menempatkan produk di sana. Pastikan tempatkan staf yang terlatih di stan untuk memberi demo produk dan bisa menjawab pertanyaan pelanggan dengan percaya diri.

Dengan pengetahuan dan solusi-solusi yang dapat produk atau layanan Anda atasi langsung pada pelanggan, sangat memungkinkan untuk mereka menjadi konsumen setia Anda karena merasa permasalahannya bisa diatasi dengan produk Anda.

Atau jika Anda diundang untuk menjadi pembicara sebuah event marketing pastikanlah apa yang Anda bicarakan menghibur dan tentu saja informatif. Pikirkanlah jalan keluar atau cara pandang baru untuk mengatasi permasalahan audiens.

Bahkan ketika perusahaan Anda menjadi panitia atau pihak yang menyelenggarakan acara, ada pilihan untuk menunjuk pembicara yang dapat memberikan pengetahuan tentang nilai lebih dari produk yang Anda tawarkan.

Memberikan pengetahuan produk di bawah bayang-bayang solusi pemecahan masalah pelanggan adalah strategi pemasaran yang baik (soft-sell). Apalagi ketika pelanggan dan merek Anda melakukan interaksi tatap muka langsung.

Sebuah event marketing jika dimanfaatkan dengan baik akan bisa menjadi tempat pemasaran yang baik karena Anda bisa memberitahu sekaligus mengedukasi pelanggan mengenai produk Anda serta solusi yang Anda tawarkan ketika pelanggan menggunakannya.

  1. Meningkatkan Potensi Pelanggan

Sering kali, upselling adalah perpanjangan alami dari mendidik pelanggan Anda. Gunakan demo atau webinar sebagai soft-sell untuk penawaran produk baru.

Jika staf acara Anda mendengarkan keluhan pelanggan dan kemudian memberikan demonstrasi tentang bagaimana fitur spesifik memenuhi kebutuhan mereka, kemungkinan mereka akan menghadirkan fitur baru yang mengharuskan pelanggan untuk meningkatkan atau membeli penawaran produk tambahan.

Dengan menunjukkan bahwa perusahaan Anda memahami kebutuhan pelanggan Anda dan meluangkan waktu untuk membahas bagaimana produk atau layanan Anda dapat memperbaiki masalah tertentu, baik secara langsung atau melalui webinar langsung, hal itu menciptakan lebih banyak kepercayaan. Upsell Anda akan tampak kurang menjual dan lebih bermanfaat.

hal event marketing yang perlu disiapkam

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Event Marketing

Untuk membuat sebuah acara sukses, terutama event marketing yang cakupannya besar, ada diperlukan sebuah pekerjaan yang tujuannya adalah mempersiapkan sebaik mungkin acara.

Beberapa langkah yang harus dikerjakan oleh perusahaan yang akan mengadakan event marketing bisa dimulai dengan membuat tujuan terukur mengenai capaian yang ingin diraih, dan berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  1. Tetapkan Capaian

Hal penting adalah menetapkan capaian untuk event marketing Anda dengan tim internal. Pastikanlah bahwa apa yang ingin dilakukan oleh tim pemasaran dan penjualan akan sejalan dengan capaian yang ditetapkan.

Untuk menetapkan capaian, Anda bisa memulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan untuk tim penjualan dan pemasaran untuk mengukur seberapa efektifnya acara yang diselenggarakan terhadap target capaian Anda.

  1. Buat Tujuan Terukur

Setelah Anda memutuskan akan menyelenggarakan event marketing seperti apa dan menentukan capaian yang ingin diraih, sekarang waktunya Anda membuat tujuan yang terukur.

Untuk mengukur seberapa sukses event marketing yang dilakukan penting dibuat tujuan yang dapat mengukur tingkat kesuksesan tersebut. 

  1. Buat Hadiah Fisik

Penting untuk dipersiapkan hal-hal esensial yang jarang diperkirakan akan membuat interaksi Anda dengan pelanggan semakin baik.

Dengan memberi bingkisan pada pelanggan baik itu sertifikat acara, tag nama peserta atau hal lain yang bisa dijadikan bukti fisik jika pelanggan tersebut telah ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara yang Anda gelar. 

Mempersiapkan hal terkait itu seperti desain dan detail-detail lain juga sama pentingnya dengan mempersiapkan kelangsungan acara. 

  1. Mempromosikan Acara

 Hal paling fundamental dalam menyelenggarakan suatu acara adalah memberitahukannya pada pelanggan.

Terlepas dari perusahaan Anda memiliki peran apa dalam acara tersebut, memberitahukannya pada khalayak umum adalah suatu keharusan. Dengan mempromosikan acara tersebut secara tidak langsung Anda telah mengatakan bahwa perusahaan Anda ikut terlibat dalam acara itu.

Hal ini mungkin tidak begitu berarti untuk sebagian orang, namun untuk beberapa pelanggan yang membutuhkan validitas dari perusahaan yang kompeten, promosi dari pihak terkait sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan mereka.

Penutup

Menyelenggarakan event marketing dapat meningkatkan brand awareness perusahaan Anda sekaligus menciptakan hubungan yang personal antara sebuah merek dengan pelanggannya.

Memiliki hubungan yang unik dan berharga akan sangat menguntungkan bagi sebuah perusahaan karena adanya efek domino yang dapat menyebabkan pangsa pasar bertambah.

Dengan pengalaman yang autentik itulah nama brand Anda kan tersebar lewat cerita-cerita yang dibagikan dengan teman ataupun keluarga pelanggan di waktu lain. Dan tidak ada yang bisa membantah bahwa promosi yang dilakukan lewat mulut ke mulut merupakan cara paling efektif untuk menggaet pelanggan baru

Selain itu, sebuah event marketing jika dimanfaatkan dengan baik akan bisa menjadi tempat pemasaran yang baik karena Anda bisa memberitahu sekaligus mengedukasi pelanggan mengenai produk Anda serta solusi yang Anda tawarkan ketika pelanggan menggunakannya.

Event marketing adalah sebuah acara yang bisa ditetapkan sebagai rencana strategi pemasaran Anda. Namun untuk meningkatkan sistem distribusi barang dan jasa bisnis Anda bisa dengan mempercayakannya pada SimpliDOTS. Pakai Software Distribution Management dari SimpliDOTS sekarang juga!

SimpliDOTS adalah aplikasi distribusi barang yang telah diakui dan dibuktikan ribuan mitra bisnis dan klien di seluruh Indonesia. Dilengkapi fitur Distribution Management System, SimpliDOTS Sales Force Automation, SimpliDOTS Retail, FMCG Solution, dan banyak lagi. 

Penasaran apakah SimpliDOTS cocok untuk mengelola distribusi barang dan jasa bisnis Anda? 

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan pengalaman langsung mencoba betapa canggihnya aplikasi Delivery & Route Optimization dengan layanan demo dari SimpliDOTS.

Kunjungi juga instagram kami untuk informasi terbaru setiap harinya.