banyak manfaat aplikasi delivery

5 Manfaat Aplikasi Delivery untuk Pengiriman Barang dalam Jumlah Besar (Last Mile Delivery)

Ada banyak manfaat aplikasi delivery yang bisa didapatkan baik oleh distributor maupun bisnis ritel atau grosir ketika memesan barang dalam jumlah besar. 

Salah satu manfaatnya untuk para distributor serta bisnis ritel dan grosir adalah adanya transparansi dalam berbagai hal termasuk harga dan pelacakan pesanan.

Untuk mengetahui lebih banyak manfaat aplikasi delivery bagi distributor dan bisnis grosir atau ritel dalam pengiriman barang yang berjumlah besar baca terus artikel ini.

Sekilas Tentang Aplikasi Delivery

Banyak dari Anda mengetahui aplikasi delivery hanya bisa memenuhi pengiriman barang yang jumlahnya sedikit dan dalam jarak yang dekat seperti ketika Anda memesan makanan di aplikasi atau barang di e-commerce.

Namun untuk urusan logistik yang membutuhkan barang dalam jumlah besar mereka tidak dapat mengandalkan itu untuk memenuhi kebutuhannya. Selain jumlah dan jarak ada banyak aspek juga yang harus dipenuhi.

Software logistik memiliki keunggulan untuk bisa mengelola banyaknya pesanan ke berbagai tujuan serta pelacakan posisi pesanan yang akan membuat kegiatan distribusi dan pemesanan barang dalam jumlah besar menjadi lebih efektif.

5 Manfaat Aplikasi Delivery untuk Pengiriman Barang dalam Jumlah Besar

Meningkatkan Transparansi dan Visibilitas Pesanan

Software logistik membantu bisnis mendapatkan visibilitas waktu nyata ke dalam operasi armada transportasi mereka. Ini mengingatkan bisnis jika mereka mengalihkan dari rute yang direncanakan atau jika kendaraan telah menganggur di luar batas yang direncanakan. 

Selain memberi eksekutif logistik kendali atas operasi last-mile, ini mengurangi pembusukan, pencurian, dan waktu henti kendaraan.

banyak-manfaat-aplikasi-delivery-untuk-last-mile-delivery

Merencanakan estimasi waktu sampainya pesanan dengan software logistik membantu mereka mengetahui apakah pengiriman akan mencapai pelanggan tepat waktu, tertunda, atau lebih awal. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan korektif, mengoptimalkan rute dan memberi informasi kepada grosir dan ritel, sehingga mereka bisa mengambil keputusan berdasarkan data

Manajemen Pesanan yang Ditingkatkan

Pengelolaan pesanan dalam mengirim barang dalam jumlah besar jelas berbeda dan rumit karena itu dibutuhkan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan.

Ini adalah aspek lain yang diinginkan para pengusaha grosir dan ritel ketika memesan sejumlah barang. Aplikasi delivery seperti Delivery & Route Optimization membuat para distributor mudah dalam mengelola banyak pesanan dalam satu hari.

Pesanan yang masuk dapat dikelola dengan baik dan mengatur pengantaran barang ke berbagai tujuan tidak akan menghabiskan waktu yang lama. Pengelolaan pesanan yang lebih baik dan pengantaran yang cepat dan akurat akan memberikan pelanggan pengalaman layanan yang baik.

Baca Juga: Manajemen Logistik : Pengertian, Jenis, dan Peran Penting Bagi Distribusi Barang

Mengurangi Jarak Tempuh dan Mempercepat Pengantaran

Seringkali waktu banyak terbuang hanya untuk membuat jadwal atau rute pengantaran apalagi ketika akan banyak pesanan ke tempat yang belum pernah dikunjungi.

Efektivitas dalam pembuatan jadwal dan pengoptimalan rute paling efektif dapat dilakukan dengan mudah dan cepat jika menggunakan software logistik.

Rute yang optimal juga tidak hanya mampu mengurangi jarak tempuh kendaraan dan mempercepat penghantaran namun bisa menghemat biaya bahan bakar transportasi.

Peningkatan Produktivitas 

Selain kendala dari tidak efektifnya pengelolaan barang dara inventory management hingga proses pemuatan barang ke dalam kendaraan dan pembuatan rute, terkadang masalah timbul dari driver Anda sendiri.

Untuk alasan itulah aplikasi Delivery & Route Optimization dari SimpliDOTS menyediakan fitur Live Tracking yang dapat memantau posisi armada beserta tujuannya dalam tampilan yang mudah dipahami.

Dengan adanya fitur tersebut tidak akan ada lagi rute-rute yang tidak direncanakan, kegagalan pengiriman, pemberhentian tidak perlu, atau pemalasan kendaraan yang akan mengakibatkan lambatnya pengiriman bahkan sampai gagal. 

Dengan teratasinya semua masalah yang terkait dengan pengantaran dan efektifnya setiap proses akan memberi perusahaan Anda waktu lebih untuk berfokus pada hal lain yang akan memajukan bisnis Anda.

Menambah dan Memaksimalkan Keuntungan Perusahaan

Ini adalah hal yang selalu ingin didengar oleh setiap pelaku bisnis. Menambah dan memaksimalkan keuntungan bisa didapat bahkan ketika bisnis Anda tidak melakukan penjualan.

aplikasi-truk-dan-manfaat-aplikasi-delivery

Dengan efektifnya berbagai proses dan terautomasinya setiap pesanan dan pengantaran bisnis Anda tidak membutuhkan terlalu banyak orang untuk mengelolanya. Cukup percayakan pada tenaga kerja terbaik Anda dan operasi bisnis Anda akan tetap berjalan dan berkembang.

Sudah Siap Mencoba Kemudahan Mengirim Barang dengan Aplikasi Delivery & Route Optimization

Selain berbagai manfaat di atas yang telah dijelaskan, Delivery & Route Optimization memiliki fitur Calculate Packing yang dapat menghitung volume atau kapasitas kendaraan yang Anda miliki dan jumlah armada yang tersedia untuk mengantar pesanan.

Mulai kelola pengantaran barang Anda menggunakan Delivery & Route Optimization agar setiap proses kerja menjadi efektif dan rute optimal yang akan mempercepat pengiriman dan hemat biaya bahan bakar.

Mulai dengan uji coba gratis dari kami di sini, Anda tidak perlu bingung karena SimpliDOTS memiliki para ahli dalam dunia distribusi yang akan membimbing Anda.

Untuk terus terhubung dengan kami ikuti akun instagram SimpliDOTS.